Tombol Enter ku Sudah Kembali di Blogger Baru

Lho, tombol enter nya memang kemarin kemana?

Adalah beberapa pekan yang lalu saya sempat menerbitkan artikel terkait tombol enter, spasi, dan paragraf baru di blogger baru. Perkara tombol enter ini sempat menjadi masalah bagi saya dan adik saya. Tidak lupa saya menjadikannya sebagai artikel di blog ini.

Baca Juga

Malam tadi, saya sedang ada ilham untuk menulis artikel baru. Seperti biasa, sekarang saya lebih suka menulis artikel lewat HP saja. Tidak perlu ribet buka laptop. Bahkan bisa dikerjakan sambil rebahan.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, saya melihat bahwa paragraf pertama yang saya tulis di blogger agak sedikit menjorok ke dalam. Kira-kira seukuran satu karakter saja. Tidak kentara, namun saya merasakannya. Oleh karenanya, kali ini saya menekan tombol delete sebanyak dua kali agar awal kalimat tak harus menjorok. Kemudian saya mulai menulis pragraf pertama.

Selesai menulis satu paragraf, saya menekan tombol Enter untuk membuat paragraf baru. Saya pun menemukan bahwa jarak spasi yang muncul cukup rapat seperti blogger lama. Saya lalu menekan tombol enter sekali lagi untuk memberi jarak bagi paragraf baru.

Saya pun mulai berpikir dan merasa euporia. Apakah Blogger melakukan perubahan pada menu tampilan menulis blogger. Apakah keluhan saya selama ini, dan mungkin blogger lainnya, telah didengar dan ditanggapi.

Setelah menyelesaikan satu artikel malam tadi, saya mencoba menulis artikel baru sebagai percobaan. Apakah perihal enter sebelumnya hanya kebetulan atau ada sesuatu yang terlupakan? 

Akhirnya, saya pun sampai pada sebuah kesimpulan.

Rupanya, blogger menyediakan pilihan untuk menggunakan format paragraf dengan spasi yang jauh atau tanpa spasi. Dalam bahasa html, tersedia kode <p> dan juga kode <div> biasa.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah pernah menulis tentang penggunaan kedua kode tersebut. Dimana kode <p> memberikan spasi yang lebih lebar antar paragraf ketika tombol enter ditekan. Perbedaan kode ini pun awalnya ditemukan oleh adik saya.

Saya pribadi, meski pun tahu penggunaan kode tersebut, enggan sekali untuk mengedit tampilan html. Saya lebih suka menulis di blogger di tampilan menulis. Simpel dan tidak ribet. Informasi tersebut cukup sebagai pengetahuan saja.

Cara Mudah Mengatur Spasi di Blogger

Kali ini, saya menemukan bahwa, untuk mengatur spasi paragraf di blogger, saya tak perlu mengedit kode html nya. Cukup dengan menekan tombol delete dua kali sebelum menulis di blogger, saya telah mengembalikan format penulisan seperti pada blogger lama. Kode <p> akan terhapus dengan cara ini.

Sebaliknya, jika saya menyukai tampilan spasi dan enter pada blogger baru saya tidak perlu melakukan apapun. Cukup menulis seperti biasa. Kemudian menekan enter satu kali untuk membuat paragraf baru.

Setelah kejadian ini, saya sadar bahwa saya telah berburuk sangka kepada blogger. Saya bahkan menulis artikel tentang kesusahan yang saya alami. 

Nyatanya, hal tersebut terjadi hanya karena ketidaktahuan saya. Menunya sudah disediakan oleh blogger. Bahkan dengan adanya format baru ini, saya justru bisa mengatur posisi iklan menjadi lebih mudah. Tidak melulu harus setelah paragraf pertama.

Memang denikianlah yang sering terjadi ketika kita menghadapi sebuah perubahan. Banyak stigma negatif yang bermunculan. Kenyataannya setelah ditelaah, ada banyak manfaat lain yang kita peroleh. Bukan hanya di dunia blogger, namun juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan ditemukannya pengaturan enter kali ini, masalah saya dengan blogger baru telah teratasi. Masalah yang sebelumnya timbul karena ketidaktahuan saya. Kini teratasi setelah bisa saya mengerti. 

Wahai blogger, maafkan aku yang telah berburuk sangka padamu.

0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar