Kode ENTER Blogger Baru dan Iklan Adsense

Perubahan adalah hukum alam. Maka sudah semestinya kita menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan tersebut adalah tampilan baru blogger.

Setelah menggunakannya hampir satu bulan saya mulai menyesuaikan diri dengan tampilan tersebut. Terutama menu menulis artikel baru yang hampir digunakan setiap hari.


Berdasarkan pengamatan saya, setidaknya ada 4 cara seorang blogger dalam membuat postingan artikel baru.

1. Langsung menulis di tampilan menulis blogger

Ini adalah cara yang paling mudah menurut saya. Buka, tulis, publish. Saya pun menggunakan cara ini ketika blogging menggunakan HP. Apalagi dengan adanya tampilan baru. Memasukkan foto pun lebih mudah.

2. Langsung menulis di tampilan HTML blogger

Ada juga yang lebih suka menulis dalam mode HTML. Bahkan memasukkan foto dengan kode HTML. Menurut blogger ini, kode HTML lebih mudah digunakan sesuai selera. Menurut saya pribadi, saya malah puyeng jika semua harus dalam kode HTML.

3. Menulis di aplikasi lain kemudian copas ke tampilan menulis blogger

Adik saya yang suka menulis not angka lagu biasanya menulis di microsoft word terlebih dulu. Ia bisa memilih jenis dan ukuran font sesuka hari. Kemudia memberi warna angka-angka tersebut. Ketika di menu blogger, dia cukup copas tulisan yang sudah dia edit sedemikian rupa.

4. Menulis di aplikasi lain kemudian copas ke tampilan HTML blogger

Saat blogging menggunakan laptop, saya suka menulis di Microsoft Onenote. Ketika memindahkannya ke blogger, saya copas ke mode HTML agar font dan kode lainnya hilang. Saat di buka di compose tampilannya sesuai default template. Saya cukup menambahkan gambar dan publish.

Kode ENTER Blogger Baru dan Lama

Setelah adanya blogger baru, ada sedikit penyesuian yang harus saya lakukan terhadap kebiasaan saya menulis artikel. Saat ini yang menjadi fokus saya adalah tombol ENTER.

Pada blogger lama, saat akan membuat paragraf baru, saya biasa menekan tombol Enter dua kali. Karena jika hanya ditekan sekali, spasinya terlalu dekat dan menurut saya tidak enak dilihat.

Pada blogger baru, karena sepertinya ada perubahan penggunaan kode, saya hanya cukup menekan Enter satu kali saja. Paragraf baru otomatis akan memberi spasi yang sesuai. Saat menulis langsung di compose blogger, ini sangat memudahkan. Tapi agak sedikit merepotkan saat saya copas dari Onenote karena terbiasa dengan dua kali Enter. Tapi masih bisa disesuaikan.

Posisi Iklan Adsense Berubah

Meskipun saya jarang secara sengaja membuka blog sendiri, tapi mau tidak mau saya melakukannya saat sedang membalas komentar. Saat itu lah saya merasa ada yang janggal dengan posisi iklan di tengah artikel yang saya pasang.

Untuk pemasangan iklan di tengah artikel, saya memang menggunakan kode yang saya temukan dari blog lain. Ketika cocok dengan blog ini, maka saya pakai. Saya pribadi tidak mengerti maksud dari kode-kode HTML tersebut. Yang penting tujuannya tercapai dan iklan muncul.

Sudah lama saya tidak mengedit posisi iklan di blog. Apalagi sekarang dengan adanya Autoads, saya biarkan saja sisanya sebagai otomatis.

Hanya saja tampilan iklan yang semestinya muncul setelah paragraf pertama kini muncul di bagian awal atau atas artikel. Hal ini terjadi di semua artikel baru yang saya publish.

Setelah saya amati dan pikirkan, saya pun menemukan jawabannya. Ini semua berhubungan dengan kode ENTER.

Sepertinya, kode iklan yang saya pasang, akan muncul setelah saya memberi spasi sebanyak dua kali enter. Selama menggunakan blogger lama, memang hal itu yang selama ini saya lakukan.

Tapi semenjak menggunakan blogger baru, saya hanya menekan satu kali enter saat membuat artikel baru. Akibatnya, artikel yang tampil diaanggap satu kesatuan dan iklan tidak bisa muncul di tengahnya. Iklan pun akhirnya muncul di atas artikel.

Untung saja hal ini hanya terjadi pada artikel baru yang dipublish dengan menu blogger baru. Artikel lama tidak ada yang terpengaruh.

Cara Mengatur Posisi Iklan

Setelah tahu penyebabnya, saya pun bisa memikirkan cara untuk menyelesaikan. Jawabannya tentu saja kembali ke tombol Enter.

Saya hanya perlu memberi spasi sebanyak dua kali enter untuk posisi iklan yang saya inginkan. Saya sekarang bahkan bisa memilih untuk memunculkan iklan setelah paragraf ke berapa. Saya juga tidak perlu mengedit tema di HTML untuk membenarkannya.

Kejadian ini, walaupun awalnya terkesan menyusahkan sebenarnya memberikan hikmah tersendiri bagi saya. Setidaknya sebuah artikel baru tercipta karena kejadian ini.

Happy blogging.

0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar