Cara Menampilkan Kop Surat Hanya Pada Halaman Pertama Microsoft Word

Kali ini saya menerima job mengetik soal. Tidak banyak, hanya dua halaman setelah diketik. Tapi di dalamnya ada campuran tulisan Arab juga, karena saya mengetik sola mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti yang biasa disingkan dengan PAI BP.

Sebagaimana halnya surat, pada halaman pertama juga ditampilkan kop surat berupa identitas sekolah. Kop surat biasanya ditambahkan dalam bentuk header. Hanya saja header biasanya akan muncul di setiap halaman. Pertanyaannya, bagaimana supaya kop surat hanya tampil di halaman pertama dan tidak pada halaman lainnya.

Cara Menambahkan Kop Surat Hanya Pada Halaman Depan

1. Buka dokumen yang ingin diberikan kop surat menggunakan aplikasi Microsoft Word
2. Pada halaman pertama, letakkan kursor pada bagian paling atas kemudian klik dua kali sampai muncul menu Header & Footer.
(Atau, pilih Insert, lalu pilih header)
3. Berikan ceklis pada pilihan Different First Page
4. Mulai menulis kop surat atau copas dari kop yang sudah ada
5. Tutup header setelah selesai
Cara Menampilkan Kop Surat Hanya Pada Halaman Pertama

Dengan cara ini kop surat hanya akan tampil di halaman depan. Sedangkan pada halaman lain tidak akan muncul.
Sebagai catatan penting, jangan sampai langkah nomor 3 dan 4 tertukar. Jika tertukar, efeknya adalah kop surat tidak muncul di halaman depan tapi muncul di halaman lainnya. 

Itulah langkah yang saya lakukan untuk memberikan kop surat berupa header. Biasanya saya memberikan header ketika sudah selesai mengetik semua bahan yang ingin diketik. Dalam hal ini setelah saya selesai mengetik semua soal. Alasannya supaya bisa lebih fokus dan tidak stag malah mengotak-atik header.

Penggunaan kop surat biasanya dilakukan pada dokumen resmi, baik berupa surat, pengumuman, atau pun soal ujian seperti yang sedang saya kerjakan.

Demikianlah cara menambahkan kop surat hanya pada halaman pertama di microsoft word. Semoga bermanfaat
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments