Cara Mengatur Spasi di Blogger Baru

Terkait spasi dan enter, saya sudah menulis di artikel sebelumnya. Meskipun sempat menjadi masalah, tapi tidak berkepanjangan dan saya bisa mengatasinya dengan mudah.

Hanya saja, saya bukan satu-satunya orang yang bermasalah dengan spasi di blogger baru. Kejadian yang sama bisa membawa masalah yang berbeda pada orang yang berbeda.


Adik saya biasa menulis artikel berupa bait lagu yang memerlukan baris baru setiap kalimatnya. Meski begitu, baris baru bukan berarti paragraf baru. Oleh karenanya dia sangat terganggu dengan spasi lebar yang muncul di setingan blogger baru setiap tombol Enter ditekan.

Selama ini dia terbiasa menulis di MS Word sebelum di copas ke tampilan menulis blogger. Namun hasil yang dia dapatkan adalah spasi lebar yang tidak sesuai dengan keinginannya. Kemampuan saya yang terbatas membuat saya tidak bisa berbuat apa-apa.

Tuntutan harus menggunakan blogger baru mulai bulan September membuatnya harus berpikir dan mencari jalan keluar. Dia mencoba membandingkan tampilan HTML artikel lama dan artikel baru. Ternyata dia berhasil menemukan jawabannya.

Kode Enter di Tampilan HTML Blogger Lama

Pada tampilan HTML blogger lama, setiap baris baru diawali dengan kode <div> dan ditutup dengan kode </div>. Spasi yang ditimbulkan setelah tombol Enter ditekan adalah sama dengan baris biasa. Hanya tulisan yang turun ke bawah. Untuk membuat spasi yang lebih lebar antar paragraf, saya biasanya menekan tombol Enter dua kali.

Kode Enter di Tampilan HTML Blogger Baru

Pada tampilan HTML blogger baru, setiap baris diawali kode <p> dan ditutup dengan kode </p>. Spasi yang ditimbulkan menjadi lebar dan menggambarkan paragraf baru. Akan memudahkan bagi yang ingin membuat paragraf baru, tapi merepotkan bagi yang ingin sekedar membuat baris baru tanpa jarak spasi.

Cara Mengatur Spasi di Blogger Baru

Setelah mengetahui kedua pengaturan tersebut, adik saya hanya perlu melakukan penyesuaikan pada kode tampilan HTML ketika ia ingin menghapus spasi antar baris baru. Kode <p> diganti dengan kode <div>, dan kode </p> diganti dengan kode </div>. Memang agak merepotkan, tapi setidaknya hasil sesuai yang dia inginkan.

Bagi yang terbiasa mengedit kode HTML, sebenarnya ini adalah hal sangat sangat sepele sekali. Tapi bagi kami yang tidak mengerti maksud dari kode tersebut tentu perlu perjuangan untuk mengatasinya. Saat ini,meski masih kurang paham maksud dari berbagai kode tersebut, ketika bisa menggunakannya sesuai kebutuhan, bagi saya sudah cukup

2 comments

  1. Sudah dicoba pakai Shift+Enter? di Microsoft word juga pakai itu kalau pakai line space / line height normal. Yang format bener memang kayak blogger baru. Saat komentar ini saya juga belum nyoba sih di blogger dengan Shift+Enter. Jadi ngetik biasa saja, tapi pas ganti baris lirik lagu pakai Shift+Enter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shift+enter tidak bisa digunakan saat mengetik ewat HP. Tidak berlaku juga untuk artikel copas. Tapi saya juga belum menyobanya langsung di laptop.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon