Cara Cek Status Registrasi Kartu Telkomsel

Bulan Maret adalah bulan dimana sebagian kartu mulai mengalami pemblokiran. Ada yang mulai tidak bisa mengirim SMS, ada pula yang tidak bisa melakukan panggilan telepon. Salah seorang teman saya sudah tidak bisa mengirimkan SMS karena lupa melakukan registrasi sampai akhir Februari kemarin.

Berbagai provider pun mulai genjar mengingatkan untuk para penggunanya untuk melakukan registrasi ulang. SMS dari Kominfo pun mulai muncul lagi.

Di antara berbagai SMS tersebut, ada satu SMS dari Telkomsel yang membuat saya kaget.

Bunyi SMS nya sebagai berikut:

"Plgn YTH, Anda blm regsitrasi. Sblm SMS Banking Anda terblok, Registrasi nmr anda Ketik ULANGNIK#No.KK# Kirim ke 4444 & dptkn 10GB. SKB http://bit/ly/RegsTsel"


Masalahnya, saya sudah melakukan registrasi sejak bulan Oktober tahun lalu. Tapi kenapa saya mendapat SMS seperti ini yang mengatakan bahwa saya belum registrasi. 

Saya pun mencoba melakukan registrasi ulang seperti format yang disampaikan di SMS. 

Awalnya SMS balasan yang saya terima berupa ucapan terima kasih bahwa data sudah diterima. Tapi kemudian SMS balasan yang saya peroleh tambah bikin puyeng.

"Maaf, data identitas yang Anda masukkan tidak valid. Lakukan registrasi menggunakan indentitas Anda yang benar di *444*NIK*NOKK# dari handphone Anda."

Saya pun mencoba registrasi lagi dengan format tersebut, hasilnya sama saja. SMS balasan yang saya peroleh sama dengan di atas.

Padahal saya yakin sekali bahwa registrasi bulan Oktober yang pernah saya lakukan sudah berhasil. SMS balasannya bahkan masih saya simpan. Tapi SMS baru yang menyatakan saya belum registrasi cukup membuat cemas.

Saat saya menceritakan hal ini kepada salah seorang teman saya, ia menyatakan bahwa sekarang sudah bisa melakukan cek status registrasi kartu SIM.

Cara Cek Status Registrasi Kartu SIM Telomsel

Untuk mengecek status registrasi Telkomsel silakan ketik

*444# kemudian OK/panggil

Pilih 2 untuk cek status registrasi, klik OK


Silakan masukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan Anda, klik OK

Bagi yang tidak hapal dengan NIK, bisa melihat di KTP. Meskipun terdiri dari 16 digit, sebenarnya mudah saja menghapalnya jika paham maksud angka yang tertera di NIK


Selanjutnya, silakan tunggu SMS balasan.

SMS balasan yang masuk kali ini membuat saya cukup lega.

"Anda memiliki 1 nomor yang telah registrasi ulang: 85282739xxx 2017-10-25"


Dengan adanya SMS ini saya yakin bahwa nomor HP saya sudah diregistrasi. Mungkin Telkomsel sembarang saja mengirimkan SMS tersebut kepada semua pelanggannya.

Cara cek status registrasi di atas juga bisa digunakan untuk mengetahui jika ada orang lain yang menggunakan NIK kita secara tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa terjadi jika gambar KK tersebar di internet


Hari ini, saya masih memperoleh SMS serupa dari Telkomsel. Tapi dengan mencek status registrasi kartu, saya sudah tidak cemas lagi. Bagaimana dengan Anda. Adakah kartu Anda yang terblokir?
Baca Juga

Post a Comment

18 Comments

  1. itu bener regitrasi telkomsel dapet 10 giga? soalnya saya pakai XL dan enggak ada pemberitahuan apa-apa lagi sampai sekarang.

    cuma beberapa hari ini ada sms kalau Xl dalam 7 hari kedepan akan ada gangguan. karena ada penataan jaringan.

    dan itu memang saya alami, internet jadi suka putus nyambung gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada promo buat yang registrasi. Tidak cuma telkomsel, Tri juga mengimingi kuota 10 GB. Tapi saya sudah registrasi, jadi ngga dapat.

      Teman saya juga ceriga ada gangguan XL. Semoga jaringannya cepat bagus aja. :)

      Delete
  2. Soal Regestrasi saya baru daftarkan no Hape akhir bulan Februari 2018, tapi promo koutanya lupa saya ambil, masih bisa diambil ngk yach mbak ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang banget kuotanya. Coba telpon call center :)

      Delete
  3. Saya udah registrasi ulang provider dan registrasinya berhasil..tapi masih ada sms pemberitahuan kalo provider saya masih dalam tahap blokir -_-

    ReplyDelete
  4. Alhamdulilaj sudah dipraktekan kak seperti contoh diatas. makasih sharenya yaaaa

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sudah refestrasi, sesuai dengan satu KTP tiga nomor hape ya udah tiga-tiganya aku refestrasi sampai hari ini aman-aman saja tak ada sms pemberitahuan apa-apa
    tapi kalau sms bagi-bagi hadiah msh seperti biasa hehe
    biarin ajalah males banget ngeladeninnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, promonya banyak banget. Tapi ngga ada yang nyantol.

      Delete
  6. kalau begitu daftar sahaja secara manual form..

    ngak usah secara online

    ReplyDelete
  7. kalau gak registrasi bakal off ya mba?

    ReplyDelete
  8. saya sudah daftar berkali-kali tapi gagal melulu karena alasan nomor kartu keluarga salah
    diulangi keesokan hari tetap sama saja kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang beneran salah ketik. Kadang yg salah cuma satu digit aja. Mungkin juga ada kartu keluarga yg lwbih baru. Lebih baik lagi langsung bawa ke gerai dengan fotokopi kk.

      Delete
  9. kalo aku sih udah registrasi dari awal kemaren, tapi gak dapet bonus, harusnya registrsi ulang nya di ahir aja ya pas ada promo biar dpt bonus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sayangnya kita tidak tahu akan diberi bonus di akhir. Tapi bonusnya cuma bisa dipake untuk 3 hari, bahkan cuma 1 hari.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar