Cara Praktis Bayar Belanja Pakai QRIS Jago Syariah

Ada sebuah barang yang ingin saya beli di mini market. Padaawal bulan biasanya mini market langganan saya didatangi pengunjung. Benar saja, ada banyak mobil dan sepeda motor di parkiran. Tapi hal tersebut tidak menghalangi saya untuk belanja.

Karena apa yang ingin saya beli sudah jelas, saya pun langsung menuju rak barang tersebut. Memilih barang yang saya inginkan, kemudia pergi ke kasir. Saya cuma beli satu barang.

Ada dua buah kasir di mini market tersebut. Tapi saya lihat hanya ada pada satu kasir yang dipenuhi antrian pembeli yang ingin bayar. Sedangkan di kasir satunya, tampak kosong, padahal ada petugas kasir berdiri di sana.

Karena malas antri, saya pun menghampiri kasir yang kosong antrian tersebut. 

"Bisa bayar disini?" tanya saya.

"Menerima pembayaran dengan kartu debit." jawab kasir.

"Bisa pakai QRIS?" tanya saya lagi.

"Bisa." jawab kasir.

Saya pribadi tidak terbiasa bayar bakai kartu debit. Kurang suka aja menyerahkan kartu ke kasir untuk digesek. Meski tetap pernah saya lakukan saat belanjaan banyak dan uang tidak cukup. Berbeda dengan pembayaran lewat QRIS, saya merasa lebih aman karena diri kita sendiri yang melakukan pembayaran langsung lewat HP. Tentu saja, syaratnya harus memiliki koneksi internet.

Nah, berhubung saya tidak mau ikut antrian bayar tunai, saya pun memutuskan untuk bayar pakai QRIS. Saat ini hampir semua aplikasi mobile banking ataupun ewallet sudah mendukung pembayaran lewat QRIS. Kali ini saya mencoba melakukan pembayaran menggunakan QRIS Bank Jago Syariah.

Cara Bayar Belanja Dengan QRIS Bank Jago Syariah


Buka aplikasi Bank Jago Syariah, kemudian login
Pilih QRIS Pembayaran QR

Scan kode  QRIS yang diperlihatkan oleh petugas kasir
Lihat nominal belanjaan yang muncul
Jika sudah tepat, masukkan PIN akun

Apabila uang sudah berhasil diterima di kasir, biasanya struk belanjaan akan berhasil keluar.

Jika belanja pada pedagang yang menggunakan QRIS statis, biasanya pembeli memasukkan sendiri nominal belanjaannya. Biasanya ini berlaku untuk di pedagang kecil.

Kelebihan bayar pakai QRIS yaitu bisa digunakan untuk semua jenis bank dan ewallet. Saya lihat petugas kasir menggunakan mesin ECD Mandiri, sedangkan saya bayarnya pakai Jago Syariah. Tapi hal ini bisa dijembatani dengan adanya QRIS.

Pengalaman pertama bayar menggunakan QRIS bank Jago Syariah cukup memuaskan dan tidak ada kendala. Meskipun saya belum bisa sepenuhnya beralih dari pembayaran tunai. Tapi saya bisa menyeimbangkan  pemakaian keduanya sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments