Internet Unlimited dari By.U Tidak Ada FUP

 Adik saya dapat tugas mengikuti zoom meeting selama satu bulan. Mau tidak mau ia harus menyediakan banyak kuota internet. Di rumah kami memang tidak dipasang WiFi. Maka suami saya pun mengusulkan agar ia menggunakan paket internet unlimited dari By.U. Sudah satu tahun kami juga menggunakan paket ini.


By.U merupakan operator baru yang menggunakan sinyal dari Telkomsel. Salah satu keunggulannya adalah menyediakan paket internet unlimited yang benar-benar unlimited. Tidak ada batas pemakaian wajar atau FUP sama sekali.

ByU

Hanya saja kartu SIM By.U memang tidak terjual bebas di counter pulsa atau ponsel biasa. Belinya harus online lewat penyalurnya.

Tahun kemarin suami beli langsung pada salah seorang penjual di Banjarmasin. Namun karena suami sudah tidak kerja di Banjarmasin lagi, jadi kali ini beli online lewat Shopee. Karena penjual tersebut juga menjualnya lewat Shopee.

Jika lewat aplikasi Shopee ada toko resmi dari By.U, hanya saja lokasinya di Jakarta. Belum lagi tambah ongkos kirim dan waktu pengiriman. Maka saya pilih beli dari penjual di Banjarmasin saja. Pesan Sabtu, Minggu sudah datang.

Ada beberapa paket internet yang ditawarkan oleh By.U. Saya pilih paket unlimited 2 Mbps, 30 hari. Biasanya, Harga paketnya saja cuma 150.000. Tapi karena sekalin kartu perdana harganya jadi 165.000, sedangkan jika email dari penjual harganya 171.500. Meski begitu, benar-benar gratis ongkir karena jaraknya dekat. Jadi tetap lebih murah bagi saya jika dibandingkan dengan beli dari Seller dari Jakarta, karena pasti ada ongkir dan waktunya lama.

Adik saya pun sengaja bikin email baru untuk akun By U, karena email dan password-nya harus diberikan kepada penjual untuk proses registrasi. Entah jika beli lewat seller lain.

Minggu pagi, paket kartu By.U sampai. Seller pun memberikan panduan aktivasi kartu By.U lewat chat di aplikasi Shopee.

Cara Aktivasi Kartu By.U

Step 1. Masukkan SIM Card by.U ke Hp kamu

Step 2. Pastikan terhubung ke jaringan internet by.U (Ada kuota 500 MB khusus untuk aktivasi)

Step 3. Buka aplikasi by.U dan klik Udah Ada Akun (Download aplikasi di Play Store atau App Store)

Step 4. Login dengan akun Google mu.

Step 5. Klik Aktifkan SIM

Step 6. Masukkan Nomor NIK/KTP dan Nomor KK kamu (Jika gagal, bisa menunggu maksimal 24 jam)

Step 7. Apabila sudah masuk ke menu, Kartu by.U siap digunakan

Step 8. Ubah nama profil diaplikasi by.U, klik menu dipojok kiri atas>akun saya

Catatan: Login via browser chrome atau DuckDuckGo (rekomended). JANGAN Login dengan browser bawaan hp seperti Oppo Browser, Vivo Browser, Xiaomi Browser, dan UC Browser, karena kadang tidak bisa berfungsi untuk login.

Hal dan Kendala yang perlu diperhatikan:

Kalau ada kendala jaringan lemot, koneksi jadi EDGE, sampai tidak bisa konek ke jaringan byu. Coba langkah berikut:

1. Ikuti langkah 1-5 cuma pakai jaringan lain, wifi, hotspot dsb.

2. Setelah Klik Aktifkan SIM, matikan wifi dsb, lalu aktifkan jaringan seluler byu. Lalu klik Lanjutkan, nanti aplikasi byu akan melakukan scan jaringan diaplikasi, nanti kalau sudah maka akan muncul menu daftar.

3. Setelah itu ISI KTP KK seperti biasa.

4. Kalau setelah di klik lanjutkan/Yakin Dong aplikasi tiba-tiba blank putih, jangan panik, cukup tutup/close aplikasi lalu buka lagi, biasanya kartu sudah berhasil di registrasi dan masuk ke menu aplikasi byu.

5. Pastikan KTP KK tidak digunakan lebih dari 3 kali karena bisa menyebabkan gagal registrasi

6. Kouta Registrasi jangan dipakai untukyang lain, karena kalau HABIS, TAKUTNYATIDAK BISA DIPAKAI LAGI UNTUK REGISTRASI KARTUNYA.

7. Setelah registrasi, tunggu beberapa menit, nanti kouta akan muncul di aplikasi dan sms.

Kalau muncul pemberitahuan "Terjadi kesalahan", maka coba registrasi di jam lain seperti subuh, malam, pagi, sore. Lalu coba juga bagi yang dual sim, pasang Kartu byu aja, lepas sim satunya dulu.

Di bagian akhir, jika sudah mengikuti langkah di atas dan masih ada masalah, maka silakan hubungi seller lewat chat WA.

Alhamdulillah, setelah mengikuti langkah aktivasi di atas, akhirnya kartu By.U berhasil diaktifkan. Kuota unlimited selama 30 hari pun sudah bisa digunakan.

Pengalaman Pakai Paket Unlimited dari By.U

Sebelumnya by.U menawarkan paket unlimited 1,5 Mbps perbulan, dan kini beralih ke paket unlimited 2 Mbps perbulan. Selama ini benar-benar puas dengan paket ini. Pastinya suami cuma perlu beli paket satu kali sebulan.

Berhubung paketnya unlimited, maka paket by.U ini sekalian dibikin hotspot buat HP yang lain. Makanya saya sendiri lebih sering nebeng WiFi ke suami dari pada pakai paket internet milik saya sendiri. Itulah mengapa paket internet yang saya pakai lambat habisnya.

Meski cuma 2 Mbps, kuota ini cukup untuk nonton YouTube sampai ukuran 720 tanpa buffering. Bisa juga dipakai buat live streaming dari Hp di Facebook.

Yang paling utama, tidak ada FUP atau batas pemakaian wajar sama sekali. Bisa pakai sepuasnya kapan saja di mana saja. Meskipun dalam satu bulan sampai habis 200 GB atau lebih tidak ada masalah.

Selain itu by.U menggunakan jaringan Telkomsel yang sudah tersedia hingga ke berbagai pelosok. Jadi ngga balakan takut ngga ada sinyal.

Dimana beli kartu perdana by.U?

Bagi yang ingin beli kartu perdana by.U bisa lewat Shopee. Dibawah ini saya kasih linknya

Untuk wilayah Jakarta sekitarnya dari official store di Shopee.

https://shopee.co.id/byuindonesia?smtt=0.0.9

Untuk Banjarmasin dan sekitarnya, bisa lewat seller ini.

https://shopee.co.id/devhamid?smtt=0.0.9

Kekurangan beli lewat Shopee, tidak bisa minta nomor cantik. Tapi akun sudah bikinkan oleh seller, kita cuma perlu aktivasi saja. Jika ingin pilih nomor cantik, bisa beli langsung dari situs by.U, tapi proses pembuatan akun, aktivasi dan lainnya harus dilakukan sendiri.

Kenapa kartunya tidak langsung diaktivasi oleh penjual, karena pada proses aktivasi harus memasukkan NIK dan KK sesuai peraturan pemerintah. Maka aktivasi harus dilakukan sendiri oleh pembeli. Selain itu, nomor by.U itu aktif selamanya, ngga ada masa tenggang atau pun masa aktif. Yang penting kartu selalu terpasang di HP.

Demikianlah review paket unlimited dari by.U. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

6 Comments

  1. Wah harus pakai KK sama KTP ya, kalau sudah dipakai registrasi untuk operator tri apakah bisa untuk registrasi By. U mbak?

    Harga unlimited nya lumayan juga 150 ribu per bulan, tapi beneran unlimited ya, bisa buat hotspot satu rumah.😁

    Satu rumah ada enam orang, tinggal patungan 25k.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mas, kan satu NIK bisa untuk beberapa kartu SIM.

      Kami di rumah juga make buat hotspot. Tapi di rumah orangnya cuka bertiga. Jumlah HP nya yang banyak, 😂😂

      Delete
    2. Masalahnya nik itu sudah aku pakai untuk dua kartu tri dan satu Indosat mbak.😅

      Semoga saja bisa, lumayan soalnya unlimited ya.

      Delete
  2. Jadi lebih irit yaa kalau pakai by U ini. Apalagi ini kembali sekolah daring lagi. Dengan dua anak remaja perlu banget paket unlimited yang oke gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang ngga pasang WiFi di rumah, paket ini memang sangat irit. Bisa pakai buat belajar online sepuasnya.

      Delete
  3. Saya udah pake by U sekitar satu tahun dengan berlangganan paket unlimited yang 150 ribu per bulan. Karena dipakai fasilitas untuk kerja, jadi kartunya saya pasang ke modem bolt, soalnya kalo hotspot dari hp cepet habis batre hehe.
    Dulu saya pesan dari website by U langsung, terus kartu perdananya ngambil di Indomaret. Kesulitan yang saya alami dulu adalah ngedaftarin NIK dan KK, karena punya saya sudah pernah didaftarin di jaringan Telkomsel sebelumnya.
    Kecepatan internet lumayan bagus, walaupun kadang terganggu oleh perubahan cuaca, seperti hujan angin misalnya ngedadak gak ada sinyal.
    Terus yang paling enak paket unlimited yang saya beli udah termasuk berlangganan Disney Hotstar, jadi bisa sambil nonton film dan drakor.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar