Pilih Cuci Motor Sendiri Atau ke Tempat Cuci Motor?

Pilih Cuci Motor Sendiri Atau ke Tempat Cuci Motor
Kadang nih, pas mau nulis, kemarin mood banget waktu ide tersebut muncul. Tapi pas keesokan harinya, sepertinya antusiasmenya sudah berkurang banyak, sampai ngga tahu mau nulis apa.

Misalnya nih, saya mau ngomongin soal cuci sepeda motor. Idenya pertama muncul karena kemarin saya habis cuci sepeda motor di pencucian. Lebih tepatnya bukan saya yang nyuci, tapi paman yang punya tempat pencucian sepeda motor tersebut.

Sepeda motor yang kotor itu memang ngga enak untuk dilihat. Sayangnya saya ngga rajin untuk mencuci sepeda motor sendiri. Selain malas, rasanya kurang bersih aja. Saya lebih suka membayar orang lain untuk membasuh sepeda motor saya, dengan kata lain pergi ke pencucian sepeda motor.

Saya juga bukan orang yang rajin pergi bawa motor keluar rumah hanya untuk cuci sepeda motor. Biasanya sih sekalian pas pulang kerja singgah ke tempat cuci motor. Supaya ngga telat pulang ke rumah karena mesti singgah di pencucian, biasanya saya mengambil hari dimana saya pulang kerja lebih cepat. Jadinya ngga merasa diburu-buru waktu karena harus pulang ke rumah.

Antara sekolah dan rumah, ada banyak tempat pencucian sepeda motor yang saya lewati. Tapi dari dulu sampai sekarang saya selalu mendatangi pencucian motor yang sama. Bukan karena tempat ini bagus banget, tapi lebih kepada saya malas mencoba tempat baru. Sudah pewe jadi terusin aja.

Sambil menunggu sepeda motor dicuci, biasanya saya main HP, entah main game atau baca novel. Dibawa santai aja sambil memperhatikan motor saya yang dimandiin pake sabun.

Kadang saya mikir, kenapa orang yang membersihin sepeda motor tersebut ngga ikut kebasahan. Jujur aja, kadang kalo nyuci motor sendiri, pakaian saya ikut basah. Motornya tidak terlalu bersih, sayanya basah iya. Itu juga salah satu alasan saya malas cuci motor sendiri dan kembali ke tempat cuci motor.

Tempat cuci motor yang saya datangi ini tidak besar, milik individu yang ada depan rumahnya. Jadi bukan tempat cuci motor yang banyak orangnya. Makanya kalo harus antri di sini, jadinya lama. Saya lebih suka datang pas sepi, jadi motor saya langsung bisa dieksekusi. Ini aja nunggunya bisa setengah sampai satu jam. Namanya juga dibayar ya, jadi nyucinya ngga kaya saya yang motornya cuma disiram air doang.

Di tempat langganan saya ini bayarnya dua belas ribu rupiah. Masih murah sih bagi saya dibandingkan cuci motor sendiri. Selain itu cuci sepeda motor kan ngga tiap hari. Hanya saat motor kotor dan memang sudah saatnya mandi.

Nah, kemarin entah kenapa saya jadi iseng mencari informasi di internet tentang biaya pencucian motor. Harganya bervariasi dari 10.000-20.000. Cara pencuciannya pun macam-macam, ada yang manual sampai pakai salju. Ah, saya belum pernah nyoba cuci motor salju ini. Ngga terlalu penasaran juga sih.

Ada juga yang nulis kriteria buat milih tempat cuci motor yang baik. Saya juga ngga pernah mikir sampai sini. Bagi saya yang pentingnya tempatnya enak dan dekat. Tapi setiap orang berhak punya kriteria masing-masing sih.

Nah, ternyata ada juga tempat cuci motor yang bayarnya Cuma 5000 doang, dari dulu hingga sekarang. Lokasinya di Bandung, entah sebelah mananya. Pasti rame sih karena murah. 

Ngomongin cuci sepeda motor, rupanya banyak juga yang menulis artikel terkait hal ini. Artinya usaha cuci motor memang ada peminatnya. Karena saya hanya satu diantara sekian banyak orang yang memilih untuk membawa motor ke tempat pencucian dibandingkan cuci motor sendiri. Apalagi kalo kotornya parah.

Nah, diantara teman-teman pilih cuci motor sendiri atau pergi ke tempat cuci motor? Bagaimana dengan mobil? Tulis di kolom komentar ya.
Baca Juga

Post a Comment

14 Comments

  1. Saya lebih prefer nyuci sendiri, sih, Mbak :D Sama Bapak nggak dibolehin nyuci motor ke orang lain karena katanya selama masih bisa dicuci sendiri kenapa mesti minta bantuan orang lain, hahahaha. Tapi kepo juga sama yang namanya cuci salju. Dari namanya unik banget, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mah cuma sabun atau sampo yang dikocok makanya bisa kayak salju mbak Ristra.😃

      Delete
    2. Bapaknya mba Ristra bener juga sih, kalo bisa cuci sendiri, kenapa minta bantuan orang lain. Kalo saya sih, merasa orang lain nyucinya lebih bersih dari saya, hehe.

      Mas Agus, berarti sabun atau sampo nya banyak banget dong ya, jadi kaya salju.

      Delete
    3. Enggak banyak kok, cukup satu sachet sampo saja, udah bikin kayak salju.

      Delete
  2. Sama seperti Ristra, kalo aku sih lebih kepada pengiritan, lumayan uang 10 ribu untuk beli jajan anak.

    Soal baju kebasahan kalo nyuci motor bisa diakali dengan pakai baju hazmat.😁

    Maksudnya pakai jas hujan atau plastik, tapi sebenarnya tidak apa-apa sih kebasahan dikit, namanya main air ya pasti basah.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya mikirnya, ngga apa-apa bayar 10.000, sudah dibantuin ini, anggaplah berbagi rezeki, 😁

      Sayangnya saya ngga serajin itu untuk pake baju khusus atau jas hujan buat cuci motor, hehe 😀

      Delete
  3. Saya sekarang malah jarang banget nyuci semenjak WFH. Kalau prefer sich, mending cuci sendiri ya lebih bersih, hemat dan aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WFH motornya ikut dirumah aja ya, jadi ngga perlu dicuci.

      Delete
  4. Saya lebih suka mencuci motor sendiri,mbak. Sebab kalo dibawa ke tempat cucian motor. Motor saya jadi mati, ga jalan lagi krn kebanyakkan air nampaknya hhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara nyucinya khusus dong ya, dengan air secukupnya saja. 😄

      Delete
  5. saya sih nunggu mood untuk nyuci mbak, kalau sudah semangat cuci sendiri saja.. saya dikasih tukang cucinya 10ribuannya, bisa buat beli boba...
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo moodnya selalu bagus, jadi rajin dong nyucinya ya,,,

      Delete
  6. Saya lebih mending nyuci sendiri sih, #mentalanakkos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak kos memang harus hemat. Kecuali nanti bisa nyari uang sendiri.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar