Cara Mengganti Kartu ATM BNI yang Kadaluarsa

Setiap kartu ATM memiliki masa berlaku yang ditandai dengan tulisan valid thru pada kartu ATM. Jika masa berlakunya telah habis, maka kartu ATM tersebut sudah kadaluarsa dan tidak bisa digunakan lagi. Demikian juga untuk kartu ATM BNI yang masa berlakunya biasanya selama 5 tahun.

Tidak banyak orang yang mengalami kartu ATM BNI yang kadaluarsa, karena sebelum kadaluarsa, kebanyakan malah mengalami kartu ATM hilang atau tertelan mesin ATM. Jika hal ini yang terjadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memblokir kartu ATM yang hilang kemudian pergi ke bank untuk mengganti kartu ATM yang hilang.


Adapun untuk kartu ATM yang kadaluarsa, prosedur penggantiannya kurang lebih sama saja dengan kartu ATM BNI yang hilang. Untuk memperoleh kartu ATM baru, nasabah harus pergi sendiri ke bank BNI untuk mengurusnya.

Cara Mengganti Kartu ATM BNI yang Kadaluarsa

Adapun persiapan yang harus dibawa untuk mengganti kartu ATM BNI yang kadaluarsa yaitu:

- Kartu identitas (KTP)
- Buku tabungan
- ATM BNI yang kadaluarsa

Ketika tiba di bank, silakan mengambil antrian untuk menemui customer service (CS). Ketika tiba di CS silakan utarakan keinginan untuk mengganti kartu ATM BNI yang sudah tidak berlaku karena kadaluarsa. CS akan meminta nasabah untuk menunjukkan buku tabungan, KTP, dan ATM. Selain itu CS juga akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mencocokkan data.

Saat ingin mengganti ATM, nasabah akan diberikan penawaran jenis ATM yang diinginkan. Ada tiga jenis ATM yaitu silver, gold dan platinum. Perbedaannya terletak pada maksimal jumlah transaksi yang bisa dilakukan. Maka biaya administrasinya pun juga berbeda.

Selain itu nasabah juga ditawarkan jenis ATM instan atau pake nama. Untuk ATM instan, dapat selesai hari itu juga. Sedangkan untuk ATM yang menggunakan nama akan selesai paling cepat seminggu.

Berdasarkan pengalaman terakhir, biaya untuk mengganti ATM adalah sebesar Rp 10.000,- buat ATM jenis silver tanpa nama atau instan.

Demikianlah cara mengganti kartu ATM BNI yang kadaluarsa. Semoga bermanfaat.

32 comments

  1. Atm saya udah lama nggak ke pake skitar hampir stengah tahun, tpi msih aktif. Stelah itu sya setor tunai sbesar Rp 50 ribu dan gue cek saldo tersisa Rp 0 . Brarti potongannya udah bnyak yah . Nah, cara cek potongan nya gimana yah?? Supaya pas saya lgi mw setor tunai sy bisa tau potongan dana yg harus di bayar berapa, tanpa harus ke cabang bank nya dan ATM . Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahui riwayat potongan, berarti harus melihat riwayat transaksi debit dan kredit. Kalo ngga mau ke bank, biasanya saya pake mobile banking atau internet banking.

      Delete
  2. ATM saya kadaluarsa, apakah saldo nya hilang??? Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldonya tidak hilang. Silakan datang ke bank untuk memperoleh ATM baru.

      Delete
    2. Atm kadalwarsa dan buku tabungan hilang.
      Bagaimana cara mengurusnya
      Dan syaratnya apa saja.
      Mohon bantuannya.

      Delete
  3. gan kartu atm saya bni syariah kenapa gak bisa di perpanjang di bni yang engak syariah yah, soalnya klw mau ke bni syariah yang saya buat harus 7 jam perjalanan, di kota tempat saya kerja gak ad bni syariah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin ATM BNI memang bisa digunakan bersama. Tapi untuk BNI Syariah, mengurus buku tabungan atau ganti kartu ATM memang harus ke bank BNI Syariah. Saat ini sudah tidak bisa lagi di bank BNI biasa.

      Delete
  4. buku tabungan nya ilang ga tau kemana, masih bisa diperpanjang ga ya?

    ReplyDelete
  5. Ngurusnya di semua kantor cabang BNI atau hanya di cabang dimana kita pertama kali membuka rekening?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atm saya kadalwarsa tapi kenapa tidak bisa di urus di semua cabang.(karawang)
      Mala disuru ngurus di awal pertama buka tabungan di jember.
      Jauh banget

      Delete
    2. Rekening BNI juga kah. Punya saya BNI syariah, bukanya di Jakarta, pernah ganti ATM di Padang, Sumbar, dan Martapura, Kalsel, tidak ada masalah.

      Delete
  6. Kalau PAS diluar Kota ATM ternyata kadarluasa Dan ngga bawa buku tabungan APA bisa diperpanjang?

    ReplyDelete
  7. Pengen bertanya kartu atm bni kakak saya khan sudah habis masa berlakunya.trus ingin di perpanjang kembali tetapi kakak saya tdk bisa mengurus sendiri ke bank di karena sakit yang parah..boleh kah di wakilkan olrh saya dan apa aja syarat2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya harus ada surat kuasa. Coba datang ke bank atau telpon cs untuk memastikan.

      Delete
  8. Kk boleh nanya gk? klo misalkan kartu atm saya pembuatannya dari kota manado.. terus udah kadaluarsa dan saya berada di Yogyakarta.. apa bisa ganti kartu atmnya di Bank BNI jogja? saya pke E-Banking dan kartu saya masih ada beserta ktp saya.

    ReplyDelete
  9. Kalo saldony kira kira hilang gk itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldonya tidak hilang, karena nomor rekeningnya tetap sama.

      Delete
  10. sayangnya, pengalaman saya 1 setengah bulan masih belum beres juga kartu ATM yang pake namanya. untungnya fasilitas SMS banking dan mobile banking masih bisa digunakan walau hanya transfer antar BNI juga. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih memilih ATM instan. Meski tanpa nama, tapi langsung bisa dipakai hari itu juga.

      Delete
  11. Krtu atm sya udh expayer ya..
    Ktp sya blum" jdi dri capil...
    Dengan prsyryltn lain bsa gk..
    Sprti krtu NPW or pkai KK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo KTP belum jadi, biasanya ada surat keterangan dari Capil. Mungkin bisa pake itu.

      Delete
  12. gan klo memperpajang ATM bukan atas nama persarathanya apa aja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bukan atas nama, apa ya?
      Kalo ATM pake nama atau ngga pake nama, syaratnya sama aja seperti di atas.

      Delete
  13. atm saya masa berlakunya sudah habis, terus saya mau memperpanjang, apa bisa hanya ada atm, dan ktp aja, sebab buku tabunganny hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya harus dengan buku tabungan. Jika buku tabungan hilang, bawa surat keterangan hilang dari kepolisian.

      Delete
  14. kalo atm expired.. tapi kalo buat transfer transfer gtu via atm masih bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kartu atm expired, tidak bisa digunakan di mesin atm untuk transfer. Tapi rekeningnya masih bisa dipakai dengan aplikasi lain seperti mobile banking.

      Delete
  15. Mau nanya dong ,kan saya punya kartu atm bni. Tapi atm saya itu dah lama saya kosongin ,trus tadi saya baru aja saya transfer ke atm bni ku yg it . Nah pas saya mau narik ternyata ga bisa, itu gimna y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan saldonya terpotong biaya administrasi beberapa bulan terakhir. Untuk memastikan, silakan cetak buku tabungan.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon