Cara Mengatasi Artikel Terkait Tidak Muncul Pada Template Blog Way2Themes dan Gooyaabi

Salah satu widget yang saya sukai pada blog adalah Artikel Terkait atau Related post yang berada di bawah postingan. Kadang juga muncul dengan sebutan Anda Juga Mungkin Menyukai atau You May Like These Posts dan lainnya. Dulu blogger harus menambahkan manual widget ini di blog sampai harus Edit HTML. Sekarang sudah banyak penyedia template yang menyertakan widget ini langsung dalam template. Jadi blogger tidak perlu ribet lagi.

Hanya saja, beberapa hari yang lalu saya mengalami masalah di mana widget artikel terkait tidak muncul di blog saya. Padahal jelas-jelas muncul pada blog demo. Template yang saya gunakan dari situs penyedia template Way2Themes dan Gooyaabi.

Setelah browsing ke sana kemari, akhirnya saya nemu juga solusinya. Permasalahannya bukan pada template. Tidak perlu juga melakukan edit HTML, tapi ada pengaturan blog saya.

Cara Mengatasi Artikel Terkai Tidak Muncul pada Template Blog


Buka beranda Blog
Pilih Pengaturan
Gulir terus hingga ke bawah sampai pada Feed Situs
Lakukan perbaikan seperti gambar di bawah ini. Dimana pada Izinkan feed blog isi dengan Penuh atau Sampai Batas Postingan. 

Hasilnya artikel terkait yang mungkin juga kamu sukai sudah muncul.

Berhubung saya bukan pembuat template dan hanya pengguna, jadi saya sebenarnya tidak terlalu mengerti korelasinya. Setiap pembuat template memiliki kode uniknya masing-masing. Pada template sebelumnya dari Arlina, meski saya melakukan pengaturan seperti gambar pertama, artikel terkait tetap muncul. Namun saat menggunakan template dari Way2Themes maka pengaturan di bloggernya beda lagi.

Biasanya setiap penyedia template juga menyediakan panduan dalam menggunakan template. Entah waktu itu saya yang kurang teliti bacanya, terlewat, atau memang tak ada, saya harus kemana-mana mencari solusinya.

Menurut saya template blog dari Way2Themes ini sebenarnya termasuk mudah dalam pengaturannya. Blogger tak perlu melakukan edit HTML sedikit pun. Semua bisa dilakukan dalam pengaturan tata letak. Hanya saja memang harus diikuti dengan seksama. Dan kadang masalah bisa muncul dari tempat yang berbeda.

Demikianlah cara mengatasi artikel terkait yang tidak muncul pada template blog dari Way2Themes dan Gooyaabi, mungkin ada rekan blogger yang mengalami hal serupa. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

5 Comments

  1. meskipun theme aku bukan way2theme dan gooyabi, tapi entah kenapa related post aku juga belakangan ini ga muncul loh mba nis. Aku bingung juga, padahal dulu muncul, tertampilnya yang ada foto dan separuh paragraf awalnya di bawahnya postingan kan, e sekarang uda ga muncul lagi huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, beda template beda pengaturannya. Berhubung pengetahuan terbatas, biasanya mesti baca artikel kemana-mana buat nyari solusinya.

      Delete
  2. Menambah wawasan nih, patut buat dicoba

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar