Pengalaman Buka Rekening Jago Lewat Gojek

Akhirnya saya membuka rekening Jago setelah sebelumnya cukup membaca review di sana-sini. Kenapa harus membuka rekening baru? Apakah rekening lain masih belum cukup?

Alasan utama saya membuka rekening Jago adalah ingin memanfaatkan kartu debit Visa yang ditawarkan agar bisa belanja online. Sebelumnya saya sudah punya kartu debit Jenius, tapi karena mengalami sedikit kendala, maka saya pun pindah ke Jago

Gagal Login Jenius

Sudah lebih setahun saya memiliki akun Jenius. Beberapa bulan lalu tidak bisa login karena aplikasi belum diupdate. Karena HP jadul jadi saya malas update, toh Jenius cuma dipakai setahun sekali untuk memperpanjang domain blog di Google Domain. Meski pembayaran di Google Domain harus pakai kartu debit dan lebih ribet, saya masih bertahan di sini karena blog ini masih hosting di blogger, jadi lebih mudah saja pengaturannya.

Saat beli HP baru, saya instal aplikasi Jenius. Ternyata satu akun Jenius tidak bisa login lebih dari satu perangkat. Mau tidak mau saya update saja yang di HP lama, itupun harus uninstal aplikasi lain yang memenuhi memori.

Sayangnya, HP lama saya sudah terlalu lola. Tetap tak bisa login sama sekali. Sebenarnya sih akun Jenius saya sudah tidak ada saldonya. Apalagi sejak adanya biaya bulanan sebesar 10.000. Saya bahkan pernah mencoba menutup akun Jenius. Tapi sepertinya gagal verifikasi data karena saya salah menyebutkan jumlah saldo terakhir serta jumlah dan kapan transaksi terakhir. Saya bahkan sudah tidak bisa login, bagaimana bisa menyebutkan itu semua.

So, saya pun benar-benar menyerah dengan akun Jenius saya ini. Karena saya masih perlu memperpanjang domain setiap tahunnya, saya pun tergoda dengan Jago.

Buka Rekening Jago di Aplikasi Gojek


Semenjak beli tiket bioskop lewat Gotix, jadi jadi lebih scrooling halaman Gojek. Di situlah saya melihat promo pembukaan akun Jago lewat Gojek. 
Dari informasi yang saya baca, selain menyediakan kartu debit Visa, Jago juga memberikan jatah transfer gratis dan isi saldo e-wallet bebas biaya admin setiap bulannya. Meski jatuh tempo untuk memperpanjang domain masih beberapa bulan lagi, tak ada salahnya saya perpanjang lebih awal. Maka saya putuskan untuk membuka akun Jago lewat Gojek.

Caranya sangat mudah sekali cukup isi data berupa nama email dan nomor HP. Saya pakai yang sudah terkoneksi dengan akun Gojek. Seperti biasa diminta juga nama ibu kandung. Untuk datanya, foto KTP dan foto selfie dengan KTP.

Verifikasi dilakukan dengan video call. Saat video call cuma diminta menyebutkan nama. Kemudian memperlihatkan KTP lalu selesai.

Akun Jago berhasil dibuat meski saya belum instal aplikasi sama sekali.

Bunga 0%

Saya membuat akun Jago tentu untuk digunakan. Maka saya pun mendownload dan menginstal aplikasi Jago. Di halaman awal setelah login, saya dihadapkan dengan dua pilihan. Dengan Bunga atau Bunga 0%. Agar terhindar dari riba, saya pilih bunga 0%.

Kartu Debit Visa

Selanjutnya saya langsung menggunakan menu kartu dan membuat kartu. Ada pilihan kartu digital Jago dan katu Fisik Jago. Saya langsung memilih kartu digital supaya langsung bisa digunakan. Kartu digital tersebut saya hubungkan dengan kantong utama, karena saya memang belum membuat kantong yang lain.

Isi Saldo Jago Lewat Flip

Untuk mengisi saldo Jago tentu saya harus melakukan metode transfer dari bank lain. Awalnya saya sempat bingung mencari nomor rekeningnya. Ternyata di Jago nomor rekening disebut dengan nomor Kantong. 

Untuk melihat nomor kantong saya harus mengklik tambah uang terlebih dahulu. Nanti akan muncul nomor rekening tujuan untuk mengisi saldo. Selain itu juga bisa melihat nomor kantong utama dengan membuka profil.

Supaya bebas biaya admin, saya transfer pakai Flip dari rekening BSI. Jumlahnya saya paskan saja dengan kebutuhan untuk biaya perpanjangan domain selama 2 tahun. Biar tahun depan bisa santai. Seperti biasa, saldo pun masuk kurang dari sepuluh menit.

Memperpanjang Domain di Google Domain

Untuk memperpanjang domain di Google Domain memang harus pakai kartu kredit atau debit dari Visa atau Mastercard. Saya pun memasukkan nomor kartu debit Jago yang baru saya bikin. Untuk melihat CVV memang harus pakai password karena terlindungi.

Setelah data dimasukkan, saya langsung pilih pembayaran. Sayangnya pembayaran gagal. Alasan yang muncul karena bank tidak mengizinkan atau saldo tidak mencukupi.

Ketika saya amati lagi, ternyata saldo yang kurang. Harga domain memang tidak berubah setiap tahunnya. Tapi saya lupa dengan adanya PPN 10 %. Alhasil saldo Jago saya tidak cukup. Saya pun harus menambahkan saldo lagi lewat Flip.

Karena malas nunggu lama, saya transfer ke Jago lewat Flip dengan menggunakan saldo Flip. Kebetulah cukup untuk transfer 10.000 saja. Kurang dari semenit, saldonya masuk ke Jago.

Sekali lagi saya mencoba melakukan perpanjangan domain. Kali ini berhasil tanpa masalah.

Gagal Verifikasi Email

Sekarang tugas utama akun Jago saya sudah terpenuhi. Meski saya belum punya rencana apa-apa terhadap akun ini, tapi saya cukup tergiur dengan jatah topup ewallet yang bebas admin. Meski selama ini saya bisa pakai Flip, tapi pakai Flip ada sedikit waktu tunggu dan prosesnya sedikit lebih panjang. Mungkin jika saya isi saldo Jago, bisa langsung lebih mudah isi saldo ewallet. Setidaknya itulah pikiran yang sempat muncul dalam pikiran saya.

Sebelumnya saya lihat akun Jago saya belum melakukan verifikasi email. Saya pun mencoba melakukan verifikasi email. Kode OTP dikirim ke email dan diminta memasukkan ke aplikasi Jago. Tetapi meskipun kode OTP yang saya masukkan sudah benar, malah dibaca salah. Hal ini terjadi beberapa kali. Bahkan saya sempat empat kali minta kode OTP, tapi selalu dibaca salah.

Saat saat baca review Jago di Playstore, ternyata saya bukan satu-satunya orang yang mengalami hal serupa.

Gagalnya verifikasi email membuat saya berpikir dua kali untuk menyimpan saldo lebih di Jago. Saya harus melihat perkembangan kedepannya dulu.

Salah satu keunggulan Jago yang lain saat ini adalah gratis biaya admin bulanan. Tapi tidak ada yang bisa menjamin masa depan seperti perubahan yang dialami Jenius. Saya sebagai pengguna pun tidak berharap banyak. Untuk saat ini saya gunakan sesuai kebutuhan saja. 
Baca Juga

Post a Comment

34 Comments

  1. ribet juga ya kalo mau perpanjang domain, pembayaranya buat yg awam pasti pusing :D

    udah pernah coba neo bank ga mbak, gak kalah bagus dari bank jago, banyak promonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara-garanya sih saya beli lewat google domain. Padahal banyak penyedia domain lain yang menerima pembayaran lewat transfer biasa.

      Belum pernah nyoba Neo bank. Intinya nyari yang ada kartu debit Mastercard atau Visa. Untuk promo lain sekedar nilai plus

      Delete
  2. Berarti buat akun jago cukup mudah ya, tinggal sediakan email , nomor hape, KTP lalu verifikasi.

    Harga domain dot com di google domains berapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya 165.930 pertahun tambah PPN. Lebih mahal daripada penyedia domain lokal. Ribet pula bayarnya. Tapi berhubung cuma setahun sekali, tetap saya lanjutkan. Jadiin bahan artikel sekalian.

      Delete
    2. Lumayan mahal juga, tapi karena google yang menyediakan jadi dijamin aman ya mbak.
      Mungkin agak mahal karena ada biaya untuk proteksi privacy, jadi nama kita tidak muncul di informasi domain. Tapi tidak tahu juga sih, itu hanya kira-kira saja.

      Delete
    3. Setidaknya sampai saat ini saya tidak pernah mengalami masalah domain, jadi lebih tenang. Saya memang mengaktifkan privasi, ngga tahu juga bagusnya private atau bukan. Saya juga kurang tahu apakah penyedia domain lain juga memiliki pengaturan ini.

      Delete
    4. Google domain bagus dijamin aman dan mudah, walaupun harganya terlihat mahal tapi sebenarnya murah karena semua fitur penting sdh termasuk dalam harga itu. Kekurangannya cara bayarnya sulit 🤣

      Dibanding penyedia domain lain walaupun terlihat murah tapi sebenarnya mahal karena ada biaya tersembunyi yg jika di total harganya melebihi domain Google.

      Delete
    5. Betul, selain biaya tersebut tidak ada biaya tambahan lain. Pengaturan penting seperti redirect, https, semua sudah tersedia. Bener-bener mudah

      Delete
    6. Kalo dipikir-pikir benar juga kang, dulu aku beli domain TDL harganya pakai dolar $11, ada fitur privat $3, jadinya kenanya $14.

      Dulu satu dolar cuma 11 ribu jadinya kena 154 ribu, kalo sekarang 200 ribu.

      Tapi sayangnya penjual dolar sekarang susah, kemarin cek di toko online $15 bayarnya 300 ribu. $10 kenanya 210 ribu.😂😂😂

      Delete
    7. Berarti pernah pakai domain TLD juga dong Mas. Blog yg mana ya?

      Wah, mahal banget jualan dolarnya. Sampai 20ribu. Untung cuma ngecek doang ya 😅

      Delete
    8. Blog sarilah mbak, dari tahun 2012 sampai 2019. Terpaksa tidak perpanjang lagi karena duit ngga ada. Adsense tidak bisa diandalkan.😂

      Delete
    9. Saya kenal blog Sarilah pas sudah balik ke blogspot ya. Kalo mau mengandalkan Adense memang harus lebih diseriusi, seperti Pak Anton, hehe.

      Delete
  3. Wah, domainnya sudah sampai 2024 ya mbak, tenang selama dua tahun.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua tahun ke depan saya bikin artikel baru lagi terkait perpanjang domain 🤣🤣🤣

      Delete
  4. Memang nyebelin Ama bank yg masih memakai sistem biaya admin, biaya transfer, biaya ini itu dll. Makanya aku ga pernah tertarik Ama bank2 yg begitu mba. Syukurnya bank yg aku pake skr, free transfer kemanapun juga 30x sebulan, free biaya admin, free service charge, dan bisa ditarik sampai nol. Tapi sbnrnya yg terpenting gampang di pake di LN Krn aku sebelum pandemi rutin keluar.

    Aku ga pake bank jago ini sih, tapi sahamnya ada 😄. Secara termasuk saham yg digemari banyak orang Hahahhaa.. sayang aja hari kemarin penutupan dia turun 😁.

    Gampang juga kalo buka rek nya yaaa. Tapi memang buka rek skr udh jauh LBH gampang , serba digital :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bank utama saya di BSI sih, yang masih harus biaya admin kalo transfer ke bank lain. Tapi masih bisa dicover dengan aplikasi lain, jadi masih aman.

      Kalo Bank Jago, ibarat saya pengguna, Mba Fanny pemilik dong, kan punya sahamnya 😁😁😁.

      Serba digital harus dimanfaatkan, jangan sampai malah ketinggalan. 😀

      Delete
    2. Sungkem sama yang punya bank jago.😁

      Delete
  5. Zaman semakin maju. Buka rekening tidak usah ke bank nya langsung, tinggal klik klik on line. Kemudahan membuka rekekning on line mudah-mudahan berbanding lurus dengan keamanan dana yang kita simpan ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalo harus ke bank nya, di sini malah saya ngga yakin ada Bank Jago 😊
      Masalah keamanan data, saya juga ngga mau sembarang daftar, kalo memang perlu dan yakin aja. Sisanya cuma bisa positif thinking.

      Delete
  6. Kmrn baru aja ngobrol ama tmn tentang bank2 baru, salah satunya Jago ini, tmnku juga buka rek Jago mba, waktu itu karna entah ada promo apa gitu jadinya dia tertarik hahaha, aku udah punya 3 rekening yg sejauh ini sesuai ama kebutuhanku sih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bank baru memang banyak banget Mba, apalagi bank digital. Tentunya kita daftar sesuai kebutuhan, bukan sekedar pengen doang ☺️

      Delete
  7. Susah diverifikasi ya mbak OTPnya, coba cepat2 mbak.. begitu OTP masuk langsung verifikasi, atau coba verifikasi cara lain, verifikasi lewat telpon mgkn jika ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya sih memang sistemnya yang error. Karena judulnya verifikasi email, maka harus lewat email dong. Meski belum verifikasi email, akunnya sudah aktif kok, cuma rasanya kurang mantap aja.

      Delete
    2. Iya kurang mantap kalau blm verifikasi, soalnya verifikasi bermanfaat juga jika suatu saat lupa pasword dll 😅

      Delete
  8. Ku belum pernah pake jago atau gitu-gitu. Mentok di gojek sama ovo doang astaga, hdupku gitu-gitu aja huft

    ReplyDelete
  9. Wahh aku baru tau kalau punya akun jenius itu gak bisa login di hape lain kecuali hape yang lama yang pernah login, sampai segitunya ya.. Udah lama juga sih gak buka jenius, udah lupa apa akun yang dipake, walaupun ada kartu fisiknya hha.

    Kalau untuk akun bank jago ini aku udah punya, tapi waktu itu daftarnya lewat bank jagonya langsung. Jadi ditelpon CS nya vidcall buat konfirmasi identitas, tapi semenjak itu jarang dipake lagi. Kira-kira kalau lama gak dipake gitu bakal di ban tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ganti perangkat, tapi harus menghubungi CS dulu. Sesuai prosedur, pasti verifikasi data, nah kalo lupa yang bikin repot.

      Saya juga verifikasi video call juga. Nomor HP pun sudah terdaftar. Hanya saja Bank online agak beda dengan Bank biasa yang bisa kita datengin dengan buku tabungan. Makanya saya merasa kalo email-nya belum verifikasi merasa belum cukup.

      Delete
  10. loh loh buka rekening by gojek, boleh juga ni

    ReplyDelete
  11. siap kak, btw update lg kapan nih

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar