Harapan Nasabah pada Merger Bank Syariah

merger bank syariah
Saya baru saja mendengar berita tentang adanya merger bank syariah. Proses merger 3 bank syariah ini telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Meskipun saya baru mendengarnya, sebenarnya berita terkait merger bank syariah sudah ada sejak beberapa yang lalu, saya saja yang kurang update info.

Bank Apa Saja Yang Mengalami Merger?

Di Indonesia ada beberapa bank syariah. Bank syariah yang mengadakan merger kali ini ketiganya berstatus BUMN yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Apa nama bank hasil merger ketiga bank tersebut?

Ketiga bank tersebut bergabung ke dalam BRI Syariah sebagai pondasi. Namun nama bank yang digunakan pun berubah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI)

Mengapa bank syariah melakukan merger?

Dulu ketika mendengar kata merger bank, yang muncul pertama adalah pikiran negatif dimana bank mengalami kerugian dan perlu diselematkan. Namun dalam wacana merger bank syariah kali ini, penggabungan ketiga bank syariah tersebut diharapkan agar bank syariah bisa bersaing sebagai salah satu dari 10 bank terbesar di Indonesia. Tidak dipungkiri, aset ketiga bank syariah tersebut menjadi cukup besar ketika digabungkan.

Kapan mulai berlaku?

Meskipun sudah mengantongi izin dari OJK, proses merger ini masih sedang berlangsung. Manajemen keuangan, pegawai, dan sebagainya akan terus dirampungkan. Ditargetkan semua selesai pada tahun 2021.

Bagaimana dengan nasabah bank syariah?

Para nasabah diharapkan tidak perlu merasa risau akan adanya merger ini. Selama masa transisi, nasabah tetap bisa melakukan transaksi sebagaimana biasanya.

Apa kata nasabah?

Saya adalah salah satu nasabah BNI Syariah sejak tahun 2006. Saat itu BNI Syariah masih merupakan unit usaha dari BNI 46. Sampai akhirnya BNI Syariah berdiri sendiri dan kini mengalami merger dengan bank syariah lainnya.

Alasan saya membuka rekening di BNI Syariah karena saya memang ingin menabung di bank syariah. Sebagai seorang muslim saya berusaha menjalankan tuntunan agama termasuk dalam muamalah. Kenapa saat itu saya memilih BNI Syariah, selain karena cabangnya mudah ditemui, fasilitasnya saya rasa tidak kalah dengan BNI konvensional.

Kali ini ketika bank syariah melakukan merger, saya sebagai nasabah hanya berharap merger ini akan membawa ke arah kebaikan. Fasilitas yang selama ini sudah bisa saya nikmati seperti jaringan ATM dan mobile banking hendaknya jangan sampai menurun setelah adanya merger.

Semoga perbankan syariah bertambah maju dengan adanya merger dari ketiga bank syariah ini. Semoga perekonomian Indonesia menjadi lebih baik ke depannya. 

2 comments

  1. mudah-mudahan, soalnya saya punya 2 rek di BNI syariah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Kita sebagai nasabah hanya berharap yang terbaik.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon