Pembayaran Adsense Dollar, Haruskah Pakai Rekening Dollar?

Mata uang Google Adsense ada yang menggunakan dollar ada pula yang menggunakan rupiah. Untuk pemilik akun Adsense baru, mata uang yang dipakai adalah rupiah. Sedangkan pemilik akun lama menggunakan mata uang dollar. Untuk jenis mata uang ini tidak bisa dirubah lagi.


Bagi pengguna Adsense rupiah, biasanya menerima pembayaran menggunakan rekening bank. Sedangkan pengguna adsense dollar ada yang pake rekening bank dan ada yang pake western union.

Ada peraturan baru bahwa mulai 2021 pembayaran menggunakan western union sudah tak bisa lagi digunakan. Maka pengguna adsense dollar pun mulai mempertimbangkan untuk menggunakan rekening apa?

Pertanyaan yang cukup sering dilontarkan adalah Bank apa yang potongannya paling kecil?

Berbagai jawaban pun dilontarkan. Dari $5 hingga ada yang menjawab $20. 

Sebenarnya ada sebuah pertanyaan lain yang menurut saya lebih penting.

Untuk menerima pembayaran dari Adsense Dollar apakah harus menggunakan rekening dengan mata uang dollar?

Jawabannya adalah Tidak.

Untuk menerima pembayaran dari adsense dollar bisa menggunakan rekening dengan mata uang dollar maupun rupiah. Keduanya bisa digunakan.

Rekening dollar dan rekening rupiah untuk penerimaan pembayaran dari adsense dollar memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Rekening Dollar

Kelebihan Rekening Dollar

Jika menggunakan rekening dengan mata uang dollar, maka uang pembayaran yang masuk akan tetap dalam mata uang dollar. Bagi yang ingin punya tabungam dollar, tentu ini adalah sebuah pilihan yang baik.

Nasabah bebas menentukan waktu untuk mengambil uang sesuai nilai tukar yang berlaku. Jika nilai dollar sedang naik nasabah bisa menukarkannya ke rupiah untuk memperoleh rupiah yang lebih banyak. Atau boleh juga tetap menyimpannya di rekening saat dollar sedang turun.

Kekurangan Rekening Dollar

Kekurangan utama rekening dengan mata uang dollar adalah biaya administrasi yang tinggi. Potongan bulanannya juga menggunakan mata uang dollar. Sebagai contoh biaya bulanan BNI Syariah Dollar adalah $1 perbulan dan jika saldo di bawah minimum biayanya menjadi $2 perbulan.

Belum lagi jika ada biaya transaksi lainnya, semua dengan mata uang dollar. Rekening dollar banyak digunakan oleh perusahaan internasional. Asumsinya, mereka yang punya banyak duit.

Sayangnya, bahkan ketika rekening tidak digunakan karena ambang payout adsense belum terpenuhi, biaya administrasi bulanan tetap harus dibayar dengan mata uang dollar.

Rekening Rupiah

Kelebihan Rekening Rupiah

Biaya bulanan rekening rupiah sangat murah dibandingkan rekening dollar. Bahkan beberapa jenis tabungan seperti tabunganku tidak ada potongan bulanan.

Uang dari Google Adsense akan langsung masuk ke rekening dalam mata uang rupiah. Tidak ada potongan uang yang masuk. Uang langsung bisa digunakan tanpa harus ditukarkan lagi.

Kekurangan Rekening Rupiah

Nasabah tidak bisa menentukan kapan saat uang masuk dari Google Adsense. Nilai tukarnya ditentukan oleh bank penerima saat uang masuk. Biasanya nilai tukar dari bank lebih rendah dibandingkan nilai tukar dari WU. Karena ini pula publisher lama banyak yang bertahan dengan WU.

Baca juga Perbedaan Nilai Tukar Dollar ke Rupiah dan Efeknya pada Adsense

Pilih Dollar atau Rupiah?

Untuk akun adsense memang sudah tidak bisa dirubah. Namun untuk bank penerima tentu saya pilih rekening rupiah. Cukup gunakan rekening yang sudah ada dan tak perlu bikin rekening baru.

Mari kita cintai rupiah.

11 comments

  1. Siapp..saya kayaknya harus minjem rekening istri karena saya nggak punya rek bank 😂😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya Pak Anton selama ini memang sudah pake rekening isteri ya? atau masih pake wu?

      Delete
    2. Masih pake WU Nisa..hahahaha baru mikir sejak pengumuman kemaren 😁

      Delete
    3. Siap-siap kaget aja, Pak. Karena selisihnya lumayan.

      Delete
  2. Aku pakainya rekening rupiah sajalah, soalnya tidak ribet nukarnya lagi. Semoga saja tahun ini cair.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga cair tahun ini. Siapkan wadah biar ngga bocor 😂

      Delete
  3. wow, ada blogger kelas kakap main adsense, saya mau belajar ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mah masih kelas teri. Sudah lama tapi masih receh.

      Delete
  4. Wah gimana dengan saya yang masih nilai recehan kak, dan kemaren ada e-mail masuk dari Google, untuk mengisi kayak formulir survey tentang pembayaran melalui apa, jadi saya pilih rekening aja gitu, dan gak tau gimana nantinya, soalnya belum pernah gajian adSense, Mudah-mudahan 3 bulan lagi bisa merasakan gaji dari adSense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga 😊
      Ngumpulin adsense dari blog memang dimulai dari recehan. Tapi insya Allah bisa terkumpul kok.
      Semangat ya, aamiin bisa segera gajian.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon