Perbedaan Nilai Tukar Dollar ke Rupiah dan Efeknya pada Adsense

Beberapa hari terakhir saya membaca diskusi tentang Google Adsense yang akan menghapus metode pembayaran lewat Western Union mulai tahun 2021. Mau tidak mau mau pengguna Adsense Dollar harus berpindah ke metode pembayaran melalui rekening bank. Yang membuat diskusi ramai adalah nilai potongan yang diberikan oleh bank perantara.


Ada yang menyatakan potongannya sebesar $5 ada yang menyebutnya $10. Bahkan ada yang mengaku mendapat potongan sebesar $20. Jika potongannya sampai $20 bagaimana dengan publisher yang penghasilannya cuma $100 sekian. Tentu terasa memberatkan.

Sebelum terpengaruh dengan isi diskusi tersebut, ada satu hal yang harus diperhatikan. Tak ada satu pun yang menampilkan bukti konkrit akan adanya potongan sejumlah nilai tersebut. Tak ada screenshoot buku tabungan, mobile banking, maupun sms notifikasi. Kebanyakan justru hanya perkiraan berdasarkan jumlah yang semestinya didapat dibandingkan dengan jumlah yang diterima.

Salah satu artikel yang saya baca pun yang bercerita tentang pengalaman menerima pembayaran dari adsense hanya menampilkan selisih berdasarkan hitungan pribadi. Bukan lampiran tercatat di buku tabungan.

Alih-alih mengatakan bahwa bank memberikan potongan yang sangat besar dalam nilai dollar, saya lebih setuju jika menyatakan bahwa bank memberikan kurs atau nilai tukar yang lebih rendah dari pada Western Union.

Selisih nilai tukar ini kadang cukup besar, hingga 200 rupiah per dollar nya. Semakin banyak dollar yang ditukarkan, semakin besar selisihnya dalam nilai rupiah.

Mari kita buat contoh agar mempermudah.

Pada WU, misalnya nilai tukar dollar ke rupiah 14.800. Pada bank lokal, misalnya nilai tukar dollar ke rupiah 14.600. Ada selisih nilai tukar sebesar 200.

Jika $100 ditukarkan di WU akan diperoleh uang Rp 1.480.000. Jika $100 ditukarkan di bank lokal akan diperoleh uang Rp 1.460.000. Ada selisih sebesar Rp 20.000. Nilai yang tidak terlalu besar.

Namun, jika $1000 ditukarkan di WU akan diperoleh uang Rp 14.800.000. Dan jika $1000 ditukarkan di bank lokal akan diperoleh uang Rp 14.600.000. Ada selisih sebesar Rp 200.000. Nilai yang cukup besar. Kalo dikonvert lagi ke dollar, sekitar $13.5.

Jika selisih nilai tukar semakin besar dan jumlah dollar yang ditukarkan semakin banyak, maka tentu saja jumlah selisih yang muncul akan lebih besar ini. Bank sebagai pihak perantara mengambil untung dari uang selisih ini. Bukankah prinsip perdagangan memang demikian. 

Dengan perhitungan di atas, bahkan tanpa biaya administrasi pun, bank sudah memperoleh keuntungan. Yang perlu diperhatikan nasabah, tentu bank mana yang memberikan nilai tukar paling tinggi. Dan perlu diketahui juga nilai tukar dollar terhadap rupiah fluktuatif dan berubah-rubah.

Adanya selisih pada nilai tukar mata uang tidak hanya diberlakukan oleh bank. Bagi yang sering membeli saldo Paypal atau rekening online lain tentu mengerti signifikansi dari selisih nilai tukar ini.

Apa yang saya tulis di atas, saya simpulkan dari pengamatan yang saya lakukan. Sebagai pengguna adsense dollar, saya tidak pernah merasa mendapat notifikasi potongan dari bank terkait uang yang masuk. Tapi nilai tukar yang lebih rendah, memang saya rasakan.

Jika ada sanggahan ataupun pendapat lain silakan tulis di kolom komentar. Atau mungkin ada yang mau berbagi pengalaman.

6 comments

  1. Saya belum pernah terima pembayaran dari adsense google jadinya belum tahu berapa uang yang akan didapatkan. Batas jumlah pembayaran 1.3 juta, saya baru dapat 1.1 juta, sepertinya masih beberapa bulan lagi dapat bayaran karena sebulan tidak sampai 100 ribu dapatnya.

    Yah, semoga saja nanti tidak ada potongan saat terima bayaran.๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Insya Allah akan segera terkumpul. Saya juga biasa ngumpulin beberapa bulan jika mau menerima pembayaran.

      Kalo punya mas Agus, insya Allah menerimanya sesuai dengan laporan di adsense. Tidak ada potongan untuk adsense rupiah.

      Delete
    2. Amin, makasih doanya Bu guru.

      Keren Bu, kalo beberapa bulan sudah bisa terima pembayaran, kalo aku hampir dua tahun baru mau terima duit.๐Ÿ˜ƒ

      Delete
    3. Sama saja mas. Untuk pembayaran pertama dulu, saya ngumpulinnya juga beberapa tahun. ๐Ÿ˜…

      Delete
  2. saya 2 x mbak tapi lewat WU
    baru beberapa bulan kemarin diminta verifikasi bank dan belum gajian hehe
    semoga nanti kalau gajian ke-3 bisa saya ceritakan ya
    semoga engga potongannya
    amin YRA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti publisher lama juga nih, masih pake dollar. Diitunggu ya ceritanya๐Ÿ˜
      Aamiin. Semoga ngga ada potongannya.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon