Pengalaman Daftar dan Aktivasi Jenius Dalam Sehari Langsung Jadi

Beberapa hari sebelumnya saya sudah menginstal aplikasi Jenius. Namun masih menimbang-nimbang apakah masih perlu bagi saya untuk membuka akun keuangan baru. Hanya saja kebutuhan akan kartu pembayaran online membuat saya mengambil keputusan untuk mencobanya.

Siang hari Selasa, setelah shalat dan makan siang, saya pun mulai mengotak-atik HP. Sebelumnya saya sudah pernah mencoba daftar Jenius dengan email Yahoo, tapi sayangnya gagal. Entah waktu itu koneksi sedang buruk atau apa.

Pendaftaran Jenius

Oleh karenanya, kali ini saya mencoba mendaftar dengan memasukkan email gmail dan nomor Telkomsel. Ternyata pendaftaran bisa dilakukan. Saya pun mengikuti tahapannya seperti memasukkan data pribadi, alamat, membuat PIN dan Password. Saya juga mengupload foto KTP. Untuk urusan NPWP, bisa dilewati.

Ternyata mudah saja, akun Jenius sudah berhasil dibuat. Semudah pertama kali saya membuat akun baru di situs lain. Agar proses pendaftaran berlangsung lancar, siapkan KTP atau foto KTP terlebih dahulu.

Selanjutnya, saya pun mulai melihat-lihat menu yang ada di dashboard. Saya pun menemukan bahwa akun saya masih belum aktif. Untuk melakukan aktivasi bisa datang langsung ke bank BTPN atau melalui video call.

Sebagai orang yang tinggal di luar pulau Jawa, tentu saya memilih video call. Tapi meskipun di pulau Jawa, sepertinya saya akan tetap memilih video call. Kalau bisa di rumah aja, kenapa harus pergi.

Saya baru saja mendaftar akun Jenius. Haruskah saya melakukan aktifasi hari itu juga? Dari pada nanti-nanti, mending lakukan sekarang.

Proses Aktivasi Jenius Lewat Video Call

Meskipun di rumah, saya pastikan untuk memakai jilbab. Ngga perlu harus cantik, yang penting menutup aurat. Selain itu saya juga menyiapkan KTP dan kartu lainnya di dompet. Kamudian saya mengklik Aktivasi lewat video call.

Panggilan tidak langsung tersambung, tapi harus menunggu dulu. Untungnya tidak sampai lima menit, wajah cantik mba CS sudah terpampang di layar HP saya. Saya jadi minder sendiri melihat perbandingan penampilan kami. Sebagai informasi, video call ini direkam oleh bank. Tapi tentu saja bukan untuk disiarkan. Lagi pula tujuan saya kan mau aktivasi akun jenius, ngapain mikirin tampilan video call.

Mungkin karena perihal jaringan, suara Mba CS sampai lebih dulu daripada gambar video yang bergerak lambat. Tapi tidak masalah, saya langsung menjawab tanpa harus menunggu mulutnya di video berhenti bergerak. Komunikasi bisa berjalan lancar

Dalam video call, saya diminta menyebutkan nama ibu kandung dan ayah kandung. Kemudian saya juga membacakan nomor NIK. Saya juga diminta untuk memperlihatkan KTP ke layar. Untuk kartu pendukung lain, saya memperlihatkan SIM yang masih aktif.

Hanya itu saja. Proses video call berlangsung cepat. Saya diberitahu akan mendapat email pemberitahun jika akun sudah aktif. Jika dalam waktu 24 jam saya belum memperoleh email balasan, saya bisa mengunjungi situs jenius untuk bantuan.

Mendapat Email Pemberitahuan Aktivasi Jenius Telah Berhasil

Tidak perlu menunggu lama, saya memperoleh email pemberitahuan bahwa akun Jenius saya sudah aktif. Saya pun login ke akun Jenius untuk memastikan. Benar saya, akun saya sudah aktif. Tapi tentu saja saldonya masih Rp 0,-

Melakukan Pengisian Saldo Jenius Lewat Transfer dari Bank Lain

Sebagai percobaan, saya pun mencoba mengisi saldo melaui transfer dari BNI Syariah. Supaya tidak kena biaya administrasi, saya menggunakan aplikasi Flip. Transfer menggunakan Flip memang harus menunggu sekitar 10 menit. Tapi tak masalah, toh saya bisa menunggu sambil main game.

Tidak berapa lama muncul notifikasi bahwa tansfer sudah berhasil. Saya melihat bahwa saldo Jenius sudah terisi seratus ribu.

Menambahkan Kartu Jenius Sebagai Metode Pembayaran di Play Store

Selanjutnya saya masuk ke Play Store dan menambahkan metode pembayaran baru. Saya gunakan nomor e-card Jenius sebagai metode pembayaran. Kartu tersebut pun langsung diterima.

Saking semangatnya, saya kembali mengisi saldo agar mencukupi untuk biaya domain blog yang ingin saya perpanjang.

Melakukan Top Up Saldo e-Card dari Saldo Akun Jenius.

Menskipun sudah aktif, kartu e-Card saya saldonya masih nol rupiah. Saya pun melakukan top up sejumlah biaya untuk pembayaan domain.

Membayar Domain dengan Kartu Visa Jenius (e-Card)

Saya pun masuk ke google domain dan melakukan pembayaran untuk perpanjangan domain blog selama dua tahun. Proses pembayaran langsung berhasil.

Saya senang sekali bisa mendaftar, aktivasi, dan menggunakan akun Jenius pada hari juga. Sebagai pengguna baru, saya sangat senang dengan aplikasi ini. Terima kasih Jenius.

0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar