Pemakaian Data Internet Bulanan

Berapa banyak kuota internet yang Anda habiskan setiap bulannya?
Berapa rupiah uang yang Anda habiskan untuk membeli kuota internet setiap bulannya?

Untuk pertanyaan pertama, agak sulit bagi saya selama ini untuk menjawabnya. Karena saya menggunakan paket internet unlimited harian. Maka penggunaan setiap harinya tidak pasti. Di akhir bilan saya tidak tahu berapa GB yang telah saya habiskan.

Sedangkan untuk pertanyaan kedua, setidaknya saya bisa memperkirakan jawabannya, yaitu kurang dari seratus ribu rupiah perbulan. Atau sekitar Rp 60.000,- karena saya menggunakan paket Always On dari kartu Three.

Baca juga Pengalaman Menggunakan Paket Always On Kartu Three

Setelah menggunakan HP Realme, saya menemukan ada menu di pengaturan yang mengatur dan menunjukkan banyaknya penggunaan paket data internet baik harian maupun bulanan.

Memasuki awal bulan Juli, saya pun ingin melihat ke belakang dan mengetahui banyaknya penggunaan paket data internet bulan Juni. Inilah data yang saya dapatkan.


Ternyata bulan kemarin saya telah menghabiskan paket data internet sebesar 43 GB. Angka yang sangat besar bagi saya yang selama ini merasa hemat dalam penggunaan internet.

Di bagian bawah ada daftar aplikasi dengan data penggunaan internet masing-masing diurutkan dari yang paling besar mengkonsumsi paket data.

Tiga aplikasi teratas yaitu WeTV, YouTube, dan Google Chrome.

WeTV adalah aplikasi untuk menonton drama, mayoritas drama China. Saya akui, bulan lalu saya memang begitu banyak menonton drama. Apalagi saya bisa mendownload drama lewat aplikasi ini. Masih banyak drama yang sudah saya download namun belum saya tonton. Tidak heran aplikasi ini menduduki peringkat teratas.

Aplikasi YouTube juga banyak memakan data. Selain menonton hiburan, saya juga mulai meng-upload video di YouTube. Tentu paket data internet yang digunakan tidak sedikit.

Browser favorit saya masih Google Chrome, baik di laptop maupun android. Ketika saya penasaran akan sesuatu, saya akan langsung browsing di  karesini.Oleh karenanya tidak heran aplikasi ini menduduki peringkat ketiga. Saya juga sempat mendownload drama beberapa episode.

Adapun untuk urutan selanjutnya adalah aplikasi lain yang terinstal di HP saya. Tidak ada aplikasi lain yang menggunakan paket data internet lebih dari 1 GB dalam bulan kemarin.

Namun tetap saja, 43 GB adalah angka yang besar bagi saya. Jika menggunakan paket internet reguler, entah berapa rupiah habis untuk membeli kuota. Untungnya paket Always On Unlimited kartu Three bisa lebih hemat. Meskipun setiap hari harus  terbentur FUP dan kecepatan dibatasi.

Jika masih ingin menghibur diri, sebenarnya penggunaan internet tersebut memang dihitung oleh satu perangkat android yang saya gunakan. Namun kenyataannya saya menggunakan tethering dan berbagi jaringan dengan perangkat lain.

Saat blogging di laptop, saya menggunakan wifi paket internet dari HP. Kadang saya juga berbagi jaringan dengan suami untuk memanfaatkan paket unlimited di pagi hari. Jadi sebenarnya kuota 43 GB tersebut tidak dihabiskan oleh satu perangkat saja.

Sebenarnya berapa GB pun yang saya habiskan tiap bulannya tidak masalah. Toh yang terpenting uang yang digunakan tidak melebihi anggaran. Artikel ini ditulis sekedar untuk menanggapi jumlah penggunaan data internet bulanan yang baru saya ketahui. Entah bulan depan akan lebih banyak atau berkurang.

Bagaimana dengan Anda? Berapa banyak kuota internet yang Anda habiskan setiap bulannya?

2 comments

  1. Byuh, 43 GB? itu konsumsi yang menghabiskan waktu juga, saya ada paket halo 25GB dan paket unlimited harian dengan FUP 1GB (untuk dirumah), dan itu jarang habis meski batas FUP harian, lagian kalau habis ya pakai yang satunya daripada lelet. Memang jarang nonton video atau browsing. Video juga capek nonton lama. Jadi 25GB cuma kepakai sekitar 8GB. Ini bukan masalah boros beli paketan, tapi itu jatah dibayar kantor, tapi malas mau pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perempuan kalo sudah nonton drama kadang lupa waktu, hehe. Saya sendiri juga kaget dengan pemakaian segitu. Entah bulan depan jadi naik atau turun. Kalo ngga nonton drama, mestinya ngga sebanyak itu deh.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon