Pengalaman Pakai Paket AlwaysOn Unlimited Three

Setelah sekian tahun, sampai saat ini saya masih setiap menggunakan kartu Three untuk paket data internet. Ada dua alasan utama. Pertama, sinyal Three cukup bagus di tempat tinggal saya. Kedua, harga paket yang ditawarkan cukup murah bagi saya jika dibandingkan dengan kartu lain.

Setiap orang tentu punya anggaran masing-masing untuk penggunaan paket internet. Untuk saya pribadi adalah kurang dari Rp 100.000,- perbulan. Meski pun saya membatasi anggaran, tapi saya berharap dengan anggaran tersebut kebutuhan internet saya tetap terpenuhi dengan maksimal.

Setiap provider menyediakan beragam paket internet dengan harga dan fasilitas yang bervariasi. Tidak terkecuali kartu Three yang juga menawarkan berbagai pilihan paket internet.

Dari berbagai pilihan yang ada, pilihan saya jatuh pada paket AlwayOn Unlimited + 6 GB seharga Rp 60.000,- per bulan atau 30 hari.

Adapun rincian penggunaan paket tersebut adalah sebagai berikut :

Internet Unlimited* (01.00-17.00 di Semua Jaringan Tri Indonesia) selama 30 hari
Kuota 6GB (24 jam di Semua Jaringan Tri Indonesia) mengikuti masa aktif kartu
Perpanjangan Otomatis: Tidak
Keterangan: Pembelian lebih dari satu kali hanya kuota 6GB yang terakumulasi
*Batas pemakaian wajar berlaku.

Meskipun disebut Unlimited, sebenarnya ada ketentuan yang bisa berupa kelebihan maupun kekurangan.

Kelebihan paket unlimited:
Bisa digunakan di semua jaringan (3G/4G) dan lainnya
Bisa digunakan untuk semua keperluan (aplikasi, upload, download, browsing, dll)

Kekurangan paket unlimited:
Hanya berlaku dari pukul 01.00-17.00 (mengikuti waktu jaringan setempat)
Ketika pemakaian harian melebihi 1,5 GB akan terkena FUP (batas pemakaian wajar)

Adapun pada malam hari paket internet yang digunakan adalah kuota sebanyak 6 GB.

Menurut saya pribadi pihak Three sangat pandai mensiasati paket ini. Paket unlimited hanya berlaku di siang hari. Padahal kebanyakan orang bekerja di siang hari dan jarang sekali yang menghabiskan banyak paket data. Adapun di malam hari, ketika waktu bersantai banyak yang menggunakan HP dan internet, kuota reguler lah yang digunakan. Tentu saja siasat ini tentu menguntungkan bagi provider Three.

Saya pribadi bukanlah orang yang banyak menggunakan paket internet. Apalagi sebelum musim WFH saya jarang sekali menghabiskan paket internet yang saya beli. Kuota 6 GB pun masih ada sisanya saat akhir bulan. Apalagi dengan masa aktifnya yang panjang, saya merasa paket ini sangat cocok.

Namun ada kalanya juga saya sedang keranjingan nonton drama. Kalau sudah begitu, cepat sekali paket internet tersedot. Pada saat di malam hari, rasanya sayang sekali menghabiskan paket reguler hanya untuk menonton saja. Sedangkan paket unlimited hanya sampai sore hari saja

Lalu bagaimana cara mensiasati agar paket unlimited tidak terbuang percuma?

Untuk mensiasatinya, saya biasanya akan mendownload drama di siang hari menggunakan paket unlimited. Pada malam hari saya bisa menonton secara offline dan paket data reguler bisa dihemat untuk keperluan penting seperti pesan WA atau browsing sesuatu.

Dengan siasat tersebut, sampai saat ini saya masih betah menggunakan paket AlwaysOn Unlimited 6 GB selama beberapa bulan. Selama tidak ada perubahan atau pilihan yang lebih baik, saya akan terus menggunakannya.

Bagi pengguna yang tidak banyak menggunakan kuota internet harian seperti saya, paket ini menurut saya sangat cocok. Apalagi masa aktif paket 6 GB nya cukup lama. Namun bagi pengguna yang biasa menggunakan kuota harian sekian GB untuk kegiatan upload dan download paket ini sepertinya bukan pilihan terbaik.

Bagaimana dengan Anda? Apa paket internet yang Anda gunakan?

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar