Beli Kartu Memori Eksternal 128 GB

Selama ini, saya merasa cukup dengan memori internal HP sebesar 32 GB. Meskipun sekarang hanya menyisakan ruang penyimpanan 6 GB, masih bisa menampung berbagai hal lainnya maupun operasional aplikasi di android.

Namun sejak memutuskan untuk membuat video di YouTube, saya menyadari bahwa memori tersebut sudah tidak cukup lagi. Mau tidak mau saya harus membeli kartu memori eksternal.

Sebelum berangkat ke toko, saya mencari informasi dulu, berapa kapasitas memori terbesar yang bisa ditampung oleh Readme C3. Dari artikel yang saya baca, HP ini bisa menampung memori eksternal hingga 250 GB. Kami pun sudah bisa pergi ke toko.

Karena tidak mau ribet, kami pergi ke toko elektronik langganan kami. Di toko pertama, saat ditanyakan, kartu memori terbesar yang tersedia adalah 32 GB, memori dengan kapasitas lebih besar sedang kosong. Karena merasa belum cukup, kami mencoba di toko selebahnya yang sebenarnya masih satu naungan. Kartu memori terbesar yang tersedia adalah 128 GB.

Suami saya pun langsung mengusulkan beli 128 GB saja. Awalnya saya sempat berpikir ingin membeli kartu memori 64 GB. Namun setelah dipikir lagi, tidak ada salahnya beli dengan memori yang lebih besar. Lagi pula masih cocok dengan HP nya.

Begitu harganya ditanyakan, jawabannya adalah 250 ribu. Dalam hati saya langsung berkata, "Mahal!"

Padahal jika dibandingkan flashdisk 2 GB terakhir yang pernah saya beli, harganya menjadi terlihat murah untuk ukuran 128 GB.

Lagipula uangnya juga sudah dianggarkan dan mencukupi. Kami pun membeli kartu memori micro SD merk V-Gen tersebut.

Sebelumnya saya memang tidak sempat mencari tahu harga pasaran kartu memori eksternal untuk HP. Tapi membandingkan harga online dengan beli langsung di toko tentu berbeda. Lagi pula kami tidak mau ribet, makanya langsung beli di toko tersebut tanpa membandingkan dengan toko lain.

Kalau ingin membandingkan, saya jadi teringat tahun 2006 ketika pertama kali saya mengenal flashdisk. Waktu itu saya membeli sebuah flashdisk 256 MB seharga lebih dari seratus ribu. Jika membandingkan dengan masa tersebut, sungguh 128 GB seharga Rp 250.000,- adalah sangat murah.

Dari pada memikirkan harga barang yang sudah dibeli, bukankah lebih baik menggunakan dan memanfaatkan barang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dengan memori sebesar 128 GB, saya bisa membuat dan menyimpan banyak video dengan kualitas yang baik. Hanya saja, semakin besar ukuran video, maka semakin besar pula kuota internet yang diperlukan untuk menguploadnya. Sepertinya saya pun harus memanfaatkan paket unlimited kartu Three saya yang limited kecepatannya.

2 comments

  1. iya mbak, semakin kesini, keperluan barang-barang seperti itu semakin tak terelakkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama memang diperlukan dan ada anggarannya, tidak salah untuk membelinya.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon