8 Pertimbangan, Pilih Nonton di Cinemaxx atau CinemaXXI?

Sebenarnya ada banyak sekali jenis bioskop di Indonesia. Tapi di Kalimantan Selatan sendiri, baru ada dua bioskop saat ini. Bioskop pertama adalah CinemaXXI di Duta Mall Banjarmasin. Adapun yang kedua adalah bioskop Cinemaxx di Q-Mall Banjarbaru.

Saat bioskop baru ada di Banjarmasin, saya jarang sekali nonton ke bioskop, mungkin cuma setahun sekali. Tapi semenjak bioskop sudah ada di Banjarbaru, saya jadi sering nonton ke bioskop.

Apa saja sih yang menjadi pertimbangan untuk memilih bioskop? Bagi saya pribadi ini dia perbandingannya.

1. Jarak dari Rumah

Bagi saya, jarak jadi pertimbangan utama. Karena CinemaXXI berada di Banjarmasin dan jaraknya jauh, maka saya malas ke bioskop. Tapi dengan adanya Cinemaxx di Banjarbaru, saya jadi suka ke bioskop karena cukup dekat dari rumah maupun tempat kerja.

2. Harga Tiket

Bagi saya, harga tiket tetap jadi pertimbangan. Jika terlalu sering nonton, nanti anggaran lain bisa bocor, apalagi nontonnya berdua. Kebetulan Cinemaxx di Q-Mall adalah Cinemaxx reguler, dimana harga tiket bioskopnya lebih murah daripada tiket CinemaXXI di Duta Mall. Alasan ini juga yang membuat saya memilih Cinemaxx.

3. Tiket Bioskop Online

Di zaman teknologi ini, hampir semuanya bisa dibeli secara online, termasuk tiket bioskop. Ada banyak aplikasi android yang bosa digunakan untuk beli tiket bioskop. Untuk membeli tiket XXI bisa lewat aplikasi M-Tix. Adapun pembelian tiket cinemaxx diantaranya bisa lewat Go-Tix.


4. Promo Tiket Bioskop

Perempuan mana yang tidak suka promo dan diskon. Saat beli tiket bioskop online, saya biasanya memilih aplikasi mana yang memberikan diskon paling besar. Ini juga menentukan bioskop apa yang akan saya datangi. Saat ini, saya baru menikmati promo dari Traveloka untuk menonton di Cinemaxx.


5. Lokasi Mushalla

Apa hubungannya coba, lokasi mushalla dengan nonton bioskop? Berhubung seorang pekerja, saya biasanya nonton sore atau malam. Harga tiket bioskop pada hari kerja cenderung lebih murah. Lama pemutaran film biasanya sekitar dua jam. Karena ngga mau keluar pas film sedang tayang, biasanya kami sholat dulu setelah membeli atau mengambil tiket. Jika lokasi mushallanya dekat, jadi tak perlu jauh jalannya.

Mesjid di Q-Mall berada satu lantai dengan bioskop Cinemaxx. Hanya saja berada di arah yang berlawanan dan masih harus naik tangga sedikit. Tapi masjid ini benar-benar strategis. Sedangkan mushalla di Duta Mall berada dekat Transmart. Juga di lantai atas, tapi agak berisik karena dekat wahana permainan.

6. Iklan Sebelum Film

Biasanya saya suka sekali menonton trailer yang tayang di layar bioskop sebelum film dimulai. Menonton trailer bagi saya adalah hiburan tersendiri.

Tapi beberapa waktu yang lalu, saat nonton di CinemaXXI saya merasa terganggu dengan iklan yang tampil. Kenapa juga saya harus menonton iklan partai politik dan capres di bioskop. Saya mau cari hiburan, bukan cari dongkol. Mungkin sehabis pemilu iklan tersebut akan hilang.

7. Waktu Pemutaran Film

Sebenarnya ini bukan antara Cinemaxx dan XXI, tapi antara Q-Mall dan Duta Mall sendiri. Di Cinemaxx tidak ada film yang diputar saat azan magrib maupun shalat jumat.

Film yang diputar sore hari biasanya selesai sebelum magrib, dan film yang diputar malam hari, paling cepat dijadwalkan 30 menit setelah masuk waktu sholat magrib. Itupun dimulai dengan trailer dulu. Jadi ngga ada alasan ngga sempat sholat. Belum lagi masjidnya juga dekat banget.

8. Pilihan Film

Beberapa waktu yang lalu saya melihat jadwal bioskop di Book My Show dan saya melihat Hellboy di sana. Karena katanya film sebelumnya cukup seru, saya pun berniat menontonnya. Tapi rupanya film ini tidak tayang di Cinemaxx Q-Mall.

Saat ada kesempatan, saya pun pergi menonton di XXI Duta Mall. Ternyata film ini jauh dari harapan. Terlalu banyak sensor karena terlalu banyak yang harus disensor. Saya pun jadi berpikir, mungkin ini salah satu alasan film ini tidak tayang di Q-Mall. Semestinya saya tidak terlalu ngotot ke Banjarmasin.

Dari beberapa kali nonton di bioskop, itulah yang muncul dalam pemikiran saya. Tentu saja sangat subjektif sekali. Belum lagi ini bukan sekedar antar Cinemaxx dan CinemaXXI, tapi lebih kepada perbandingan Cinemaxx Q-Mall dan XXI Duta Mall. Tentu saja, akhirnya saya akan lebih memilih nonton di Cinemaxx Q-Mall.

4 comments

  1. wew... maringenet ganti baju.. :)

    Saya juga sama ada pertimbangan tertentu saat nonton, lokasi, waktu nonton, dan tempat sholat.

    biasanya nonton saat weekday jadi bisa lebih murah, maklum di kali empat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Harga memang beda pas weekday dan weekend. Saya yang berdua aja kerasa bedanya, apalagi kalo berempat.

      Delete
  2. wah saya lebih sering nonton di youtube kak :D
    kalau nonton di bioskop sih dulu pernah tapi sekarang nggak ada uang buat nonton kesana hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka nonton di Youtube. Tapi sensasi nonton di bioskop tetap beda menurut saya. Tentu harus ada anggarannya sih.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon