Manfaat Kontes SEO Bagi Peserta dan Penyelenggara

Saat sedang berkunjung ke Asik Pedia, saya membaca sebuah artikel yang tidak jadi diikutsertakan dalam lomba SEO. Namun artikel tersebut tetap diposting dengan keterangan gagal ikut lomba. Tapi bermula dari artikel itu jualah saya malah tertarik dengan artikel lain yang sejenis dan membahas brand yang sama. Ujung-ujungnya, saya malah memikirkan tentang kontes SEO itu sendiri.

Saat ini ada banyak lomba penulisan artikel di internet. Beberapa diantaranya diantaranya hanya berupa kontes blog, beberapa yang lain adalah kontes SEO. Dalam penyelenggaraan kontes tentu saja ada keuntungan yang ingin diraih. Apa saja keuntungan tersebut?

Keuntungan Kontes SEO Bagi Peserta

- Mendapatkan hadiah

Biasanya hadiah yang ditawarkan adalah uang. Tentu saja ini adalah motivasi terbesar bagi seorang blogger untuk mengikuti suatu kontes SEO. Tentu akan senang rasanya saat jerih payah menulis artikel dibayar dengan hadiah yang dijanjikan.

- Mengasah Kemampuan SEO

Bagi yang suka tantangan, lomba SEO menjadi tantangan tersendiri. Keinginan untuk menang pasti ada. Maka berbagai upaya pun dilakukan untuk bisa berada pada posisi teratas di halaman pertama Google.

- Menambah Pengalaman

Beberapa peserta yang lain mengikuti lomba SEO hanya sekedar untuk menambah pengalaman. Mungkin mereka pesimis lebih dulu, tidak mungkin menang. Namun tetap mengikuti lomba siapa tahu menang.

- Sebagai Bahan Tulisan

Ada juga yang mengikuti lomba SEO sekedar untuk mencari inspirasi untuk bahan tulisan. Ketika ada lomba, apa salahnya diikuti. Setidaknya jumlah artikel di blog akan bertambah.

Demikianlah beberapa alasan yang dapat mendasari seseorang mengikuti kontes SEO. Dengan berbagai alasan tersebut jumlah peserta pun menjadi banyak.

Lalu apa manfaat penyelenggara mengadakan kontes SEO dan menghabiskan uang jutaan rupian untuk hadiah? Dalam bisnis, tidak ada makan gratis. Tentu saja ada tujuan tertentu diselenggrakan suatu kontes SEO.

Manfaat Kontes SEO bagi Penyelenggara:

- Sebagai Media Promosi

Dalam artikel yang dilombakan tentu menyebut nama/merk penyelenggara. Maka orang yang semula tidak tahu pun menjadi tahu dengan brand yang dipromosikan. Semakin banyak peserta lomba, maka semakin banyak pula jangkauan promosinya.

- Menambah Backlink Situs

Selain menyebutkan brand penyelenggara, dalam artikel biasanya disyaratkan untuk menyertakan minimal satu link ke situs menyelenggara. Maka semakin banyak peserta lomba, semakin banyak pula backlink yang diperoleh.

- Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Lomba SEO biasanya akan meningkatkan jumlah kunjungan di situs penyelenggara. Baik dari peserta maupun dari orang-orang yang tertarik setelah membaca artikel peserta lomba. Selain itu, backlink yang diperoleh juga bisa meningkatkan posisi di mesin pencari.

- Meningkatkan Rasio Jumlah Transaksi

Tujuan akhir kontes SEO bukan sekedar agar situs tersebut terkenal dan banyak pengunjungnya, tapi juga untuk meningkatkan transaksi.

Situs yang berani memberi hadiah besar untuk kontes SEO biasanya adalah situs yang memang menjual barang atau jasa. Diharapkan dengan adanya kontes ini, selain lebih terkenal, juga semakin banyak orang yang percaya kemudian memutuskan untuk bertransaksi.

Ketika jumlah transaksi meningkat, maka biaya yang dikeluarkan sebagai hadiah dalam kontes SEO bisa kembali dengan berlipat-lipat.

Demikianlah berbagai keuntungan kontes SEO bagi peserta dan penyelenggara. Adapun untuk kerugiannya, mungkin akan dibahas pada waktu berbeda.

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar