Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan BNI Syariah

July 02, 2018
Sudah lebih dari sepuluh tahun saya menjadi nasabah BNI Syariah. Sejak rekening pertama saya buka, hingga kini rekening tersebut masih saya gunakan. Tentunya ada beberapa alasan yang menjadikan saya betah menjadi nasabah BNI syariah. Oleh karenanya saya bisa mengungkapkan beberapa kelebihan dan kekurangan BNI syariah berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Kelebihan BNI Syariah

1. Menggunakan Sistem Syariah

Alasan utama saya menabung di BNI Syariah adalah karena menggunakan sistem syariah. Sebagai seorang muslim yang juga memerlukan fasilitas perbankan, bank syariah adalah pilihan terbaik bagi saya. Ada dua sistem akad yang bisa digunakan, yaitu wadiah dan mudharabah. Nasabah bisa memilih salah satunya saat pertama kali membuka rekening tabungan.

Pada sistem wadiah, maka nasabah tidak akan dibebani biaya administrasi bulanan dan tidak akan memperoleh tambahan bagi hasil. Jumlah tabungan nasabah tetap seperti semula.

Pada sistem mudharabah, ada biaya administrasi bulanan, selain itu nasabah memperoleh laba berupa bagi hasil. Bagi hasil berbeda dengan bunga, karena sistem dan perhitungannya berbeda.

Baca Juga Perbedaan Bank BNI Syariah dan BNI Konvensional

2. Gratis Biaya Transfer ke BNI Konvensional dan Sebaliknya

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan BNI Syariah

Sebagai orang yang senang melakukan belanja online, maka tidak luput dengan transaksi transfer ke rekening bank lain. Para merchant biasanya menyediakan beberapa rekening pembayaran dengan beragam bank. Tentu saja, sangat jarang yang mencantumkan bank syariah.

Beruntungnya biaya transfer dari BNI Syariah ke BNI konvensional adalah gratis. Maka saya pun tidak perlu memikirkan biaya transfer dan cukup pilih bank BNI untuk metode pembayaran. Begitu pula sebaliknya, ketika ada yang ingin mengirim uang dari bank BNI ke rekening saya, tidak perlu ragu karena biayanya gratis.

Baca Juga Cara Melihat Bukti Transfer BNI Mobile Banking

3. Bebas Menggunakan Fasilitas ATM BNI

Jumlah ATM BNI Syariah mungkin masih terbatas. Tapi jumlah ATM BNI banyak ditemui bertebaran dimana-mana. Nasabah BNI syariah bisa menggunakan fasilitas ATM BNI dengan gratis. Tidak ada biaya administrasi maupun potongan ATM bersama.

Fasilitas ATM BNI yang dapat digunakan termasuk diantaranya ATM setor tunai. Maka meski jumlah bank BNI Syariah terbatas, masih bisa melakukan setoran lewat ATM BNI Setor Tunai

4. Tersedia Internet Banking dan Mobile Banking

Saat ini, hampir semua hal harus bisa dilakukan lewat layar smartphone, termasuk transaksi perbankan. Oleh karenanya internet banking dan mobile banking menjadi fasilitas yang harus disediakan oleh bank yang baik. Bank BNI syariah menyediakan fasilitas ini untuk semua nasabahnya.

Menu internet banking dan mobile banking BNI Syariah sama dengan milik BNI konvensional. Ada banyak tutorialnya di internet. Untuk pendaftarannya, harus ke bank BNI Syariah agar bisa melakukan aktivasi untuk transaksi berupa transfer, pembayaran dan pembelian.

Baca Juga Perbedaan BNI Mobile Banking dan Internet Banking

5. Menyediakan Kartu Debit dan Kredit

Saya bukanlah pengguna kartu kredit, tapi kartu debit BNI tentulah sangat berguna. Ketika melakukan belanja di mall atau toko besar dan uang yang dibawa tidak cukup, tinggal gesek kartu ATM. Selain itu tidak ada biaya jika menggesek kartu ATM BNI syariah pada mesin CDC BNI, alias gratis.

Saat membuat kartu ATM, ada pilihan mau pake nama atau tidak. Limit transaksi setiap kartu tergantung jenis tabungan yang dipilih saat pertama kali membuat rekening.

Baca Juga Bayar Tunai Pakai Kartu ATM, Tinggal Gesek

6. Menyediakan Fitur Virtual Account BNI Syariah

Virtual Account biasanya digunakan untuk pembayaran belanja online atau biaya kuliah. Beberapa aplikasi online menggunakan virtual account untuk pengisian saldo, misalnya Paytren.

BNI Syariah pun menyediakan layanan ini untuk nasabahnya, terutama bagi pengguna yang ingin melakukan pembayaran atau transfer ke virtual account.

7. Pembayaran Berbagai Tagihan dan Pengisian Pulsa

Sudah bukan masanya lagi antri di loket untuk bayar tagihan. BNI Syariah menyediakan berbagai fitur pembayaran seperti:

- Tagihan listrik
- Tagihan PDAM
- Pembayaran asuransi termasuk BPJS
- Beli Token Listrik
- Pengisian pulsa
- Dan masih banyak lainnya

Menu pembayaran tersebut bisa diakses lewat mesin ATM. Akan lebih mudah lagi jika menggunakan akun internet banking atau mobile banking, semua bisa dilakukan dari rumah sambil bersantai.

Baca Juga Bayar Tagihan PDAM Lewat BNI Mobile Banking

Kekurangan BNI Syariah

Tak ada gading yang tak retak. Menabung di bank syariah pun juga memiliki beberapa kekurangan.

1. Jumlah Cabang Bank BNI Syariah Masih Terbatas

Untuk daerah saya sendiri sih sudah cukup terjangkau lokasinya. Mungkin di daerah tertentu masih terbatas jumlah cabang BNI Syariah. Sebagai bank syariah memang jumlahnya tidak sebanyak bank konvensional. Tapi manfaatnya, insya Allah lebih besar.

2. Nominal Bagi Hasil Tidak Sebesar Bunga

Bagi yang menabung untuk mendapatkan laba, tentu nilai bagi hasil yang diberikan oleh bank tidak sebanding dengan jumlah uang yang ditabungkan. Apalagi jika dibandingkan dengan bunga dan hadiah yang ditawarkan oleh bank konvensional.

Tapi sebagai orang yang berusaha menghindari riba, tentu saya memilih jumlah bagi hasil yang sedikit dari pada bunga. Jika ingin memperoleh jumlah bagi hasil yang lebih besar, mungkin bisa mencoba deposito syariah.

Demikianlah berbagai kelebihan dan kekurangan menabung di bank BNI Syariah berdasarkan pengalaman pribadi saya. Saya belum bisa membandingkannya dengan bank syariah lain seperti BRI Syariah atau Bank Syariah Mandiri karena saya tidak menabung di kedua rekening tersebut.

Apakah Anda juga nasabah bank Syariah dan ingin berbagi pengalaman?

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
July 2, 2018 at 1:39 PM delete

Cukup setia juga ya jadi nasabah BNI syariah. kalau saya mah suka gonta-ganti Bank. abis saya juga suka gonta-ganti kerja jadi menyesuaikan. :)

Reply
avatar
July 2, 2018 at 3:01 PM delete

Iya nih, saya kan orangnya setia, hehe 😄

Reply
avatar
Adin Ikhwan
AUTHOR
July 3, 2018 at 12:39 PM delete

saya juga pake BNI Syariah. ada tambahan mbak, kartu ATM nya kalau pengen pake nama harus nunggu 10-14 hari kerja. :(

Reply
avatar
July 3, 2018 at 5:57 PM delete

Wah, iya. Terima kasih atas masukannya.

Reply
avatar
July 5, 2018 at 4:12 PM delete

Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://bpr-bba.com/
semoga sukses selalu :)

Reply
avatar
August 29, 2018 at 1:37 PM delete

Sangat bermanfaat jazakallah khair

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 1, 2018 at 12:05 AM delete

Sangat bermanfaat, tks.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 15, 2018 at 3:26 AM delete

apakah bisa BNI syariah klaim jht bpjs?mohon bantuan nya

Reply
avatar
October 15, 2018 at 4:05 AM delete

Wah, saya kurang tahu. Mungkin harus ditanyakan langsung ke petugas bpjs.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
November 15, 2018 at 7:00 PM delete

kalo sudah punya rekening di bni konvensional terus buka di bni syariah, apa gpp itu yah???

Reply
avatar
November 16, 2018 at 9:45 PM delete

Tidak ada masalah. Boleh memiliki rekening pada kedua bank tersebut sekaligus.

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *