Cara Mengetahui NIK dan Nomor KK Pada Kartu Keluarga

Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) saat ini menjadi terkenal sekali. Hal ini sehubungan dengan peraturan baru kewajiban daftar ulang kartu SIM prabayar menggunakan NIK dan Nomor KK.

Topik ini pun menjadi pembicaraan yang seru antara saya dan teman-teman di tempat kerja. Ada beberapa pertanyaan yang jawabannya kadang harus diperdebatkan.

Bagaimana Registrasi Kartu SIM Prabayar Untuk Anak yang Belum Memiliki KTP?

Saat ini anak SD, SMP, apalagi SMA sebagian besar sudah memiliki HP. Tentu saja pada setiap HP tersebut ada kartu SIM nya. Sebagai anak sekolahan yang mayoritas belum memiliki KTP bagaimana mereka bisa melakukan registrasi kartu SIM prabayar?

Bagi yang belum tahu, bahwa setiap warga negara Indonesia yang terdaftar semestinya sudah memilki NIK walaupun belum memiliki KTP. NIK yang ada di KTP sama dengan NIK yang tertera di Kartu Keluarga. Dengan kata lain anak sekolah yang belum punya KTP tetap bisa registrasi dengan NIK yang ada di Kartu Keluarga.

Bahkan saat ini anak yang baru lahir, ketika dibuat Akta Kelahirannya, maka NIK anak tersebut sudah tertera di dalamnya.

Terlalu Banyak Angka Pada Kartu Keluarga, Nomor KK Itu Yang Mana Sih?

Pernahkah Anda memperhatikan kartu keluarga yang Anda miliki. Dari sekian banyak angka yang tertera, tahukah Anda Nomor KK itu yang mana?

Perhatikan gambar di bawah ini!
sumber Google.com
Menurut Anda yang manakah yang dimaksud dengan nomor KK?

Jika Anda menjawab dengan nomor satu, maka jawabannya Anda benar. Nomor KK untuk semua anggota keluarga adalah sama. Yang berbeda adalah NIK masing-masing anggota keluarga, yaitu yang saya beri angka merah nomor dua.

Salah seorang teman saya mengira bahwa Nomor KK adalah NIK yang tertera di kartu keluarga. Sehingga, saat melakukan daftar ulang kartu SIM prabayar, yang dia masukkan adalah NIK sebanyak dua kali. Akibatnya balasan yang ia terima adalah Format Salah.


NIK Pada KTP dan KK Berbeda, Bagaimana Ini?

Nah, hal ini juga dialami oleh teman saya, NIK pada KTP dan pada KK berbeda pada angka terakhirnya. Jadi yang mana yang benar?

Sejujurnya, saya juga pernah mengalami perubahan NIK pada angka terakhir, sebelum adanya KTP elektronik. Tapi saat ini NIK pada KTP dan KK tidak ada perbedaan. Untuk masalah yang satu ini saya sendiri belum tahu bagaimana solusinya.

Yang bisa saya sarankan adalah coba dulu registrasi dengan NIK sesuai KTP, jika gagal, coba yang NIK yang tertera di KK.

Demikianlah cara mengetahui NIK dan Nomor KK pada Kartu Keluarga. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

21 Comments

  1. Waduuuhhhh saya makin pinter nich berkat tulisan Mbak diatas, jadi kalau regestrasi ulang bisa terhindarkan dari kesalahan.

    ikut2an ahhhh...nulis prihal regestrasi siap tahu bikin bisa bersaing dengan artikel Mbak di Mesin Pencari. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Kang tulis saja. Rezeki siapa yang tahu.

      Saya sih asal tulis aja berdasarkan pengetahuan saya. Soalnya saya yakin sudah banyak juga yang nulis, hehe.

      Delete
    2. Saya persilakan orang lain yang duluan nulis, biar saya bisa nyontek...hehe. :) ( gaya blogger Write )

      Delete
  2. Ini yang saya cari selama ini teh :) |o|

    ReplyDelete
  3. Gimana cara kita cek nomor nik kk yg lama soal nya mnatan istri sya udh buat yg baru saya udh mnta ke klurahan tp gk bisa hrus ada kk lama.mohon solusi nya maksh..wa.083898957528

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor NIK di KK tidak akan berubah, meskipun KK nya diganti. NIK di KK sama dengan NIK di KTP.

      Untuk KK nya sendiri, jika sudah tidak ada , coba cari fotokopinya. Siapa tahu masih ada.

      Delete
  4. Gimana caranya melihat no. KK lewat online ? Soalnya fotocopy kk saya ketinggalan dikos. Dan ni saya mau registrasi kartu

    ReplyDelete
    Replies
    1. No KK saat ini memang tidak bisa dilihat online. Takutnya ada panyalah gunaan. Coba hubungi teman di kosan. Atau hubungi orang tua atau saudara untuk menanyakan nomor KK.

      Delete
  5. sangat membantu sist😊😊😊 sampai2 emak saya dengan saya berdebat gara2 NIK dan NO KK itu sama apa nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, alhamdulillah jika artikel ini bisa membantu. :)

      Delete
  6. Gan..
    Tulisannya bagus..bahasa nya enak dibaca..heee

    Salam kenal
    Andez

    ReplyDelete
  7. Kalo nomor yg diawali huruf "K" dipojokkan kanan atas KK itu nomor apa ya? Ada yg tau? Soalnya saya baru buat dan tidak ada angka itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tidak tahu. Tapi belum pernah ada yang make nomor tersebut. Mungkin cuma nomor kertas.

      Delete
  8. makasih infonya bermanfaat banget buat daftar cpns 2021~

    ReplyDelete
  9. Ibu saya sdh meninggal nama x maria Goretti tumirah.... Saya pengen tau no nik kk saya gmna min.... Soal x berkas nya udah lama hilang

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar