Pengalaman Ikut Program BISA, Belajar Islam dan Bahasa Arab

September 11, 2017
Ada banyak pembelajaran online di internet untuk pembelajaran bahasa. Salah satunya adalah program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab).

Pertama kali kenal program ini waktu baca pesan yang dikirim oleh seorang teman di grup WA (WhatApps). Berhubung saya memang ada niat untuk memperdalam Bahasa Arab, saya pun mendaftar program BISA.

Ada dua jenis program BISA, ada yang gratis yaitu program reguler, ada juga yang premium yang harus bayar. Sebagai pemula, saya daftar yang gratis saja. Pendaftaran dilakukan lewat WA, terpisah untuk ikhwan dan akhwat. Adapun link buku pembelajaran juga dibagikan di info pendaftaran dan wajib di download.

Sepintas, aturan di program BISA reguler terlalu ketat, karena jika tidak mengerjakan tugas, terancam DO atau dikeluarkan dari grup. Tapi menurut saya aturan tersebut bagus juga, sehingga pembelajaran bisa dihadapi dengan lebih serius. Jika sekedar main-main, masih ada pembalajaran yang lain.

Selain itu saya adalah tipe orang yang tidak konsisten belajar apabila tidak ada ketegasan. Ada banyak aplikasi pembelajaran bahasa di HP yang tidak tuntas saya pelajari karena mood yang berubah dan malas. Dengan adanya peraturan dan ancaman DO saat tidak mengerjakan tugas, saya pun malah bersemangat ikuti BISA.

Para peserta yang terdaftar akan dibagi menjadi beberapa grup WA. Di setiap grup ada musyrif/musyrifah yang akan membimbing dalam pembelajaran.

Pada program BISA, cabang Bahasa Arab pertama yang dipelajari adalah ilmu Shorof.

Pembelajaran BISA berlangsung selama dua bulan dengan silabus yang telah ditentukan. Selain materi dalam bentuk ebook, setiap pekan dalam grup WA dibagikan rekaman pembelajaran berupa audio dan video untuk dipelajari. Pada hari Minggu diadakan Muhadarah atau tanya jawab untuk pendalaman materi yang belum dihadapi.

Selain itu juga terdapat soal pemanasan dan kuis untuk meningkatkan pemahaman. Ada hadiah pulsa setiap pekannya bagi peserta pertama dengan jawaban yang benar. Setiap pekan ada PR tertulis dan hafalan yang harus dikerjakan berdasarkan materi pekan itu.

Pada pekan terakhir diadakan ujian tertulis juga hafalan. Kata yang diujikan biasanya diambil dari ayat Al Quran. Ujian akhir memuat semua materi yang telah diajarkan.

Pengalaman Ikut Program BISA, Belajar Islam dan Bahasa Arab

Saya senang bisa ikut program BISA, karena akhirnya saya bisa lebih faham tentang ilmu Sharaf.

Dalam menjalani pembelajaran ada beberapa aplikasi yang hendaknya terpasang di andorid seperti keyboard bahasa Arab yang bisa pakai harakat, dan aplikasi kamu Bahasa Arab

Baca juga Cara Menulis Arab di Android

Setelah program BISA ada program lanjutan yaitu BINA, Belajar Ilmu Nahwu. Untuk bina berlangsung selama tiga bulan. Saat ini saya masih dalam tahap pembelajaran. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program BISA dapat mengunjungi situs resminya di www.bisa.id

Demikianlah pengalaman selama mengikuti program BISA, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
September 12, 2017 at 9:30 AM delete

sepertinya Asyik juga yach Mbak....belajar secara Online,gratis dan kita mendapat banyak pengetahuan.

Selamat Belajar yach Mbak , ditunggu info selanjutnya.... :)

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon