3 Alternatif Pengganti Untuk Tombol Keyboard Yang Tidak Berfungsi

Sekarang saya sedang rajin semangat untuk mengetik dan menulis artikel. Untuk mendukung hal tersebut saya sengaja mengetik menggunakan laptop supaya lebih lancar. Namun belum sampai satu minggu saya disibukkan dengan kegiatan menulis, saya pun menemui sebuah kendala yang cukup pelik. Beberapa tombol keyboard tidak berfungsi.

Padahal malam tadi saya bisa mengetik dengan lancar. Tak ada masalah sedikit pun. Namun pagi ini saya menyalakan laptop dan mulai mengetik, saya dihadapkan dengan masalah tersebut. Ada pun beberapa tombol yang tidak berfungsi yaitu tombol backspace, huruf p dan beberapa angka. Sedangkan tombol-tombol yang lain bisa berfungsi dengan baik.

Saya mencoba mencari pemecahannya di internet. Dari informasi yang saya baca, kemungkinan besar masalahnya ada di hardware. Entah kotor atau apa. Ada pun kemungkinan di software saya sendiri kurang mengerti. Sudah coba restart laptop namun hasilnya masih belum berfungsi.

Lalu apakah akhirnya saya merajuk dan berhenti mengetik?

Untung saja semangat saya tidak ciut. Artikel ini pun tetap bisa ditulis dengan lancar menggunakan keyboard yang terbatas. Ada bebrapa cara yang saya lakukan untuk bisa mengetik sementara.

1. Pengganti Tombol Backspace

Secara umum tombol backspace berfungsi untuk menghapus karakter sebelumnya. Fungsi ini hampir sama dengan tombol delete yang menghapus karakter sesudahnya. Maka saya pun menggunakan tombol delete sebagai alternatif untuk menghapus.

Ketika ada karakter yang salah tulis, saya pun menggerakkan kursor sebelum karakter tersebut kemudian menekan tombol delete. Supaya tidak perlu repot-repot menggerakkan mouse, cukup gunakankan tombol ke samping untuk memindahkan posisi kursor. Jadi jari jemari tetap berada di atas keyboard.

2. Pengganti Tombol P

Dari 26 huruf alfabet saya beruntung hanya huruf p yang bermasalah. Sebagai alternatif, pertama saya mengcopy huruf p yang telah saya ketik sebelumnya atau mengcopy huruf p yang sudah ada di layar. Selanjutnya saya menekan tombol Ctrl V untuk mempastenya. Jadi setiap kali saya akan mengetik huruf p yang saya lakukan adalah menekan Ctrl v. Dengan begitu juga tak perlu menggerakkan kursor.

Cara ini bisa digunakan untuk menggantikan semua tombol berupa huruf, angka, dan karakter. Dengan asusmsi hanya satu tombol yang error. Jika ada lebih dari satu tombol, gunakan cara ini untuk tombol yang paling sering digunakan saat mengetik.

3. Menggunakan On Screen Keyboard

Ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk menggantikan keyboard yang error. Saya menjadikannya sebagai alternatif terakhir karena cara ini mau tidak mau mengharuskan saya harus menggerakkan mouse untuk mengetik karakter yang diinginkan. 

Burhubung beberapa tombol angka keyboard tidak berfungsi, mau tidak mau saya menggunakan cara ini. Untungnya, angka jarang muncul dari artikel, jadi sambil sesekali saja mengetiknya.

Untuk menampilkan keyboard on screen klik icon cari di menu bawah laptop, kemudian masukkan kata keyboard. Pilih On screen keyboard untuk menampilkannya di layar.

Demikianlah tiga alternatif yang bisa dilakukan untk mengetik saat ada tombol keyboard tidak berfungsi. Tentu saja ini hanyalah solusi sementara yang tidak menyelesaikan masalah sampai ke akarnya. Untuk itu, jika ada kesempatan, silakan bawa ke service komputer untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments