Artikel Matched Content di Blogspot Tidak Sesuai

September 09, 2017
Wah judulnya, ambigu ya. Silakan diteruskan supaya tidak jadi ambigu :)

Sebelumnya saya sudah pernah menulis artikel tentang Matched Content. Matched Content adalah fitur dari google yang diberikan kepada situs tertentu untuk meningkatkan pageview berupa tampilan konten yang sesuai, mirip dengan artikel terkait.

Memperoleh Matched Content dari Google Adsense

Memperoleh matched content dari adsense seperti memperoleh hadiah besar. Dari beberapa blog yang saya miliki hanya blog ini yang pantas mendapatkannya. Saya pun sempat mencoba menganalisis, apa yang sudah saya lakukan agar memperolehnya di blogspot gratisan saya ini.


Memasang Matched Content di Blogspot

Setelah memperoleh fitur tersebut, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan dan langsung memasangnya di blog, persis di bawah artikel, sehingga tampilannya seperti artikel terkait. Rasanya senang melihat tampilan blog yang lebih semarak dengan matched content.

Sebagai percobaan, saya lihat dulu perkembangannya. Kebetulan waktu itu saya belum terlalu mengerti, jadi saya pikir ada banyak iklan di matched content yang saya miliki.


Artikel di Matched Content Tidak Sesuai

Setelah beberapa hari, saya lihat tidak ada perubahan yang berarti di pageview blog saya. Jumlah iklan yang diklik pun tidak meningkat. Apa yang salah?

Selain itu, saya suka risih sendiri melihat artikel yang ada di matched content. Ini iklan apaan sih?

Saya mencoba menengok-nengok tampilan matche content di situs-situs besar maupun kecil sebagai perbandingan. Dan saya pun menemukan sesuatu yang tidak pernah saya duga sebelumnya.

Selama ini artikel yang saya kira iklan di matched content ternyata bukan iklan, melainkan artikel dari blog orang lain. Dengan kata lain saya telah mempromosikan konten orang lain tanpa saya sadari dan membuat pembaca meninggalkan blog ini saat mengklik matched content.

Kelebihan dan Kekurangan Matched Content di Blogspot

Dengan kata lain, setelah memasang matche content di blogspot ada kelebihan dan kekurangan yang saya peroleh.

Kelebihan

- Tampilan blog menjadi sedikit lebih menarik (atau mungkin tetap tidak menarik)

Kerugian

- Artikel yang ditampilkan dari blog orang lain
- Belum ada iklan
- Setiap klik malah membuat pembaca meninggalkan blog saya

Sempat galau. Seperti memperoleh hadiah tapi tidak bisa menggunakannya, atau mungkin memang tidak bisa digunakan.

Perbedaan TLD dan Domain Gratis

Saya mencoba berselancar lagi. Apa yang membuat matched content di blog saya berbeda denan punya orang lain yang bagus-bagus.

Dan jawabannya ada pada domain. Blog lain yang memasang matched content adalah blog dengan domain TLD. Sedangkan blog saya masih menggunakan blogspot. Inikah bedanya yang gratis dengan berbayar?

Saya mencoba browsing di internet tentang artikel yang membahas matched content. Saya kunjungi terutama yang masih blogspot. Kenyataannya tidak ada yang memasang matched content, meskipun menulis artikel tentang hal tersebut. Mungkinkah mereka juga mengalami hal yang sama?

Matched Content dan Rediret Blogspot.co.id

Saya tengok-tengok lagi pengaturan adsense. Karena adanya redirect domain sesuai negara, maka blog ini memiliki beberapa alamat yang berakhiran .com, .co.id, .sg, dan .my.

Saat melihat preview matched content, sudah terlihat, memang artikel orang lain yang muncul untuk .co.id maupun domain lainnya. Tapi jika alamatnya berakhiran .com maka yang tampil adalah artikel terkait dari blog saya sendiri. Ini adalah penemuan yang menyenangkan.

Selama ini saya tidak pernah berniat untuk melakukan redirect blogspot karena tidak ada pengaruh besar. Tapi karena ada kasus dengan matched content saya pun mencari scriptnya dan mengatur redirect ke blogspot.com untuk blog ini.


Setelah saya mengalihkan domain blog ke blogspot.com dan memasang matched content, tampilan blog ini menjadi bagus sekali. Senang saja memandangnya, meskipun belum bisa disisipi iklan.

Bagaimana dengan pageview blog?

Jawabannya meningkat dengan drastis.

Keuntungan Memasang Matched Content di Blogspot.com

- Artikel yang muncul adalah artikel di blog sendiri
- Jika diklik akan menuju blog sendiri
- Pageview meningkat drastis
- Tampilan blog menjadi lebih menarik (kali ini serius)

Setelah itu saya benar-benar menikmati keuntungan dari matched content. Setidaknya berlangsung lebih dari dua bulan. Selama itu pula saya rajin update artikel minimal satu kali seminggu.

Meta Tag Sosial Media

Layaknya manusia, tidak pernah puas dengan keadaannya. Ada satu hal yang sempat membingungkan saya. Kenapa artikel di matched content saya selalu dimulai dengan judul blog dan baru diteruskan dengan judul artikel. Sedangkan milik orang lain, langsung ke judul artikelnya saja. Saya pun kembali galau.

Browsing sana-sini. Coba edit template ini dan itu. Rupanya masalah ada di meta tag sosial media yang saya pasang. Nanti lah saya bahas lebih dalam kapan-kapan.

Akhirnya setelah saya perbaiki berangsung-angsur tampilan matched content menjadi lebih baik. Ah, senang rasanya.

Artikel Matched Content di Blogspot

Loading Blog dan Redirect Loop

Tapi,,,

Kenapa ya, kadang kalo lagi browsing dan membuka blog sendiri loadingnya lama banget. Blog orang lain lebih cepat dibuka. Masalah apa lagi ini?

Bahkan selama satu menit kadang halaman blog belum tempil. Memang jaringannya sedang lelet, tapi blog orang lain bisa, kenapa blog saya lola?

Saya perhatikan pojok kiri monitor yang biasanya menampilkan aktivitas loading. Rupanya, server sedang bolak balik antara blogspot.com dengan blogspot.co.id. Adik saya bilang istilahnya, redirect loop. Istilahnya dia muter-muter di sana dan gagal untuk meloading laman.

Hal ini terjadi karena saya menggunakan redirect ke blogspot.com dipadukan dengan jaringan yang lelet. Pada saat jaringan stabil dan lancar tidak ada masalah.

Saya pun jadi mikir-mikir lagi. Mungkin ini juga yang menyebabkan bounce rate di blog ini sangat tinggi.

Pas saya browsing lagi, beberapa blogger menyatakan redirect bisa menyalahi aturan adsense. Benarkah? Redirect yang seperti apa?

Keputusan redirect berhubungan dengan matched content. Yang paling memberatkan saat ini adalah kesadaran bahwa loading blog menjadi sangat lambat.

Kembali ke Titik Nol

Akhirnya dengan agak berat hati, redirect dan matched content saya copot dulu sampai waktu yang belum ditentukan. Lebih tepatnya sampai saya menemukan solusi yang lebih baik.

Duh, artikel ini bawaannya jadi kaya curhat ya. Semoga bermanfaat bagi yang mengalami masalah serupa. Salam blogger.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Kang Nata
AUTHOR
September 12, 2017 at 9:37 AM delete

iklan MC dari GA Memang idaman Para Blogger Mbak...saya juga sedang mengidamkannya, namun belum kesampaian, sebab ingin juga merasakan yang konon katanya kalau iklan MC di pasang trafik naik dengan makyusss.....

ohy Mbak kok iklan dibawah judul / samping artikelnya sedikit memepet dengan tulisan artikel dan kurang enak dipandang melalui desktop.

coba dech diperbaiki... ( cuma saran sich ...hehe )

Reply
avatar
September 16, 2017 at 2:26 AM delete

Terima kasih sarannya. Nanti saya lihat dulu, seperti apa baiknya.

Reply
avatar
ina wahyu
AUTHOR
October 20, 2017 at 1:24 PM delete

informastif banget artikelnya,
sayangnya kok jadi kemana-mana ya :)

Thank

Reply
avatar
October 20, 2017 at 3:17 PM delete

Haha, maklum, yang nulis sekalian curhat. :)

Reply
avatar
Randy cz
AUTHOR
October 22, 2017 at 4:43 PM delete

Tepatnya tanggal 21 Oktober kemarin saya dapat iklan matched Content
Tapi setelah saya pasang yang muncul malah iklan blog orang lain
Jadi solusi terbaik adalah harus berpindah ke domain TLD kah mbak ? Agar iklan matched content bisa tampilkan artikel blog sendiri

Reply
avatar
October 22, 2017 at 6:52 PM delete

sebenarnya bisa pake redirect ke blogspot.com, saya melakukannya selama 2 bulan dan berhasil, walaupun ada beberapa kekurangan.

Jika pindah ke TLD lebih baik lagi. Tapi tidak bisa langsung pakai matched content. Menunggu artikel domain baru banyak yang terindeks dulu.

Reply
avatar
October 22, 2017 at 6:54 PM delete

Tambahan lagi, sebelum memutuskan pindah ke TLD, pertimbangkan akun adsense yang dimiliki. Jika akun hosted, malah iklan tidak bisa dipasang sama sekali di TLD.

Reply
avatar
Randy cz
AUTHOR
October 23, 2017 at 6:00 PM delete

Kalau di redirect ke blogspot.com sering lemot
Disini saya sudah punya domain net gratisan. tapi mau upgrade ke akun non hosted belum dapat pin dari google.

Terima kasih infonya sukses selalu

Reply
avatar
October 23, 2017 at 9:30 PM delete

Sama-sama. Salam sukses juga :)

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon