Cara Mudah Baca Ebook Legal dan Gratis

Salah seorang teman saya sedang mengerjakan tugas kuliah. Ia memerlukan buku Dasar-dasar Manajemen dari George Terry sebagai salah satu rujukannya. Berhubung perlu cepat ia pun berusaha mencari file PDF nya di internet. Hasilnya tidak ditemukan.


Tidak bisa disalahkan juga sih, namanya Ebook berupa PDF di internet kebanyakan adalah file bajakan. Kecuali memang ebook gratis yang sengaja dibagikan oleh penulisnya sendiri. Sisanya adalah ilegal.

Saya mengusulkan jika dia memang perlu bukunya, beli di Shopee saja, banyak kok yang jual. Tapi jika beli online waktunya juga tidak keburu, karena perlu cepat. Jadi dimana kami bisa mendapatkan file buku tersebut.

Cara Baca Ebook Online Gratis dan Legal

Ada satu situs yang menyediakan tempat baca ebook buku gratis dan legal di Indonesia, yaitu iPusnas. Cukup download aplikasinya dan pinjam buku di sana.

Cara Pinjam Buku di iPusnas

Download dan instal aplikasi iPusnas

Login menggunakan email

Cari buku yang ingin dipinjam dengan menulis judul buku atau nama penulis

Pilih Buku

Klik Pinjam

Hanya saja, kadang jumlah buku di iPusnas terbatas, dan bisa jadi semua salinan buku yang ingin kita pinjam sedang dipinjam orang lain. Akibatnya kita tidak bisa meminjam buku yang kita inginkan. Kadang klik antrian pun lumayan panjang. Ini juga yang kami alami saat mencari buku Dasar Manajemen dari George Terry. 

Mau tidak mau kami memikirkan cara lain.

Mencari Ebook di Google Book

Berikutnya saya berpikir mencari Ebook di Google Book. Ada beberapa ebook gratis di sana. Meskipun Ebook dari buku cetak kebanyakan berbayar.

Saya memasukkan kata kunci George Terry dan menemukan buku Dasar-dasar Manajemen. Ada harga yang tertera yang artinya harus beli jika ingin membaca keseluruhan buku.

Berita baiknya kita bisa membaca sampel buku secara gratis. Misalnya untuk buku Manajemen yang berisi 282 halaman ini, kita bisa membaca 50 halaman pertama secara gratis.

Kebetulan apa yang teman saya butuhkan ada di bagian awal buku. Tapi ia bisa membaca dan mengutip apa yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasnya. Ternyata mencari buku memang perlu seni ya.

Kesimpulannya jangan terlalu berharap semua buku ada ebook berupa PDF di internet. Tapi jika memang perlu membacanya bisa mempertimbangkan iPusnas untuk pinjam ebook gratis. Bisa juga mencari di Google Book untuk mencari sampel isi buku tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments