Cara Memprint Dokumen PDF Hasil Scan Agar Tidak Gelap

Salah seorang keponakan saya mengirimkan dokumen dalam bentuk PDF agar diprint. Dokumen yang ia kirimkan adalah scan Ijazah, Kartu Keluarga, dan beberapa sertifikat. Hanya saja dokumen PDF yang ia kirimkan tampilannya mirip dengan hasil scan gambar, dimana warnanya tidak putih bersih. Akibatnya ketika diprint kertasnya berwarna abu-abu dan tampilannya tidak enak dilihat. Bahkan kalah bersih dari hasil fotokopi biasa. Padahal rencananya berkas tersebut mau digunakan untuk melamar kerja.

Idealnya memang cukup fotokopi langsung dokumen aslinya. Tapi berhubung sudah malam dan dia sedang ada di kota sebelah, jadi cuma mengirimkan dokumen PDF hasil scan saja. Pertanyaannya, bagaimana caranya supaya saya bisa memprint dokumen tersebut agar tampilan kertasnya tetap berwarna putih dan bukan abu-abu?

Setelah mencoba beberapa aplikasi, akhirnya saya berhasil mengedit dokumen PDF tersebut menggunakan aplikasi ClearScanner di android. Hasil print pun bersih seperti halnya fotokopi biasa. Berikut caranya :

Cara Memperbaiki Dokumen PDF hasil Scan Agar Putih Bagus Saat Diprint

1. Buka Dokumen PDF yang ingin di edit menggunakan aplikasi ClearScanner. Pada kasus saya, dokumen saya terima di aplikasi WhatsApp. Biasanya saat mengklik dokumen ada pilihan untuk membukanya dengan aplikasi apa. Nah, di sini saya pilih aplikasi ClearScanner.

2. Setelah dokumen dibuka dengan aplikasi ClearScanner, klik gambar.
3. Pilih ikon crop di bagian atas. Silakan sesuaikan sesuai kebutuhan.
4. Klik Ceklis di pojok kanan bawah.
5. Di bagian atas, pilih Dokumen atau Jelas
6. Pilih Ceklis di pojok kanan bawah


7. Terakhir klik bagikan di pojok kanan bawah.
8. Kita bisa membagikan dokumen lewat WhatApps, Drive, atau pun aplikasi lain yang terinstal di HP.
9. Sebelumnya kita juga bisa mengganti nama dokumen atau memilih ukuran.

Demikianlah cara memperbaiki dokumen PDF hasil scan agar hasilnya bagus ketika diprint. 

Sedikit berbicara tentang dokumen PDF hasil scan, biasanya kita memang suka menampilan kualitas dan warna terbaik jika dokumen tersebut digunakan untuk mengirim berkas dalam bentuk file. Hanya saja hasil scan dengan warna asli biasanya tidak cocok jika kita ingin memprint dokumen tersebut. 

Oleh karenanya saat menscan dokumen ada beberapa pilihan warna. Untuk dokumen seperti surat dan sejenisnya biasanya dipilih warna dokumen supaya lebih mudah jika ingin diprint  kembali. 

Sebenarnya ada beberapa aplikasi scanner di android yang bisa jadi pilihan. Saya memilih aplikasi ClearScanner karena beberapa kelebihan:

- Ukuran aplikasi kecil dan ringan
- Mudah digunakan
- Tidak mengandung watermark

Demikian artikel kali ini.
Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments