Kelebihan dan Kekurangan Paket Mbps by.U

Bulan Agustus lalu by.U mengeluarkan beberapa kebijakan baru terkait paket Mbps yang mereka tawarkan. Keputusan tersebut menyebabkan para pelanggan mulai mencari alternatif paket unlimited dari provider lain. Meskipun akhirnya beberapa masih bertahan menggunakan paket Mbps by.U. Saya salah satu diantaranya.

Mengapa saya menyebutnya paket Mbps dan bukan paket unlimited. Mungkin saya mengikuti cara by.U menyebut paket yang mereka jual sebgai paket Mbps. Tapi di tempat lain mereka tetap menyebutkannya dengan sebutan unlimited. Unlimited yang sekarang juga dibatasi oleh FUP sebagaimana paket unlimited lain dari provider yang berbeda.

Berbicara tentang sebutan Mbps dan unlimited, saya teringat salah satu cerita adik saya. Waktu itu dia baru beli kartu by.U. Setelah hampir satu bulan menggunakan paket unlimited, ia berencara untuk memperpanjang paket unlimited tersebut. Tapi dia tidak menemukan pilihan paket unlimited sama sekali. Bukan karena paketnya tidak ada. Tapi karena by.U tidak menyebutkan kata unlimited pada paket yang mereka jual. Hanya pernytaan 2 Mbps/30 hari. Setelah saya beritahu, baru adaik saya sadar.

Sebelum berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan paket Mbps dari by.U, mungkin ada baiknya kita menyebutkan apa saja paket Mbps yang by.U tawarkan.

Jenis Paket Mbps by.U


1. Yang Bikin Aman Jaya 1 Mbps 3 jam.
Seharga Rp 2.599. Kuota utuh tanpa dibagi-bagi aplikasi, jaringan, dan lokasi

2. Yang Bikin Aman Jaya 1 Mbps 1 hari
Seharga Rp 10.099. Kuota utuh tanpa dibagi-bagi aplikasi, jaringan, dan lokasi
3. Yang Bikin Makin Aman Jaya 1,5 Mbps
Seharga Rp 40.399 berlaku 7 hari. Aman untuk streaming kualitas 480p
4. Yang Bikin Makin Aman Jaya 2 Mbps
Seharga Rp 151.499 berlaku 30 hari. Bebas langganan Disney+ Hotstar
Keempat jenis paket Mbps itu adalah apa yang terdapat pada aplikasi by.U yang saya miliki beserta harga yang tertera di sana. Sesuai kebijkan by.U, untuk kartu yang diaktivasi setelah tanggal 3 Agustus 2022 tidak akan menemukan pilihan paket ini pada menu by.U yang mereka miliki. 

Namun berdasarkan info yang saya baca, pengguna baru ada yang berhasil membeli paket tersebut lewat aplikasi lain seperti Shopee. Hanya saja ada selisih harga sedikit lebih mahal.

Selain itu, berdasarkan kebijakan baru, sejak tanggal 22 Agustus 2022, setiap paket Mbps dibatas FUP sebesar 100 GB. Apabila FUP sudah tercapai maka kecepatannya akan berkurang menjadi 128 Kbps. Kebijakan ini sempat membuat beberapa pelanggan kalang kabut. Walaupun akhirnya bisa menemukan solusi dan bertahan dengan by.U.

Kekurangan Paket Mbps By.U


- Kecepatan yang dibatasi

Masalah kecepatan bisa menjadi kekurangan sekaligus kelebihan. Tapi jika kita melihat angkanya, tentulah hal pertama yang kita lihat adalah kekurangan. Ketika jaringan 4G dan 5G sudah banyak digempurkan, hal ini tidak berkaitan sama sekali dengan paket Mbps. Karena sebagus apapun sinyal 5G, kecepatan paket Mbps tidak akan melebihan ketetapan dari paket yang dibeli. Maka jika dibandingkan dengan paket unlimited dari provider lain, tentu saja kecepatan paket Mbps dari by.U adalah yang paling payah. Kalo mau download atau upload dengan ukuran besar, memang kudu bersabar.

- Dibatasi FUP

Baru beli paketnya saja, kecepatan sudah dibatasi. Dulu selama belum ada FUP, kecepatan yang dibatasi bukanlah masalah. Semenjak adanya FUP jadi semakin sering membandingkan dengan provider lagi. Ketika terkena FUP dan kecepatan semakin lambat, kesannya pelanggan terkena doble FUP.

Kelebihan Paket Mbps By.U


- Kecepatan Data yang Dibatasi

Seperti saya katakan, kecepatan yang dibatasi bisa menjadi kekurangan juga kelebihan. Ketika kecepatan paket Mbps disandingkan dengan FUP, dia juga bisa menjadi kelebihan tersendiri. Ibarat dua paket yang sama-sama dibatasi FUP 100 GB. Paket A kecepatannya dibatasi 2 Mbps. Sedangkan paket B kecepatan sesuai jaringan yang digunakan.

Berdasarkan aliran kecepatan tersebut, kemungkinan paket B lebih dulu terkena FUP karena tak ada kontrol. Sedangkan paket A lebih lambat terkena FUP karena kecepatan datanya yang memang lebih lambat. Boleh dikatakan paket Mbps bisa lebih hemat dalam penggunaan data.

- Batas FUP lebih besar

Jika dibandingkan dengan paket unlimited lain, sebenarnya FUP dari by.U termasuk paling besar. Untuk satu paket, FUP nya bisa mencapai 100GB. Selain itu by.U cukup jujur dan lantang mengungkapkan 100 GB ini. Ada lo paket lain yang cuma bilang ada FUP tapi tidak jelas FUP nya berapa banyak. Jadi menurut saya by.U masih cukup fair.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan paket Mbps by.U menurut saya sebagai pengguna. Saya berharap by.U tetap sukses supaya bisa memberikan paket internet yang lebih bagus dan murah lagi. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah, sayang juga ya, padahal pake unlimited yang kemarin bikin by.U jadi primadona

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar