Paket Unlimited By.U 2 Mbps Sekarang Ada FUP 100 GB

Sudah lebih setahun kami jadi pengguna paket unlimited By.U. Dari yang awalnya sempat menggunakan unlimited 1,5 Mbps sampai sekarang menggunakan paket Unlimited 2 Mbps. Meskipun kecepatannya dibatasi, yang paling menyenangkan dari By.U adalah tidak ada FUP.

Tapi, itu dulu!

Awal mulanya saya sedang mencari penjual kartu perdana By.U yang masih bisa mengakses paket Unlimited. Sebelumnya, sejak tanggal 3 Agustus 2022, By.U sudah tidak menyediakan paket unlimited bagi kartu perdana yang diaktifkan setelah tanggal tersebut. 

Nah, siapa tahu ada yang menjual kartu SIM bekas yang sudah diaktifkan dan bisa beli paket unlimited. Saya sendiri mencari kartu ini karena kemarin kaka ipar sempat nanya.

Dari hasil pencarian di Shopee, ternyata ada yang menjual kartu perdana yang meskipun baru diaktivasi tetap bisa beli paket unlimited. Belinya bukan lewat aplikasi By.U, tapi top up kuota lewat Shopee. Hanya saja dalam deskripsi produk dituliskan bahwa setelah pemakaian 100 GB, pengguna akan dikenakan FUP.

Kok beda dengan biasanya?

Saya pun browsing di internet untuk mencari info lebih lanjut. Di halaman pertama Google, belum ada artikel yang secara spesifik membahas hal ini. Meski begitu saya membaca komentar seseorang pada artikel yang saya baca bahwa sejak 22 Agustus 2022, paket unlimited By.U 2 Mbps dikenai FUP setelah penggunaan sebesar 100 GB. 

Sudah lebih dari satu sumber yang mengatakan demikian. Apakah mungkin hanya sebatas isu saja?

Akhirnya kami buka aplikasi By.U. Untuk paket unlimited yang kami gunakan tak ada keterangan FUP sama sekali. Padahal penggunaan bulan ini sudah lebih dari 100 GB dan kami tidak mengalami penurunan kecepatan.

Akhirnya kami menggunakan fitur live chat di aplikasi By.U dan menanyakan perihal FUP ini.

Jawabannya, cukup mengecewakan. 

Berikut Screenshotnya.
fup by u

By.U yang selama ini membanggakan paket unlimited tanpa FUP sekarang juga ada FUP sebesar 100 GB.

Aturan FUP ini berlaku bagi paket unlimited yang dibeli setelah 22 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB. Sedangkan paket yang dibeli sebelum waktu tersebut tidak termasuk dalam aturan ini.

Paket unlimited 2 Mbps yang kami gunakan saat ini dibeli pada tanggal 14 Agustu 2022. Oleh karenanya meski sudah menggunakan lebih dari 100 GB kami tidak terkena FUP. Tapi pembelian paket berikutnya akan terkena imbas aturan ini.

Bagi yang selama ini pemakaiannya kurang dari 100 GB, aturan ini tidak berpengaruh sama sekali. Tapi bagi pengguna seperti kami yang pemakaiannya lebih dari 100 GB, aturan baru ini berdampak besar. Jika masih ingin menggunakan paket ini maka harus lebih berhemat.

FUP dan Paket Unlimited

Dengan adanya aturan baru dari By.U ini, maka resmi sudah By.U telah mengikuti jejak para pendahulunya seperti Indosat, Telkomsel, Tri dan lainnya yang juga menyediakan paket unlimited naman dibatasi oleh FUP.

Padahal sebelum ada FUP, kecepatan ByU sudah dibatasi hanya 2 Mbps, setelah kena FUP kecepatannya semakin terbatas hanya dengan 128 Kbps saja. Kesannya malah lebih parah dari pada provider lain yang kebatasannya hanya dibatasi setelah terkena FUP, sebelum kena FUP kecepatannya bisa sampai 5G.

Tapi mungkin sisi positifnya, 100GB tidak akan cepat habis dengan kecepatan awal hanya 2 Mbps. Tapi nyatanya seua tergantung kepada pemakaian pengguna.

FUP oh FUP, unlimited akan FUP pada waktunya.
Baca Juga

Post a Comment

17 Comments

  1. Sabar mbak yg penting internetnya masih bisa konek, kalau cuma browsing2 cukup lah 128 kbps itu tapi entah apakah kuat dipakai buat nonton maupun download?

    ReplyDelete
  2. Gak cukup pak 128Kbps itu untuk internetan normal, whatsap saja harus nunggu lama untuk centang 2, internet 128Kbps jaman sekarang itu sama saja dengan tidak punya koneksi internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya beralih ke paket lain supaya ngga kena FUP.

      Delete
    2. beginilah kalo sudah banyak peminatnya malah kulitas menurun, tolong dipertimbangkan lagi deh by.u kok malah datanya dibatasan FUP. kecepatan semula sudah dibatasi, sekarang malah dikurangi makin ajur lah, jadi dak enak banget. sudah paketanya lumayan mahal tambah malah kualitas menurun. apalagi daerah plosok itu jaringan ini yang ada, kalo ada pilihan lain udah lama pindah. wkwkwkwkw.

      Delete
  3. Bener. Baru kemarin kaget setelah anak protes saat di pake buat VC. Setahun pencarian provider unlimited tanpa FUP, berakhir sudah. Hahaha.

    ReplyDelete
  4. Iya nih,,ada saran ga yah paket Internet unlimited selain by.u yang terjangkau, pemakaian sih cuma buat Netflix aja di smart TV,, rata-rata pemakaian perbulan sekitar 209 Gb an lah,, ada saran pakai Internet apa?

    ReplyDelete
  5. Kirain jaringannya lemot ternyata fup

    ReplyDelete
  6. Sempat kaget saat mau beli paket ada info fup dan sudah tidak free Disney+. Akhirnya saya pending beli sambil cari-cari info paket yang lebih affordable. Kalau ada solusi bagi-bagi ya.

    ReplyDelete
  7. Hmmm akhirnya tiba juga waktu itu. Kirain jaringannya yang memburuk. masih ada paket yg lumayan bagus harganya di by.U, yaitu paket 10 GB/hari seharga 10.099. Untuk dapatein paket 150 GB, kita bayar Rp151.485, tapi ribet harus daftar tiap hari.

    ReplyDelete
  8. biasa lagu lama +62 kalo udah laku kualitas turun...payah payah

    ReplyDelete
  9. saya juga mengalami hal yg sama. sebelum ini by U adalah solusi internet keluarga sy yg tidak terjangkau jaringan Fiber Optik. sekarang terfikir utk tidak menggunakan byU karena batasan FUP ini. Terus terang ini mengecewakan kami.

    ReplyDelete
  10. Sama ternyata memang kebijakan baru by u unlimited sudah tidak unlimited lagi alias kena FUP setelah pemakaian 100GB, solusinya adalah cari lagi provider lain yg bisa unlimited beneran, hehe.mungkin ada saran mesti beralih ke provider mana ya? tks

    ReplyDelete
  11. Padahal sudah seneng pake ini provider, lumayan di tethering ke beberapa device untuk rakyat nomaden alias mobilitas tinggi. Eh ternyata ada FUP, beralih ke lain hati deh, 100Gb di provider lain hanya 125rebu dan full speed ( tergantung yang pegangin sinyal antena )

    ReplyDelete
  12. Jadi mikir mikir mau beli

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar