Paket Unlimited By.U 2 Mbps Sekarang Ada FUP 100 GB

Sudah lebih setahun kami jadi pengguna paket unlimited By.U. Dari yang awalnya sempat menggunakan unlimited 1,5 Mbps sampai sekarang menggunakan paket Unlimited 2 Mbps. Meskipun kecepatannya dibatasi, yang paling menyenangkan dari By.U adalah tidak ada FUP.

Tapi, itu dulu!

Awal mulanya saya sedang mencari penjual kartu perdana By.U yang masih bisa mengakses paket Unlimited. Sebelumnya, sejak tanggal 3 Agustus 2022, By.U sudah tidak menyediakan paket unlimited bagi kartu perdana yang diaktifkan setelah tanggal tersebut. 

Nah, siapa tahu ada yang menjual kartu SIM bekas yang sudah diaktifkan dan bisa beli paket unlimited. Saya sendiri mencari kartu ini karena kemarin kaka ipar sempat nanya.

Dari hasil pencarian di Shopee, ternyata ada yang menjual kartu perdana yang meskipun baru diaktivasi tetap bisa beli paket unlimited. Belinya bukan lewat aplikasi By.U, tapi top up kuota lewat Shopee. Hanya saja dalam deskripsi produk dituliskan bahwa setelah pemakaian 100 GB, pengguna akan dikenakan FUP.

Kok beda dengan biasanya?

Saya pun browsing di internet untuk mencari info lebih lanjut. Di halaman pertama Google, belum ada artikel yang secara spesifik membahas hal ini. Meski begitu saya membaca komentar seseorang pada artikel yang saya baca bahwa sejak 22 Agustus 2022, paket unlimited By.U 2 Mbps dikenai FUP setelah penggunaan sebesar 100 GB. 

Sudah lebih dari satu sumber yang mengatakan demikian. Apakah mungkin hanya sebatas isu saja?

Akhirnya kami buka aplikasi By.U. Untuk paket unlimited yang kami gunakan tak ada keterangan FUP sama sekali. Padahal penggunaan bulan ini sudah lebih dari 100 GB dan kami tidak mengalami penurunan kecepatan.

Akhirnya kami menggunakan fitur live chat di aplikasi By.U dan menanyakan perihal FUP ini.

Jawabannya, cukup mengecewakan. 

Berikut Screenshotnya.
fup by u

By.U yang selama ini membanggakan paket unlimited tanpa FUP sekarang juga ada FUP sebesar 100 GB.

Aturan FUP ini berlaku bagi paket unlimited yang dibeli setelah 22 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB. Sedangkan paket yang dibeli sebelum waktu tersebut tidak termasuk dalam aturan ini.

Paket unlimited 2 Mbps yang kami gunakan saat ini dibeli pada tanggal 14 Agustu 2022. Oleh karenanya meski sudah menggunakan lebih dari 100 GB kami tidak terkena FUP. Tapi pembelian paket berikutnya akan terkena imbas aturan ini.

Bagi yang selama ini pemakaiannya kurang dari 100 GB, aturan ini tidak berpengaruh sama sekali. Tapi bagi pengguna seperti kami yang pemakaiannya lebih dari 100 GB, aturan baru ini berdampak besar. Jika masih ingin menggunakan paket ini maka harus lebih berhemat.

FUP dan Paket Unlimited

Dengan adanya aturan baru dari By.U ini, maka resmi sudah By.U telah mengikuti jejak para pendahulunya seperti Indosat, Telkomsel, Tri dan lainnya yang juga menyediakan paket unlimited naman dibatasi oleh FUP.

Padahal sebelum ada FUP, kecepatan ByU sudah dibatasi hanya 2 Mbps, setelah kena FUP kecepatannya semakin terbatas hanya dengan 128 Kbps saja. Kesannya malah lebih parah dari pada provider lain yang kebatasannya hanya dibatasi setelah terkena FUP, sebelum kena FUP kecepatannya bisa sampai 5G.

Tapi mungkin sisi positifnya, 100GB tidak akan cepat habis dengan kecepatan awal hanya 2 Mbps. Tapi nyatanya seua tergantung kepada pemakaian pengguna.

FUP oh FUP, unlimited akan FUP pada waktunya.
Baca Juga

Post a Comment

5 Comments

  1. Sabar mbak yg penting internetnya masih bisa konek, kalau cuma browsing2 cukup lah 128 kbps itu tapi entah apakah kuat dipakai buat nonton maupun download?

    ReplyDelete
  2. Gak cukup pak 128Kbps itu untuk internetan normal, whatsap saja harus nunggu lama untuk centang 2, internet 128Kbps jaman sekarang itu sama saja dengan tidak punya koneksi internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya beralih ke paket lain supaya ngga kena FUP.

      Delete
  3. Bener. Baru kemarin kaget setelah anak protes saat di pake buat VC. Setahun pencarian provider unlimited tanpa FUP, berakhir sudah. Hahaha.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar