Cara Menghilangkan Ikon Kamera di Layar Kunci Android

Saat sedang santai, ada beberapa siswa yang pinjam HP saya. Mungkin mereka tertarik melihat casingnya. Di tempat kami siswa memang tidak boleh membawa HP. Saya meminjamkan HP sebentar untuk mereka pegang, toh layarnya terkunci.

Rupanya, saat mereka melihat layar kunci dan membahas apakah fotonya asli atau editan, mereka melihat ikon kamera. Begitu di klik, kamera pun langsung terbuka. Mereka pun mulai asyik foto-foto.

Saat itu mereka saya biarkan saja. Toh nanti terserah saya, mau hapus fotonya atau tidak. Setelah saya rasa cukup, saya pun mengambil kembali HP saya dari mereka.

Setelah itu saya mulai berpikir. HP saya kan terkunci, kenapa kamera tetap bisa diakses. Maka saya pun mulai mencari jawabannya.

Kebanyakan tema dasar android memang menampilkan ikon kamera di layar kunci. Termasuk Xiaomi Redmi Note yang saya gunakan. Tapi sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk menghilangkan ikon kamera tersebut.

Cara Menghilangkan Ikon Kamera di Layar Kunci Android


Caranya adalah dengan mengganti tema yang kita gunakan di HP. Saat membeli HP baru, biasanya yang terpasang adalah tema bawaan pabrik. Nah, sebenarnya kita bisa dengan mudah mengganti tema tersebut sesuai selera kita. Setiap android biasanya ada aplikasi tema. Ada begitu banyak tema yang tersedia, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Nah untuk menghilangkan ikon kamera di layar kunci, gantilah tema HP menggunakan tema yang tidak menampilkan ikon kamera di layar kunci.

Ini adalah contoh tema yang menampilkan kamera di layar kunci.
Kunci layar

Sedangkan ini adalah contoh tema yang tidak menampilkan kamera di layar kunci.
Kunci layar tanpa kamera

Ada banyak sekali pilihan tema lainnya. Silakan pilih tema sesuai selera.

Untuk HP Xiaomi sendiri, kita bisa memilih apakah ingin menggunakan semua fitur dari tema mencakup layar kunci. Layar utama, sistem dan ikon, atau hanya memakai beberapa saja diantaranya. Yang pastinya, yang kita bahas kali ini adalah layar kuncinya.

Misalnya kalian menggunakan tema dengan layar kunci tanpa kamera. Kemudian memilih salah satu foto kalian di galeri untuk dipajang di layar kunci.  Maka otomatis, pengaturan layar kunci akan kembali ke tema default dimana ikon kamera adakan tampil. Jadi dalam hal ini kalian tak bisa memajang foto sendiri sesuka hati di layar kunci. 

Demikianlah artikel kali ini. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

2 Comments

  1. Android saya juga gini nih, ada ikon kamera, belum lagi kalau nggak sengaja kepencet, kameranya auto on.
    Bagus sih ya biar kalau mau foto, jadi nggak ribet, tapi jadi ribet juga kalau kita nggak butuh, eh kebuka sendiri :D

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar