Biaya Beban PTAM Intan Banjar Naik dari 15.000 Menjadi 90.000 Perbulan

Sejak beberapa bulan yang lalu salah seorang tetangga saya yang PNS memberitahu, bahwa ia mendapat kabar akan adanya kenaikan biaya beban PDAM yang kami gunakan. Selama ini biaya beban perbulan untuk rumah tangga seperti kami sebesar 15.000 rupiah kemudian ditambah biaya penggunaan air. Nah, ada kabar bahwa biaya beban akan naik menjadi 90.000 rupiah perbulan, dipakai atau pun tidak. 

Saya sendiri selama ini biaya membayar tagihan air di kisaran 60.000 per bulan. Jika biaya bebannya saja sudah 90.000 perbulan apalagi ditambah biaya penggunaan air.

Saya sempat sangsi dengan berita tersebut. Kok tega kenaikannya ngga tanggung-tanggung. Paling tidak kalau mau naik jadi 20.000 atau 30.000 masih masuk akal. Sedangkan kalau jadi 90.000, itu kenaikan beban sebesar 600%.

Sebagai warga yang baik, saya tidak serta merta termakan berita tersebut. Hanya dianggap angin lalu, walau kadang terucapkan juga saat menggosip. Setidaknya, saya memberitahu mama untuk tidak usah pasang saluran PDAM baru di rumah kontrakkan. Takutnya berita tersebut benar, wih, bebannya aja sudah mahal banget.

Saya pun mencoba mencari berita di internet untuk memastikan.

Untuk daerah tempat tinggal saya, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru menggunakan air ledeng dari PDAM Intan Banjar. Informasi pertama yang saya dapatkan adalah PDAM Intan Banjar berubah status menjadi PT Air Minum Intan Banjar . Yang semula statusnya adalah Perusahaan Daerah statusnya telah berganti menjadi Perseroan Terbatas (Perseroda). 

PT Air Minum Intan Banjar sebenarnya bukanlah PDAM pertama yang merubah statusnya menjadi Perseroda. Di beberapa daerah lain juga ada PDAM yang berubah menjadi PTAM, diantaranya PTAM Bandarmasih di Banjarmasin.

Yang pastinya, perubahan status ini juga menyebabkan sejumlah perubahan lainnya. Salah satu berita yang banyak dimuat adalah kenaikan tarif air sebesar 20%. Kenaikan sebesar 20% ini akan sangat terasa bagi pengguna yang penggunaan airnya banyak setiap bulannya. Sedangkan bagi yang penggunaannya di bawah 10 m3 perbulan, kenaikan tarif ini tidak akan terasa signifikan. Kenaikan ini dinyatakan berlaku mulai Juli.

Hanya saja, dari hasil pencarian, tidak ada yang menyatakan akan adanya kenaikan biaya beban. Bahkan saya mengunjungi laman resmi PTAM Intan Banjar yang masih beralamat pdamintanbanjar.co.id, namun info tersebut tidak ditemukan. Hanya ada info tarif yang masih berlaku sejak tahun 2012.

Ketika saya bayar tagihan bulan Juli pada awal Agustus kemarin, tarif tagihan air tidak banyak berubah. Namun info akan adanya kenaikan biaya beban semakin sering terdengar. Mama saya bahkan mendengarnya langsung dari tetangga yang bekerja di kantor PDAM. Menurut mereka biaya beban sebesar 90.000 akan mulai diberlakukan bulan Agustus dimana pelanggan akan melakukan pembayaran di bulan Setember.

Sekarang sudah memasuki beluna September, seperti biasa, saya selalu bayar tagihan di awal bulan. Dan ternyata benar saja, biaya beban yang semula hanya 15.000 naik menjadi 90.000. Maka bulan ini saya bayar tagihan air untuk rumah mama sebesar Rp 159.000 rupiah. Padahal mama cuma tinggal berdua dengan nenek. 

Cara Melihat Tagihan Air PTAM Intan Banjar


Untuk rincian tagihan air ini, setidaknya PTAM Intan Banjar cukup fair. Tagihan ini bisa dilihat online melalui link berikut.

Cukup masukkan Nomor Pelanggan
Klik Lihat
Rincian pembayaran hingga 10 bulan sebelumnya bisa dilihat
Tagihan air

Saking terbukanya situs ini, kita bahkan bisa melihat tagihan air milik tetangga atau orang lain. Cukup ganti angka terakhir dari nomor pelanggan kita, maka akan muncul data milik pelanggan lain. 

Dari hasil melihat-lihat tagihan air milik orang lain, saya seakan ikut merasakan berapa kagetnya para pelanggan yang menerima tagihan air bulan ini. Beberapa diantaranya terbiasa membayar 20.000 perbulan. Namun dengan kenaikan tarif biaya beban ini, maka tagihan pun jadi di atas 100.000.

Sebagai tambahan biaya beban 90.000 ini untuk golongan tarif RT.A2 yang selama ini biaya bebannya tergolong rendah. Sedangkan untuk golongan tarif RT.A3, dan di atasnya maka biaya bebannya lebih besar lagi.

PDAM ataupun Perseroda adalah kebijakan daerah masing-masing. Apa yang terjadi di tempat saya tentu berbeda dengan tempat Anda. Harga air per meter kubik untuk tiap daerah tentu juga berbeda. Saya sendiri kurang tahu berapa rincian pembayaran PDAM untuk daerah lain. 

Kenaikan tagihan air ini cukup untuk membuat saya menulis artikel panjang lebar. Apalagi yang naik bulan ini bukan hanya PDAM tapi juga BBM yang merupakan kebutuhan sehari-hari. Hanya saja untuk BBM ini akan saya tuliskan di artikel lain. Bagaimana dengan biaya tagihan PDAM di tempat Anda?
Baca Juga

Post a Comment

2 Comments

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar