Update Sistem MIUI Xiaomi Redmi Note 10, Apa yang Beda?

Kemarin saya baru baca artikel di Blog Sarilah tentang menambahkan RAM virtual di HP Xiaomi. Begitu mencoba di HP sendiri ternyata tidak bisa, menunya tidak tersedia karena sistem android saya masih pakai MIUI 12.0.1. Sedangkan fitur tersebut hanya ada pada sistem MIUI 12.5 atau yang lebih tinggi.


Sebenarnya sudah lama ada notifikasi tentang pembaruan sistem. Tapi selama ini saya abaikan saja karena merasa tidak terlalu penting. Tapi setelah membaca artikel tersebut, akhirnya saya putuskan untuk melakukan pembaharuan.

versi miui

Untuk memperbaharui sistem saya harus mendownload pembaharuan versi MIUI 12.5.4 sebesar 2,3 GB. Perlu kuota yang banyak, saya putuskan untuk menggunakan WiFi. Setelah selesai mengunduh saya pun melakukan pembaharuan.

Ternyata setelah melakukan pembaharuan saya menemukan tidak hanya satu macam fitur baru, tapi juga ada notifikasi lainnya. Mari kita bahas beberapa diantaranya.

 1. Penambahan Memori

Ini adalah fitur yang membuat saya memutuskan untuk melakukan pembaharuan sistem. Dari artikel yang saya baca kemarin, kita bisa memperoleh penambahan RAM sebesar 1 GB.

memori tambahan

Ternyata pada HP saya Redmi Note 10 5G, bisa melakukan penambahan memori sebesar 3 GB. Rupanya besaran memori tambahan ini bervariasi tergantung tipe HP nya.

 2. Aplikasi Ganda

Begitu selesai melakukan update, ada notifikasi bahwa fitur aplikasi Ganda sudah bisa digunakan.

Selama ini, saya pikir orang yang biasanya menginstal dua akun WhatsApp pada satu HP harus menggunakan aplikasi tambahan. Ternyata pada versi MIUI 12.5 sudah ada menunya tersendiri.

aplikasi ganda

Saya pun bisa menggandakan berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lainnya dengan akun yang berbeda.

Kedua fitur tersebut adalah perubahan yang paling terasa bagi saya setelah melakukan pembaharuan dari versi MIUI 12.0 ke 12.5. Sebenarnya masih ada perubahan lain seperti sedikit perbedaan pada beberapa menu namun tidak terlalu signifikan.

Bahkan setelah selesai update ke veris 12.5.4 saya mendapatkan pemberitahuan sudah tersedia versi MIUI 13. Namun saya putuskan untuk memperbaharuinya besok saja. Mau mencoba versi 12.5 lebih dulu.

Demikianlah pengalaman setelah update MIUI dari versi 12.0 ke 12.5. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

4 Comments

  1. Wah mantap mbak, ternyata beda hape beda tambahan ram nya ya, kalo aku mentok 1 GB doang virtual ram nya.😂

    Btw, kalo aplikasi ganda seingat ku sih sudah lama.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayanya yang baru tahu soal aplikasi Ganda. HP orang sih sudah bisa dari dulu 🤭

      Delete
  2. Kalau yang Note 9 sudah mentok di versi 12.5, padahal ingin jajal versi 13

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah nyoba versi 13, namun ngga tahu dengan jelas perbedaannya dengan 12.5

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar