Kelebihan dan Kekurangan COD Saat Belanja Online

Cod Shopee

Hari ini ada kurir yang datang mengantar pakem ke rumah saya. Tapi barangnya bukan punya saya, melainkan milik sepupu. Tidak lupa saya membantunya untuk bayar dulu, karena ia menggunakan metode pembayaran COD.


Semenjak mengerti akan COD dan bisa menggunakan aplikasi Shopee, sepupu saya jadi sering belanja online. Metode pembayaran favoritnya adalah COD. Sedangkan saya sendiri belum pernah menggunakan COD untuk belanja online.

Apa kelebihan COD sehingga banyak yang memilih metode pembayaran ini?

Kelebihan COD

 1. Ada barang ada uang

Tidak dipungkiri, bahwa kegiatan belanja online yang mengharuskan pembeli membayar lebih dulu sebelum barang datang dirasa kurang nyaman bagi sebagian orang. Oleh karenanya, metode COD dimana pembeli baru membayar ketika barang sampai jadi pilihan yang lebih baik. Pembeli pun merasa lebih aman.

Tentu saja metode COD Shopee agak berbeda dengan COD yang dulu banyak dikenal. Meski kita hanya membayar saat menerima barang, kita tidak bisa langsung komplain ke kurir jika barang tidak sesuai. Ada prosedur tersendiri untuk pengembalian barang.

 2. Tidak perlu uang di rekening

Tidak semua orang memiliki uang di rekening. Terlebih lagi tidak semua orang punya saldo di e-wallet. Beberapa pembeli hanya memiliki uang tunai. Nah, dengan adanya metode COD ini, maka pembeli tak perlu repot dengan uang digital atau saldo rekening. Cukup bayar dengan uang di dompet.

Ini juga menjadi alasan utama sepupu saya memilih COD, soalnya uangnya lebih banyak di tangan dari pada di rekening.

Kekurangan COD

 1. Pembeli Harus Ada di Tempat

Metode COD mengharuskan kurir bertemu langsung dengan pembeli agar bisa menerima pembayaran. Tak mungkin barang ditaruh di depan pintu kemudian ditinggal pergi.

Bagi pembeli yang jarang ada di rumah, maka metode COD menjadi kurang efektif. Kasihan kurirnya kalo ngga ada yang menerima paket dan menyelesaikan pembayaran. Saya sendiri termasuk orang yang harus pergi kerja dan jarang di rumah saat jam kerja.

 2. Harus Menyediakan Uang Tunai

Meskipun saya kadang berada di rumah, saya lebih cenderung memilih metode pembayaran online seperti Shopeepay. Alasan utamanya, pembelian tersebut tetap harus dibayar, dan harus menyediakan uang tunai.

Malah saya harus menyesuaikan waktu khusus untuk melakukan pembayaran saat menerima barang. Kalo toh ujung-ujungnya tetap harus bayar, saya memilih membayar lebih dulu. Selain itu belanja lewat market place cenderung lebih aman karena pembayaran baru akan diteruskan ke penjual ketika barang sampai di pembeli.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan belanja online lewat COD. Dengan keadaan masing-masing, saya adalah orang yang memilih pembayaran online. sedangkan sepupu saya lebih senang COD. Anda termasuk yang mana?

Baca Juga

Post a Comment

6 Comments

  1. Saya belum pernah belanja Online dengan sitem pembayaran apapun. Maklum ... Nenek2 tiada selera belanja apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu mah ngga perlu belanja, cukup dibelikan sama cucu ya 🤭🤭🤭

      Delete
  2. Aku tim belanja online, semua2nya aku beli online, tapi baru 2x pake COD, yg pertama karna beli smartphone, yg kedua karna voucher free ongkirnya cuma bisa dipake buat metode COD.

    Kalau ga terpaksa bgt ga bakal pake COD sih mbak, ribet, soalnya aku kan kerja, jd paket biasa dilempar aja sama kurir ke teras, kalau kira2 barang yg rentan pecah aku kirim ke kantor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah beli smartphone online. Karena jauh, takut kenapa-napa di pengiriman. Biasanya beli barang lain aja, yang bebas ditumpuk-tumpuk 😅

      Delete
  3. Saya belum pernah sama sekali belanja pakai COD, pegimana mau COD, mau beli cilok lewat aja saya nggak punya uang wakakakkaak.
    Beli air galon aja saya transfer, saya jarang punya uang cash, bahkan nggak jarang kalau bener-bener butuh, terpaksa pinjam tabungan si Kakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang bayar-bayar bisa serba digital sih ya. Tapi repot juga kalo ngga ada cash sama sekali

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar