Intip 3 Tips Mudah Menabung Beli Mobil

Memiliki mobil pribadi adalah impian semua orang, namun semua itu haruslah dengan perencanaan yang matang. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menabung untuk membeli mobil adalah menentukan tujuan. Apakah beli mobil online termasuk dalam kebutuhan atau keinginan Anda?


Selanjutnya, Anda bisa memutuskan kira-kira mobil apa yang cocok dengan Anda, apakah mobil untuk keluarga, mobil untuk mobilitas pribadi, jenis city car, merk mobilnya apa, harganya berapa, dan yang lainnya. Anda bisa mempertimbangkan dan mencocokkannya dengan mobilitas Anda dan juga keluarga.

Setelah itu, yang paling penting adalah menyesuaikan dengan dana yang ada. Anda bisa memutuskan apakah mobil tersebut dibeli dengan cara tunai atau kredit. Jika membeli dengan tunai, apakah dananya sudah cukup dan tidak mengganggu kebutuhan yang lain? Jika membeli dengan kredit, apakah Anda sanggup melunasinya dalam tenggat waktu yang ditentukan?

Menentukan membeli mobil secara tunai dan kredit memang tidaklah mudah dan penuh pertimbangan. Jika Anda sudah yakin membeli mobil dengan kredit, pastikan Anda memilih perusahaan leasing yang aman, memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya, salah satunya adalah SEVA.

Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial, baik untuk mobil baru maupun over kredit. Selain itu, Anda juga bisa beli mobil online melalui website SEVA. Anda juga bisa menuliskan nomer telepon di website SEVA agar tim SEVA dapat menghubungi Anda.

Di SEVA, membeli mobil juga dimudahkan dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu Anda untuk memeriksa kondisi finansial terlebih dahulu sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk Anda di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

Setelah itu, apa yang harus dilakukan? Ya, benar, menabung. Bagaimana cara menabung yang tepat setelah memutuskan untuk beli mobil? Simak tipsnya berikut ini

Menabung di Awal Bulan

Pertama-tama, tentukan dulu apa saja kebutuhan yang harus dibayarkan tiap bulannya. Setelah itu tentukan berapa persen dari sisa gaji yang akan Anda tabung untuk tabungan mobil. Sebaiknya untuk tabungan masa depan, dana darurat, juga tabungan untuk mobil ditabung di rekening yang terpisah. Tujuannya adalah agar dana tidak tercampur dan menghindari terpakainya dana sebelum waktunya.

Satu cara mudah lainnya adalah dengan fitur auto debet di bank. Dengan fitur ini, Anda hanya tinggal tentukan berapa nominal yang akan di-auto debet untuk tabungan, nanti setiap bulannya, pihak bank akan mengambil dana tersebut untuk disimpan dalam rekening. Pada jangka waktu yang telah ditentukan, dana tersebut sudah bisa diambil, otomatis tabungan mobil anda akan aman karena disimpan oleh bank.

Hidup Hemat

Langkah kedua adalah dengan hidup hemat. Anda bisa mulai dengan kurangi belanja yang kurang penting dan tidak termasuk ke dalam kebutuhan sehari-hari. Tentukan dahulu apakah barang yang Anda akan beli termasuk ke dalam keinginan semata atau kebutuhan. Jika termasuk ke dalam keinginan, sebaiknya Anda tahan dulu membeli barang tersebut, karena lebih baik sisa uangnya Anda masukkan ke tabungan mobil.

Selanjutnya, Anda juga bisa mulai untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, hal ini akan menghemat pengeluaran Anda daripada beli makanan di luar, belum lagi harus bayar pajak dan ongkos kirimnya jika membeli makan secara online.

Cari Penghasilan Tambahan

Jika Anda merasa penghasilan perbulan Anda tidak mencukupi kebutuhan dan tabungan, Anda juga harus memikirkan untuk mencari penghasilan tambahan, misalnya jualan kue secara online, menjadi freelance photographer, freelance writer, dan lainnya. Untuk pengerjaannya, bisa di hari libur atau weekend. Ssstt, penghasilan tambahan bisa lebih besar dari penghasilan bulanan, lho. Menabung untuk beli mobil jadi lebih ringan, bukan?

Baca Juga

Post a Comment

3 Comments

  1. Hihihi aku nih yg lg pengen bgt punya mobil, kayaknya emang harus cari penghasilan tambahan deh, ngandelin gaji kayaknya gimana gitu hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan adanya penghasilan tambahan, nabungnya bisa lebih cepat, Mba ☺️

      Delete
  2. Tips menabung untuk beli mobil pertama adalah menabung di awal bulan, tapi sayangnya awal bulan maupun akhir bulan tidak beda buatku mbak, soalnya cuma tukang ojek.

    Hidup hemat, setuju ini. Kita harus hidup hemat, beli sesuai kebutuhan saja, jangan sesuai keinginan. Tapi menurutku beli mobil itu juga keinginan sih, bukan kebutuhan mendesak.😂

    Terakhir cari penghasilan tambahan. Betul banget, penghasilan tambahan nya itu jaga lilin atau gendong tuyul, akan cepat beli mobil tuh.🤣

    Atau mungkin penghasilan tambahan nya jadi anggota DPR kali ya.😁

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar