Berapa Perangko Untuk Kartu Pos ke Luar Negeri Terbaru?

Bagi yang baru akan mengirimkan kartu pos ke luar negeri, ini adalah pertanyaan penting. Berapa harga perangko untuk kartu pos ke luar negri?

Saat memulai kegiatan postcrossing saya pun bertanya-tanya mengenai hal ini. Hal yang paling mudah tentu saja dengan browsering di internet. Sayangnya, yang banyak saya temukan adalah artikel lama. Kemudian muncul pertanyaan lain, apakah masih berlaku hingga sekarang?

Sampai akhirnya saat ini saya sudah beberapa kali mengirim dan menerima kartu pos dari luar negri. Saya pun bisa dengan yakin menjawab, bahwa tarif perangko untuk kartu pos ke luar negri sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2013 tentang Tarif Layanan Pos Universal, masih berlaku hingga sekarang pada tahun 2022.
Tarif perangko
Adapun tarif perangko untuk kartu pos ke luar negri yang masih berlaku hingga sekarang adalah sebagai berikut:

1. Kawasan Asia-Pasifik Zona 1 dan 2 yaitu 6.000
2. Kawasan Asia-Pasifik Zona 3, Eropa dan Afrika yaitu 7.000.
3. Kawasan Amerika yaitu 8.000

Yang termasuk Kawasan Asia-Pasifik Zona 1,2 dan 3 yaitu seperti pada tabel di bawah. 
Zona pos universal
Untuk lebih lengkapnya bisa download melihat langsung dari link berikut.


Tips Mengirimkan Kartu Pos Ke Luar Negeri


Meskipun sudah membaca artikel di atas, beberapa orang mungkin masih mengalami keraguan tentang nilai perangko yang digunakan. Oleh karenanya akan saya tambahkan beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi saya.

- Jangan Bertanya Biaya Perangko ke Petugas Kantor Pos

Waktu pertama kali saya akan mengirimkan kartu pos ke luar negeri, saya menanyakan biaya perangko yang harus saya pakai. Ternyata petugasnya juga tidak tahu pasti. Setelah dia mencari info dan menghubungi temannya yang lain, biaya yang dikatakan sampai 20.000 untuk satu kartu pos.

Jawaban tersebut justru menyesatkan bagi orang yang ingin mengirim kartu pos dan tidak tahu apa-apa. Jika satu kartu pos saja biaya perangkonya sampai 20.000, artinya dengan perangko 100.000 cuma bisa mengirim 5 kartu pos. Padahal jika mengikuti peraturan yang berlaku, perangko 100.000 bisa digunakan untuk mengirim 12 sampai 16 kartu pos ke luar negeri. Oleh karenanya lebih baik percaya diri dan ngga perlu nanya sama sekali.

Mungkinkah beda daerah beda biaya?

Jawabannya TIDAK. Saya tinggal di sebuah desa di Kalimantan Selatan. Biaya perangko untuk mengirimkan kartu pos ke luar negeri sama dengan kartu pos yang dikirimkan langsung dari Jakarta. Buktinya, kartu pos yang saya kirim dengan perangko sesuai peraturan di atas tetap sampai ke tujuan.

Hanya saja, sepertinya tidak semua petugas kantor pos tahu akan hal ini. Bahkan mungkin ada yang ngotot dengan biaya perangko tinggi. Pertama kali saya mengirim kartu pos dengan nilai perangko sesuai peraturan, petugasnya sampai nanya gitu ke saya, memangnya nilai perangko tersebut cukup? Dengan pede saya jawab, kemarin perangko segitu sampai kok ke tujuan. Setelah itu dia ngga nanya-nanya lagi, toh kartu posnya sudah saya tempeli perangko, tinggal dikirimkan saja sesuai prosedur dan alamat tujuan.

- Tempelkan Sendiri Perangko ke Kartu Pos

Menempel perangko di kartu pos adalah tugas dari sang pengirim kartu pos, bukan kewajiban petugas kantor pos. 

Sebelumnya, saya sempat minta tempelkan perangko kepada petugas kantor pos, karena saya sempat termakan kata-kata mereka bahwa harus menggunakan perangko sampai 20.000. Karena pusing duluan dengan nilainya, saya hanya menyerahkan uang, dan menyerahkan sepenuhnya kepada petugas untuk menempelkan perangko.

Sekarang saya sadar, bahwa itu adalah perbuatan yang kurang bertanggung jawab. Saat orang lain yang menempel perangko, apalagi dalam jumlah yang banyak, bisa jadi ada tulisan yang tertutupi oleh perangko. Belum lagi cara menempelkannya bisa jadi sembarangan, karena bukan milik pribadi. Tapi sekali lagi, itu memang bukan tanggung jawab petugas kantor pos.

Kini, saya selalu menempelkan sendiri perangko di kartu pos. Apalagi perangko yang saya tempel sampai 3 buah karena nominalnya sedikit. Menempel perangko jadi kenikmatan sendiri, karena saya bisa memilih, perangko mana yang mau ditempel dan bagaimana posisinya.

- Kirim Beberapa Kartu Pos Sekaligus

Pengiriman kartu pos dengan perangko berbeda dengan surat yang menggunakan resi. Begitu kartu pos dikirimkan keberadaannya tidak tercatat sebagaimana surat yang pakai resi. Oleh karenanya setelah kartu pos dikirimkan kita tidak bisa melacak kartu pos tersebut sudah sampai mana. Ini juga menjadi salah satu alasan mengirim dengan perangko harganya jauh lebih murah daripada surat tercatat yang pakai resi.

Selain itu kartu pos itu hanyalah selembar kartu, bendanya tipis dan ada kemungkinan terselip. Oleh karenanya lebih baik jika mengirimkan beberapa kartu pos sekaligus. Karena ada beberapa, maka kemungkinan akan lebih diperhatikan saat dalam pengiriman. Meski alamat tujuan akhir masing-masing kartu pos tersebut berbeda, tapi pada awal perjalanan dalam pengiriman mereka bersama-sama.

Dalam prakteknya, bukanlah hal yang mustahil kartu pos yang kita kirimkan tak pernah sampai ke tujuan. Dari 30 kartu pos yang telah saya kirimkan, 5 diantaranya tidak tahu nyangkut dimana. Kebanyakannya adalah kartu pos yang saya kirimkan waktu awal banget ikut postcrossing. Tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada layanan kantor pos, beberapa kesalahan saya sendiri karena waktu itu masih baru dalam mengirim kartu pos. Meski begitu saya tetap berharap agar suatu hari kartu pos tersebut sampai ke alamat tujuan.

Kesimpulan

Biaya perangko untuk mengirim kartu pos ke luar negeri tidaklah mahal. Memang tidak ada larangan menggunakan perangko dengan nilai lebih. Tapi sebaiknya gunakan perangko sesuai nilai yang sudah ditetapkan supaya bisa lebih hemat. Dengan begitu, jumlah kartu pos yang dikirimkan pun bisa lebih banyak.

Happy Postcrossing.
Baca Juga

Post a Comment

10 Comments

  1. Cukup murah juga ya mbak, biaya perangko kirim keluar negeri cuma 8 ribu saja.

    Untungnya ada artikel ini, jadinya tidak perlu tanya petugas pos lagi, nanti malah biaya jadi 20 ribu.😂

    Cuma memang pakai perangko, kartu pos nya agak lama sampai dan tidak bisa melacak sudah sampai mana ya.

    Btw, ini diluar topik, tapi kadang aku beli barang di China lewat shopee tapi kok biayanya sedikit cuma 10 ribu, bahkan kalau pakai voucher jadi gratis ongkir. Padahal sama-sama dari luar negeri ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel di atas kan dari Indonesia ke luar negeri. Sedangkan dari luar negeri ke Indonesia tarifnya berdasarkan negara asal. Nah, bisa jadi tarif paket dari China ke Indonesia memang murah banget, makanya bisa bener-bener gratis ongkir.

      Delete
  2. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya kak :D

    ReplyDelete
  3. Astajim, sebagai penggemar benda2 pos aku merasa gagal baru tau info ini hahaha, ternyata semurah itu biaya prangko ke luar negeri.

    Aku dari dulu suka banget ngumpulin perangko bekas mbak, tp kalau kirim dokumen tetep aja pakenya JNE/JNE hahhaha.

    Kmrn aku baru aja beli perangko baru di kntr pos ternyata satunya Rp 3.000 asli murah banget sih, aku udah ngedraft tulisan tentang perangko, tp mau aku publish akhir bulan ini pas hari filateli hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kirim paket, saya juga memang pake pos. Tapi kartu pos memang mesti pake perangko.

      Buat kirim kartu pos dalam negeri memang cukup perangko 3000 aja. Jadi satuannya memang murah. Kalo ke luar negeri tinggal tempel 2 atau 3 buah sesuai kebutuhan.

      Delete
  4. mbak mau bertanya kalau untuk pengiriman dari luar negri ke indonesia, apa mereka harus pakai perangko jg ? soalnya saya mau nerima dari belanda untuk ke indonesia, tp beberapa kartu malah hilang dan tidak di terima

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti Indonesia, pengiriman kartu pos bisa pake perangko bisa tidak. Tapi penggemar postcrossing biasanya lebih suka menggunakan perangko. Hanya saja kartu pos memiliki kemungkinan untuk hilang di jalan, atau nyangkut di mana sehingga tidak sampai ketujuan. Pernah juga perangko lepas dari kartu pos karena perekatnya kurang kuat, tapi masih sampai ke tujuan.

      Delete
  5. Mengirim surat, bukan kartu pos, ke luar negeri bisa ga pakai prangko aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi sama seperti kartu pos, waktu pengirimannyq lama

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar