Bisakah Gratis Biaya Admin Top Up Shopeepay?

Diantara berbagai aplikasi belanja online, Shopee adalah aplikasi yang paling sering saya gunakan. Setiap bulan saya melakukan top up saldo Shopeepay untuk memudahkan belanja di aplikasi ini.


Dalam sebulan kadang saya top up lebih satu kali. Mungkin karena saya isi saldonya tidak langsung banyak. Jadi ketika ingin belanja harus top up lagi.

Dibandingkan belanja barang online, sebenarnya saya lebih sering menggunakan Shopee untuk beli Token listrik PLN prabayar atau top up kuota By.U. Sengaja pakai Shopee karena ada voucher cashback 15.000 untuk PLN dan 5000 untuk By.U. Lumayan lah buat berhemat.

Sebagaimana ewallet yang lain, ada biaya admin yang harus dikeluarkan untuk top up Shopeepay. Tapi jika dibandingkan dengan ewallet lain, biaya admin Shopeepay termasuk murah karena cuma Rp 500. Tapi jika dikumpulkan karena sering top up, jadinya lumayan juga.

Dulu biaya admin top up Shopeepay sempat dipotong dari jumlah saldo. Misalnya top up 200.000 yang masuk cuma 199.500. Selisihnya 500 dipotong untuk biaya admin.

Setelah itu, metode pemotongan adminnya dirubah. Sekarang biaya admin dipotong dari saldo rekening bank. Misalnya saya top up saldo Shopeepay dari BSI sebesar 200.000, maka saldo yang masuk tetap 200.000. Meski begitu, saya kena biaya admin 500 pada saldo rekening BSI. Intinya tetap kena biaya admin, hanya sumber pemotongannya saja yang berbeda.

Berhubung saya sering isi saldo dan ingin yang gratis, saya pun menggunakan layanan Flip. Selain melayani transfer antar bank, sekarang Flip juga melayani top up ewallet bebas biaya admin. Saya pun bisa top up Shopeepay dengan bebas admin setiap bulannya.

Top up Shopeepay

Bulan lalu saya baru saja daftar akun Bank Jago. Bank ini juga menawarkan gratis admin top up ewallet setiap bulannya. Dibandingkan dengan Flip, kelebihan transaksi dengan Jago adalah real-time. Jika pakai Flip saya mesti menunggu 1-10 menit.

Bulan ini saya mau isi saldo Shopeepay lagi. Saya pun jadi penasaran ingin mencoba top up saldo Shopeepay dari Bank Jago. Padahal saldo saya di Bank Jago juga sudah sekarat. Isi saldonya pun mesti lewat Flip juga. Tapi kali ini sengaja saya lebihkan, supaya bisa dipakai untuk keperluan lain.

Cara Top Up Shopeepay Lewat Bank Jago

Pertama login ke aplikasi Jago
Pilih Kirim & Bayar
Pilih ewallet
Pilih Shopeepay
Masukkan nomor HP
Masukkan nominal top up
Masukkan PIN

Proses berhasil dan saldo langsung masuk ke Shopeepay.

Kali ini saya isi saldo sebesar 200.000 untuk beli token listrik. Benar saja saya berhasil top up Shopeepay tanpa biaya admin. Tapi begitu saya lihat jumlah yang masuk ke aplikasi Shopee, jumlahnya hanya 199.500. Bukankah ini sama saja ada biaya admin, tapi dipotong dari saldo Shopeepay. Sama dengan peraturan lama sebelum biaya admin dibebankan kepada saldo bank.

Ternyata untuk top up Shopeepay Lewat Bank Jago tidak benar-benar gratis admin. Untuk ewallet lainnya belum pernah saya coba. Walau untuk Gopay tak perlu dicoba sih, saya percaya benar-benar gratis dan saldo Jago pun bisa langsung dipakai belanja di Gojek, secara Jago dan Gojek bekerjasama.

Adapun untuk top up Shopeepay, jika memang ingin gratis biaya admin, yang sudah terbukti saya coba adalah Flip. Untuk kedepannya, saya top up pakai Flip aja jika ingin gratis biaya admin.

Baca Juga

Post a Comment

4 Comments

  1. Aku tidak pakai bank jago atau flip mbak, tapi pakainya bank Toyib.🀣

    Kalo aku mau top up saldo shopeepay biasanya ke Indomaret, tidak ada potongan. Misalnya isi 100 ribu yang masuk ya 100 ribu, bayar ke kasir juga 100 ribu.πŸ˜€

    Tapi ponakan sekarang jualan pulsa plus bisa top up segala macam e-wallet seperti shope, dana, ovo dll. Jadi sekarang suka isi kesana, memang kalo masuk cuma 99.500.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Bank Toyib, baik terus dong ya πŸ˜…

      Saya ngga pernah top up ke Indomaret, soalnya jauh dari rumah, saya kan malas jalanπŸ˜…
      Kalo top up selalu lewat hp sendiri, pakai mobile banking atau lainnya.

      Kalo top up sama ponakan, gratis biaya admin dong πŸ˜‚, tapi apa dianya dapat untung?

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar