Nonton di Bioskop Wajib Check In Peduli Lindungi

Selama tahun 2020 saya tidak mendatangi bioskop satu kali pun. Termasuk di awal tahun ketika virus Corona belum datang ke Indonesia.


Tahun 2021, bioskop sudah mulai dibuka meski dengan protokol kesehatan ketat, jaga jarak dan jumlah pengunjung yang dibatasi. Namun saya pun tetap memilih nonton di rumah aja.

Padahal biasanya kami suka menonton film Marvel di bioskop. Namun untuk movie Shang-Chi, Black Window, dan Cruella cukup menonton di aplikasi Disney Hotstar. Artinya kami menonton beberapa bulan setelah tayang di bioskop.

Bulan November kemarin, saya iseng scrolling aplikasi Gojek kemudian membuka fitur Gotix. Sekedar ingin tahu movie apa yang sedang tayang di bioskop. Dari sana saya melihat film Venom 2 sedang tayang di bioskop.

Selain melihat jenis movie yang sedang tayang, tentu saja gotix menyediakan layanan pembelian tiket bioskop online dan bebas memilih tempat duduk kosong yang diinginkan. Melalui fitur ini juga saya bisa menilai berapa banyak orang yang pergi dan menonton di bioskop.

Saya lihat jumlah bangku kosong lebih banyak daripada bangku yang terisi. Awalnya saya berpikir mungkin karena orang berani nonton ke bioskop masih sedikit. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, sepertinya karena film Venom sudah tayang lebih dari seminggu di bioskop. Jumlah penontonnya pun berkurang.

Berita baiknya, saya jadi lebih leluasa memilih kursi yang diinginkan. Ya, semenjak covid-19, Venom 2 adalah movie pertama yang saya tonton di bioskop pada tahun 2021. Pekan berikutnya kami kembali ke bioskop untuk menonton Eternals.

Login Peduli Lindungi

Peduli lindungi

Agar bisa masuk ke bioskop, pengunjung harus check in menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Saya bahkan harus instal aplikasinya di depan bioskop karena belum menggunakan aplikasi ini. Untungnya setelah instal, saya cukup login dengan nomor HP. 

Setelah berhasil login saya tak perlu isi data lagi karena sudah otomatis terisi sebab saya sudah vaksin dua kali. Nomor HP yang digunakan adalah nomor HP yang didaftarkan saat vaksin.

Sertifikat Tidak Ditemukan

Berbeda dengan suami saya, saat vaksin kemarin, nomor HP yang terdaftar ada yang salah dalam penulisan. Akibatnya tidak bisa login dengan nomor tersebut. Ia pun harus daftar di aplikasi Peduli Lindungi dan mengisi data lengkap.

Untung saja tetap bisa check in setelah berhasil daftar. Status vaksinasi nya pun dua kali. Hanya saja sertifikat vaksinnya tidak ditemukan. Mungkin terhubung dengan nomor HP yang salah tersebut. Meski begitu sertifikat vaksin berupa print out sudah diterima setelah vaksin kemarin.

Bulan Desember ini kami berencana nonton di bioskop lagi. Kali ini mau nonton Spiderman No Way Home. Tanggal rilisnya di Indonesia dimajukan lebih awal dari tanggal rilis global menjadi 15 Desember 2021. Tiket preorder nya sudah bisa dibeli secara online.

Hanya saja saya tahunya telat mengenai tiket preorder ini. Tiket Spiderman pada hari pertama sudah hampir terjual semua di bioskop tempat saya biasanya menonton. Yang tersisa hanya beberapa baris bangku paling depan saja. Kami pun memutuskan untuk menonton pada tanggal 17, dimana masih ada posisi duduk di tengah.

Cashback Gotix 30%

Supaya tidak repot, saya beli tiket lewat Gotix. Apalagi bulan ini sedang ada cashback dari Gopay sebesar 30% dengan nilai maksimal 20.000 rupiah untuk pembelian tiket di Gotix.

Jika dibandingkan dari segi filmnya, sebenarnya menonton di HP, laptop, atau bioskop sama saja. Tapi yang berbeda itu menurut saya sensasinya. Selain itu nonton di HP kadang sendirian, tidak ada yang diajak diskusi. Sedangkan nontondi bioskop bareng pasangan bisa diobrolin sesudahnya.

Sejak kami menonton ke bioskop lagi, saya pun punya riwayat check in di Peduli Lindungi. Walaupun jujur saja, bioskop adalah satu-satunya tempat saya melakukan check in saat ini. 

Baca Juga

Post a Comment

12 Comments

  1. Dulu jaman masih sering nonton aku jg pake aplikasi gotix trs, tp sejak pandemi ini blm ke bioskop lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru mulai berani ke bioskop bulan kemarin, setelah semakin banyak orang yang sudah divaksin.

      Delete
  2. Wah mbak Nisa berarti terakhir ke bioskop tahun 2019 ya, kalo aku malah terakhir 2017 pas nonton film Jurassic world fallen kingdom. Oh ya, film itu juga film pertama yang aku tonton di bioskop, sebelumnya nonton film ya download terus di hape, jangan ditiru ya.😂😂😂

    Memang beda sensasi nonton film di hape sama bioskop, mirip dengan nonton konser musik.

    Berarti sekarang kalo mau masuk bioskop harus sudah vaksin ya.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, harus vaksin dulu baru bisa masuk bioskop. Itu pun, harus bawa HP supaya bisa scan barcode. Tapi saya kurang tahu juga sih, untuk anak-anak bagaimana.

      Delete
  3. Replies
    1. Saya bahkan nonton dua kali. Pertama bareng suami, habis itu bareng sodara 😄

      Delete
  4. Aku juga suka nonton film di Disney+ Hotstar, soalnya dapet gratis berlangganan dari pembelian paket internet by U. Lumayan juga ya cashback 30%-nya, jadi tergoda pengen nonton ke bioskop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suami juga pakai By U. Jadi tiap bulan otomatis berlangganan Disney Hotstar. Ayo nonton Mba, seru lho 👍

      Delete
  5. Saya kemarin nyoba ke bioskop nonton Nusa, dan bener sih kita harus checj in pake peduli lindungi sebagai bukti kita sudah di vaksin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo chek in pake Peduli Lindungi, baik pengelola dan penonton bisa merasa lebih aman.

      Delete
  6. Iyaa. Peduli Lindungi skrg jadi aplikasi wajib kalau kita ke fasilitas umum ya mbak. Kalau ga ada itu, ga boleh masuk heheh 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini, fasilitas umum yang saya datangi dan mesti check in baru bioskop doang. Tapi di jalan juga pernah nemuin razia vaksin. Cukup perlihatkan aplikasi boleh lewat.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar