Urutan Prioritas Pemakaian Paket Kuota Internet Telkomsel

Setelah Upgrade kartu SIM Telkomsel dari 3G ke 4G kemarin, saya mendapatkan kuota tambahan sebesar 15 GB selama 30 hari khusus di jaringan 4G. Sebelumnya di nomor tersebut masih ada kuota Unlimited MAX yang masa aktifnya tinggal seminggu lagi. Dengan begitu kini ada dua paket internet pada kartu saya dengan masa aktif yang berbeda.

Setelah menggunakan paket data di kartu Telkomsel tersebut, saya melihat bahwa kuota yang terpakai adalah kuota 4G yang masa aktifnya masih lama. Padahal saya ingin menghabiskan kuota dari Unlimited MAX lebih dulu karena masa aktifnya sebentar lagi. Kuota Unlimited MAX sendiri terbagi menjadi kuota internet lokal dan internet.

Jika di lihat di aplikasi My Telkomsel, maka urutan pemakaian kuota saya adalah sebagai berikut :

- Internet 4G
- Internet Lokal
- Internet

Urutan tersebut berdasarkan jenis kuota internet yang saya miliki. 
kuota telkomsel

Adapun urutan prioritas penggunaan kuota internet Telkomsel jika ada banyak paket data yang terdaftar, lengkapnya sebagai berikut :

- Kuota malam (jika ada)
- Kuota 4G (jika ada)
- Kuota Aplikasi
- Kuota Lokal Semua Jaringan (jika ada)
- Kuota reguler lain dengan masa berlaku paling pendek (jika ada)
- Kuota utama Combo Sakti
- Kuota reguler lainnya (jika ada)
- Kuota Unlimited aplikasi tertentu

Jarang sih, satu nomor dengan begitu banyak jenis paket internet. Tapi secara umum urutan prioritas penggunaannya seperti di atas.

Berhubung kuota 4G posisi prioritasnya di atas daripada kuota internet lokal, maka kuota 4G lah yang akan dipakai saat terhubung ke internet. 

Lalu bagaimana jika saya tidak mau menggunakan kuota 4G yang masa aktifnya masih lama dan memilih ingin menggunakan kuota internet lokal yang masa aktifnya tinggal sedikit?

Jalan yang bisa saya lakukan adalah dengan jangan menggunakan jaringan 4G saat terhubung ke internet. Bisa dengan menggunakan jaringan 5G atau jaringan 3G. 

Sayangnya untuk jaringan 5G sendiri belum merata dan masih susah dicari. Maka saya pun memilih pengaturan HP untuk menggunakan jaringan 3G saja. Dengan begitu, yang akan terpakai adalah kuota internet lokal yang masa aktifnya hampir habis.

Lambat dong jaringannya?

Tidak masalah. Toh dari kemarin saya sudah biasa pakai jaringan 3G. Tidak ada keluhan berarti. Apa salahnya untuk diperpanjang satu minggu lagi.
Baca Juga

Post a Comment

15 Comments

  1. Haha bener juga yah saya gak kepikran seperti itu,, biasanya kesel aja kok paket lokal sering cepat nonton yutub padahal ada kuota video huft..
    Ternyaa bgusnya rubah jringan dulu yh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rubah jaringan ngaruh kalo mau pake 4G atau ngga. Tapi kalo paket lain, beda lagi pengaturannya

      Delete
  2. porsi 4G dalam paketannya cukup besar ya Mbak Nisa, di bawahnya ada kuota lokal. Kalau kuota lokal pas di kampung lumayan kepake, tapi begitu lagi singgah sebentar misal ke kota lain ga kepake padahal sisanya masih banyak. Aku biasanya paket telkomsel takbelikan yang 75 ribu apa ya kalau ga salah hihi, kuota ini nolong banget pas ga pake wifi. Tapi memang kenceng sih. Kalau 5G aku belom pake ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuota lokal itu tergantung dimana kita belinya. Jadi kalo pindah lokasi ngga bisa dipakai. Tapi saya juga kurang ngerti, lokal ini hitungan nya kota kabupaten atau provinsi.

      Delete
  3. Untuk pengguna telkomsel harus banget nih tau iniii

    Aku pengguna provider sebelah nih hihihi

    ReplyDelete
  4. Wah baru tahu nih ternyata ada urutan prioritas pemakaiannya juga.
    Selama ini kalo beli hanya 1 jenis paket data aja sih yang Combo Sakti, soalnya kebetulan di rumah juga ada wifi.
    Beli Combo Sakti juga bisa bisa dapet paket tlp dan sms, soalnya kalo gak ada paket tlp dan sms pasti bakalan lebih boros pemakaian pulsanya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga pake combo sakti, karena nyari paket lain yang lebih murah lagi, hehe.

      Delete
  5. Wow enak juga ganti kartu dapat kuota gratis 15 GB, cuma sayangnya untuk sebulan ya, kalo untuk setahun lumayan tuh.

    Aku juga kadang pakai jaringan 3G kalo misalnya kuota utama yang 4G mau habis, maklum paketan yang aku beli ada yang khusus jaringan 3G doang, cuma agak lelet sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15 GB sebulan juga sudah habis, ngga bakal cukup buat setahun 😆
      Rupanya masih ada ya yang jual kuota khusus 3G. Untuk Telkomsel sendiri, setahu saya cuma ada khusus 4G atau untuk semua jaringan.

      Delete
  6. Baru tahu nih, ternyata ada urutannya juga. Pantesan.

    Btw selama ini aku kalo di luar rumah pake By U termasuk telkomsel juga kan.

    Selain itu, di rumah pake WiFi.
    Oya, salam kenal ya kak.

    ReplyDelete
  7. Rupanya semua ada prosedur, ya. Tapi karena ketidakmengertian, saya pakai paket sesukanya saja. Selamat sore, ananda Nisa.

    ReplyDelete
  8. aku malah masih 4G mba Nisa...kalau 5G belum siap siap
    tapi sinyal ga selamanya mulus
    tempatku tergantung area, misal kadang di kamar sinyal ga nyandak, tapi di ruangan lain kok lancar...

    ReplyDelete
  9. Nomor telkomsel yg aku pakai sekarang udah sejak 15 th yg lalu kayaknya dan jarang banget aku paketin kuota soalnya mahal mbak hahaha, udah gitu sinyalnya pun jelek kalau buat internetan, yaudah buat nomor utama aja soalnya udah lama bgt hihi

    ReplyDelete
  10. Di korea selatan internet ya internet, gak di bagi bagi. Cepat pula hehehe

    ReplyDelete
  11. yaampun,, aku malah gak memperhatikan quota yang terpakai kebanyakan untuk apa.. hehe.. (efek keseringan pake wifi gratis) hehe

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar