Status WhatsApp Tidak Dilihat Orang Lain

Saya memang jarang update status WhatsApp. Saya juga jarang baca status orang lain. Ini merupakan hubungan timbal balik yang wajar menurut saya. Namun bukan berarti saya tidak pernah update status WA. Ada masanya saya melakukannya.

Kemarin salah seorang panitia kurban di grup membagi gambar dan minta tolong agar kami memajang status tentang kurban yang akan dilaksanakan panitia. Dengan senang hati saya pun memajang gambar tersebut di status WhatsApp saya, kemudian melupakannya.

Di sore hari saat saya membuka WhatsApp, saya ingin mengetahui sudah berapa orang yang melihat status saya. Meski jarang update status, setidaknya saya tahu, kita bisa melihat status kita sudah tayang berapa kali.

Namun betapa terkejutnya saya begitu melihat laporan bahwa status tersebut tayangannya adalah 0. Apakah tidak ada orang yang melihat status saya sama sekali? Apa karena saya jarang membaca status orang lain, maka orang lain pun enggan membaca status saya? Sampai keesokan harinya laporan status masih 0 tayangan. 
Status WhatsApp Tidak Dilihat Orang Lain

Jika ada orang lain yang mencari cara bagaimana agar status WhatsApp tidak bisa dibaca oleh orang lain, maka saya bertanya-tanya mengapa orang lain tidak ada yang melihat status saya.

Kenapa Status WhatsApp 0 Tayangan?


Status WhatsApp yang Sama

Saya pun menggulir layar WhatsApp untuk melihat status orang lain. Banyak yang memajang status yang sama dengan saya. Tidak mengherankan, karena kontak WhatsApp yang saya miliki kebanyakan berada dalam grup yang sama dimana panitia meminta kami untuk update status. Maka saya pun berpikir, mungkinkah karena melihat status yang sama, maka orang lain enggan untuk melihatnya, karena sudah mengetahui isinya. Untuk sementara, itulah yang saya pikirkan.

Aplikasi WhatsApp Error

Begitu saya menceritakan hal ini kepada suami saya, dia mengatakan bahwa dia melihat kok status saya tersebut. Tak mungkin sebuah status WhatsApp tidak ada yang melihat saya sekali. Tapi saya tidak melihat laporannya. Mungkin aplikasi WhatsApp saya yang error. Mungkinkah demikian? Tapi selama ini saya menggunakan aplikasi WhatsApp dengan lancar. Tak ada juga permintaan untuk update aplikasi.

Laporan Dibaca Mati

Setelah saya pikir-pikir lagi, saya baru sadar bahwa saya telah mematikan laporan dibaca pada aplikasi WhatsApp saya. Alasannya waktu itu karena saya tidak suka ada laporan saya telah membaca pesan di grup. Akibatnya setiap kali saya chatting dengan orang lain, tak pernah ada laporan terbaca. Meski begitu status online tetap terlihat jadi tak ada masalah selama ini.

Rupanya pengaturan laporan dibaca yang mati juga menyebabkan saya tak bisa melihat laporan orang lain yang telah melihat tayangan status saya. Akibatnya angka yang tampil adalah 0 tayangan. Inilah jawaban paling tepat dari pertanyaan di atas.

Dengan kata lain, bukannya status WhatsApp saya tidak dilihat orang lain, tapi saya yang tidak bisa mengetahui jumlah tayangan status WhatsApp saya. 

Semestinya, ini adalah pengetahuan umum bagi yang sering update status WhatsApp. Tapi berhubung saya jarang update status, maka saya pun baru mengetahuinya sekarang.
Baca Juga

Post a Comment

18 Comments

  1. Pengalman yang menarik dan sangat bermanfaat. Terima kasih ananda Nisa.

    ReplyDelete
  2. hihihi...aku justru jarang banget nulis status di WA, hampir bisa dipastikan wa cuma kayak semacam sms jaman dulu hehehe...kalau ga tanya kabar kakak atau adek yang jauh di rantau video callan...tapi kalau buat status macam ig story bisa dipastikan hampir ga pernah mba nis...ig juga uda ga main. Pokoknya termasuknya modelan kayak type2 jadul aku urusan kontak pake apps gitu hihihi

    tapi tutorialnya emang begitu sih...harus dikonekin dulu ke siapa yang bisa lihat, dan diatur2 pula pemilihan temannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia, saya juga jarang update status. Sekalinya update status, malah bingung sendiri ngeliatnya, wkwk.
      WhatsApp itu fungsi utamanya memang untuk komunikasi kok.

      Delete
  3. Berarti kalau Laporan Dibaca Mati, saya bisa melihat status orang lain tanpa ketahuan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tapi kita juga jadinya ngga tahu kalo ada yang liat status kita.

      Delete
  4. punyaku juga tak matikan mbak
    jadi engga peduli siapa yang liat ato giamana
    soalnya status WA biasanya kan cuma uneg2 aja engga begitu tak buat serius klo buat saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jarang update status. Baru nyadar sekarang kalo ngga ada laporannya, hehe

      Delete
  5. kalau untuk saya yang menjalankan bisnis online, rasanya seneng banget lho kalau banyak yang lihat status saya.... jadi laporan wa saya selalu aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jualan memang mesti begitu Kak, seneng kalo dilirik orang lain, hehe

      Delete
  6. Wah baru tahu kalau Whatsup punya fasilitas ini. Akibar jarang rubah rubah WA. Untung baca artikel di maringenet. Terima kasih infonya Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Pak. Silakan dipraktekkan kalo dirasa perlu.

      Delete
  7. Wah, ternyata eh ternyata. Laporan dibacanya lupa dihidupkan. Dulu juga kaget saat baru tau soal hal ini. Nah lo kok 0 dilihat. Awalnya sih cuma iseng lalu keterusan deh. Soalnya lagi sibuk-sibuknya waktu itu. Gabisa bales pesan secara on time bahkan ada yang sampai dilewatkan 2 harian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata eh ternyata. 😀
      Sampai sekarang laporannya malah tetap saya matikan.

      Delete
  8. Haha kok laporan dibacanya bisa mati padahalkan bisanya on sendiri.... Hihi..
    Saya gak pernah sih masalah ada yg liat statusku atw enggak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laporannya memang dulu pernah saya matikan. Tapi saya sendiri waktu itu kurang paham efeknya, hehe

      Delete
  9. Zaman masih pake BB, aku rutin update status hahahah. Giliran udh android dan pake Wa boro2. Ngeliat punya temen aja ga juga mba :D. Ga tertarik aja. Aku LBH suka liat status di FB ATO Ig hahahah

    Dan lagi buatku wa sih beneran utk komunikasi. JD memang ga prnh cek yg lain. Eh tapi aku aktifin juga tuh yg report jangan dibaca. JD centang birunya ga akan nyala :p. Dulu Krn males aja diteror Ama bos kantor hahahah. Aku biarin centang biru ga nyala JD dia ga bisa nebak aku udh baca ATO blm wa dia :p. Gitu juga utk hindari Orang2 yg aku kurang suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, padahal walau centang biru kita ngga aktif, waktu terakhir online masih bisa dilihat. Jadi tetap ketahuan sih, kalo kita buka WA, tapi malah ngga balas pesan. 😁

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar