Pengaruh Titik Pada Alamat Gmail, Tidak Penting Tapi Penting

Pengaruh Titik Pada Alamat Gmail
Beberapa hari yang lalu saya login ke salah satu akun gmail yang jarang saya gunakan. Saat memeriksa email masuk saya menemukan sebuah email yang menurut saya ditujukan bukan kepada saya, tapi kepada seseorang yang bernama Khairunnisa Fadhilah. Apakah ada orang lain yang telah menggunakan email saya?

Ketika saya periksa alamat gmail yang dituju oleh email tersebut, ternyata adalah khairunnisaf@gmail.com sedangkan email saya adalah khairunnisa.f@gmail.com. Perbedaannya hanya ada pada titik saja. Apakah email kami telah tercampur? Ada apakah gerangan?

Tidak Penting


Karena penasaran, saya pun browsing di Google. Pada halaman bantuan gmail, hasilnya sebagai berikut:  

Tanda titik tidak memiliki pengaruh pada alamat Gmail

Jika seseorang tidak sengaja menambahkan titik ke alamat Anda saat mengirim email kepada Anda, email tersebut tetap akan diterima. Misalnya, jika email Anda adalah jokosusilo@gmail.com, Anda memiliki semua versi bertitik alamat email tersebut:

joko.susilo@gmail.com
jo.ko.su.silo@gmail.com
j.o.k.o.s.u.s.i.l.o@gmail.com

Dengan kata lain, alamat gmail khairunnisa.f@gmail.com dan khairunnisaf@gmail.com adalah alamat email yang saya miliki. Setiap email yang ditujukan ke alamat tersebut akan sampai pada kotak email sama. Termasuk jika ada yang mengirim email ke khairun.nisa.f@gmail.com atau pun variasinya yang lain.

Terjawab sudah rasa penasaran saya akan email nyasar tersebut. Berita baiknya, tidak ada tanda bekas login ke akun gmail yang saya miliki tersebut, atau pun email yang terbaca tanpa sepengetahuan saya. Mungkin orang tersebut hanya salah tulis email saja.

Berbicara tentang alamat gmail yang menggunakan titik ini, dulu waktu membuat alamat email tersebut saya belum tahu bahwa titik tidak memberikan pengaruh pada gmail. Oleh karenanya saya selalu menggunakan titik pada alamat gmail tersebut.

Untuk login ke akun Google atau gmail saya bisa menuliskan alamat email dengan titik atau tanpa titik. Keduanya berfungsi baik dengan password yang sama.

Penting


Meskipun Google dan Gmail mengganggap titik tersebut tidak penting, bukan berarti situs lain juga menyikapinya demikian. 

Sebagai contoh, jika kamu mendaftar di akun Paypal dengan email joko.susilo@gmail.com, maka alamat email itulah yang terdaftar di situs tersebut. Kamu tidak bisa login dengan menggunakan email jokosusilo@gmail.com, meskipun menggunakan password yang sama.

Dengan kata lain, titik memang tidak penting bagi Gmail, tapi menjadi penting jika kamu memakainya di akun lain. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

6 Comments

  1. Nah, ini informasi yang penting. kebetulan email saya juga hanya dipisahkan oleh titik. Kalimat yang keren. Meskipun Google dan Gmail mengganggap titik tersebut tidak penting, tapi belum tentu dengan situs yang lain. Terima kasih infonya Bu, selamat beraktifitas dan semoga senantiasa sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Titik kadang dianggap sepele. Tapi beda tempat beda juga pengaruhnya. Semoga sehat selalu, Pak.

      Delete
  2. Terima kasih untuk insightnya Kak Nisa!
    Selama ini aku juga kiranya bahwa tanda titik itu bisa jadi pembeda, tapi ternyata mau tanda titik ditaruh dimanapun tetap masuknya ke email kita yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi ngga perlu cemas terkait email nyasar πŸ˜€

      Delete
  3. Waah selama ini aku kira memang penting baik itu utk google ATO yg lainnya mba :). Ternyata ga buat gmail yaaa. Tapi memang emailku sendiri ga ada yg pale titik gitu sihm aku LBH suka pakai namaku disambung semua drpd dipisahkan Ama titik soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu juga saya mikirnya gitu, makanya bikin email yang ada titiknya. Pas ada email yang nyasar masuk, baru saya sadar bahwa bagi gmail titik itu ngga ngaruh.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar