Cara Memperkecil Ukuran Foto dengan Aplikasi Paint

Saya termasuk orang yang suka memperkecil ukuran foto sebelum dimasukkan ke dalam blog. Meski seringnya pakai aplikasi WhatsApp, namun saat menggunakan laptop, saya pun mengompressnya dengan aplikasi yang memang sudah ada di laptop.

Mengapa Memperkecil Ukuran Foto?

Secara umum ada banyak alasan seseorang memperkecil ukuran foto. Ini adalah alasan saya memperkecil ukuran foto

1. Memperkecil memori penyimpanan. Semakin kecil ukurannya, semakin sedikit memori yang dibutuhkan.

2. Meringankan dan mempercepat loading blog. Foto berukuran kecil lebih cepat dimuat daripada foto berukuran besar.

3. Menyesuaikan tampilan dalam artikel. Kecocokan ukuran foto tentu berbeda untuk setiap artikelnya. Terutama untuk tampilan dekstop. Sedangkan untuk tampilan mobile, biasanya sudah responsif menyesuaikan ukuran layar.

Cara Memperkecil Ukuran Foto dengan Aplikasi Paint

Aplikasi Paint adalah aplikasi bawaan yang biasanya sudah terinstal di setiap laptop. Selain itu, aplikasi ini mudah digunakan. Maka saya pun lebih memilih menggunakan paint untuk memperkecil ukuran foto.

Langkahnya sebagai berikut:

Buku File explorer
Cari foto yang ukurannya ingin diperkecil
Klik kanan pada foto
Pilih Open With
Pilih Paint

Pilih Resize atau tekan Ctrl + W
Cara Memperkecil Ukuran Foto dengan Aplikasi Paint

Klik Pixels
Tulis ukuran yang diinginkan di kolom Horizontal (kolom vertical akan otomatis terisi sesuai dengan aspect ratio yang dipertahankan)
Klik OK
Cara Memperkecil Ukuran Foto dengan Aplikasi Paint

Klik icon Save atau tekan Ctrl + S untuk menyimpan perubahan secara permanen. Bisa juga dengan memilih save as jika ingin menyimpan dalam bentuk file baru.

Berapa ukuran Gambar di Blog?

Tidak ada ukuran baku untuk gambar yang diuplaod ke blog. Namun jika ingin mengikuti contoh ukuran gambar yang ada di blogspot bisa memilih ukuran berikut :

Untuk gambar posisi lanscape maka ukuran lebarnya (width/horizontal) adalah :

Kecil : 200 pixel
Sedang : 320 pixel
Besar : 400
Sangat besar : 640

Dengan merubah foto sesuai ukuran di atas, maka ketika melakukan uplaod foto di blog, langsung saja memilih gambar ukuran original. Karena file gambar yang kita upload ukurannya sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selain itu memilih gambar ukuran original dapat menghindari gambar yang melar pada template blog tertentu.

Demikianlah cara memperkecil ukuran foto dengan aplikasi paint. Sekali lagi, memperkecil ukuran foto adalah pilihan, bukan sesuatu yang mutlak. Setiap orang punya cara masing-masing. Hanya saja bagi yang memang ingin memperkecil ukuran foto bisa menerapkan cara di atas. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

4 Comments

  1. biasanya foto-foto yang diambil dari kamera SLR berukuran gede. kalo ngecilin ukuran foto lewat paint, jadi gak perlu install software lagi, karena paint biasanya sudah ada di bawaan os window.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Salah satu kelebihan paint adalah sudah terinstal langsung sebagai bawaan windows. Makanya jadi lebih mudah.

      Delete
  2. Kirain aku aplikasi paint itu buat hape android, ternyata aplikasi bawaan laptop atau komputer ya.

    Memang enak kalo gambarnya ukurannya kecil, upload ke blogger jadi lebih cepat. Aku kalo upload foto atau gambar paling hanya 100 KB saja bahkan ada juga yang 20 kb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paint memang buat laptop, bukan android. Kalo android saya pakai WA aja.

      Sama dong ya, saya juga kalo upload foto biasanya dibawah 100 KB.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar