Tampilan Waktu Internet Tidak Sama Dengan Laptop

Setelah laptop saya diinstal ulang, kegitan blogging saya belum mengalami peningkatan. Jika malas tidak menulis, jika rajin bisa menulis beberapa artikel. Saat sedang rajin, biasanya saya menyeting artikel tersebut untuk dipublish pada hari berikutnya. Waktu favorit saya adalah pukul 8.00.


Entah kenapa salah satu artikel yang telah saya jadwalkan tidak juga terpublish pada hari yang saya pilih. Begitu saya buka beranda blogger ternyata malah terjadwal pada hari berikutnya pukul 00.00. Entah apa yang menyebabkannya berubah tidak sesuai jadwal yang telah diatur.

Hari minggu, ketika libur, saya kembali berkesempatan menulis 3 artikel. Saya pun memutuskan untuk merilisnya sesuai jadwal. Pada saat itulah, saya merasa ada yang janggal dengan tampilan waktu di beranda blogger.

Saat itu tanggal 8 november pukul 7.00 berdasarkan waktu yang tertera di laptop. Namun waktu di beranda blogger menunjukkan tanggal 7 november pukul 23.00. Adapun kenyataan yang sesungguhnya sesuai waktu di laptop. 

Saya sempat berpikir ada yang salah dengan pengaturan waktu di blogger. Setelah saya telaah, tidak ada yang salah. Saya pun mengatur jadwal artikel sesuai waktu sebenarnya.

Ketika saya membuka beranda blogger lewat HP, waktu yang sudah saya setting sebelumnya malah berubah. Kejadiannya persis seperti artikel sebelumnya.

Jika dilihat sekilas, waktu yang tampil di laptop benar dan waktu yang tampil di beranda blogger yang salah. Hal ini tentu membuat saya berpikir bahwa pengaturan waktu di blogger yang bermasalah.

Tapi ketika blogger di buka di hp, pengaturan waktunya sudah benar. Artinya waktu blogger yang dibuka lewat laptop lah yang salah. Dengan kata lain, ada pengaturan di laptop yang salah.

Meskipun sekilas tampilan waktu di laptop tampak benar, saya pun tetap membuka pengaturan waktu di laptop.

Buka setting
Pilih Time & Language
Pada Time Zone muncul tampilan yang menyatakan waktu laptop saya saat itu menggunakan setting waktu canada gmt -7. Padahal saat ini saya berada di wilayah gmt+8. 
Saya pun segera merubahnya menjadi UTC+8 (Kuala Lumpur, Singapore)

Setelah itu saya pun mencocokkan pengaturan waktu agar sesuai dengan jam di HP saya.
Sekarang sudah waktu jam 7.00 di laptop dan HP sudah sama. Ketika keduanya menunjukkan jam 7.00, jam tujuh yang dimaksud sama-sama berada pada GMT+8. Saya pun jadi lebih mudah mengatur penjadwalan waktu terbit artikel di blog.

6 comments

  1. Pernah pny pengalaman jam gak cocok gini. Janjian gak ketemu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo janjian ngga ketemu, ngga ada yang marah kan ya 😅

      Delete
  2. Iyah.. saya juga dulu pernah mengalami hal yang sama, yaitu belum merubah setting di wordpress, sehingga hasilnya ya sama juga.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman serupa. Tentu Pak Anton lebih jago mengatasinya.

      Delete
  3. Untuk mengatasinya cukup dengan buka dashboard blogger lalu setting terus buka waktu dan bahasa lalu pilih GMT 8+ ya Bu guru.😃

    ReplyDelete
  4. Kalo saya pribadi lebih suka setting otomatis mengikuti jam server lokal. Cara yang sama juga saya terapkan pada ponsel dan perangkat lain yang bisa terhubung ke internet atau pun radio BTS (ponsel jadul) dll.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon