Dapur Bersama untuk Menumbuhkan Bisnis UMKM

Dapur Bersama untuk Menumbuhkan Bisnis UMKM

Sudah bukan hal yang exclusive lagi bahwa bisnis makanan khususnya delivery menjadi bisnis yang masih berjaya bahkan di masa pandemi seperti ini. Dapur bersama atau biasa juga disebut ghost kitchen merupakan model bisnis yang sangat cocok di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. 


Mengapa sangat cocok? Selain bisa memangkas pengeluaran karena menggunakan dapur bersama juga bisa dengan mudah memasarkan produk yang ditawarkan karena via internet atau online. Sehingga bisa dibilang model bisnis ini masih sangat terbuka. Namun masih ada yang belum mengerti sama sekali dari bisnis ini, simak penjelasannya dibawah ini ya:

1. Cloud kitchen atau dapur bersama

Langkah awal untuk bisa masuk ke dalam bisnis model ini tentu saja diperlukannya platform yang menyediakan jasa tersebut. Dengan mendaftar biasanya terdapat beberapa keuntungan yang akan didapat untuk bisa menggunakan jasa dengan maksimal dan menguntungkan. Dimana pengusaha menyewa stall kitchen sendiri untuk di gunakan membuat makanan.

2. Brand berbeda-beda

Penyewaan yang ditawarkan tentu saja untuk membuat banyak orang yang tertarik, sehingga tidak heran di satu dapur yang sama ada beberapa brand dengan produk yang berbeda pula. Hal ini tentu saja baik karena konsumen akan memiliki banyak pilihan ketika membeli. Konsumen akan dengan mudah untuk memesan sesuai dengan selera masing-masing.

3. Take Away

Cloud kitchen hanya menyediakan dapur untuk proses memasak sehingga tidak menyediakan tempat untuk dine in atau duduk untuk makan. Konsumen yang tertarik hanya bisa membeli dengan sistem take away atau delivery jadi lebih simple karena tidak perlu ada interaksi secara langsung dengan konsumen. 

4. Service 

Pelayanan yang diberikan untuk pengusaha yang menggunakan dapur bersama ini juga adalah delivery service. Sementara itu terkadang mereka juga menawarkan jasa lainnya seperti pemasaran dan staff seperti customer service untuk meningkatkan performa dari brand dan produk yang bersangkutan. Namun hal itu tentu tergantung dari kebijakan masing-masing platform penyedia. 

5. Konsumen

Konsumen yang memesan baik dari cloud kitchen langsung atau pun dari pihak ketiga hanya bisa take away. Review yang diberikan dari konsumen ke produk yang telah dibeli juga menjadi hal yang penting untuk masa depan. Hal ini akan berpengaruh pada performa di platform dan juga brand baik secara online maupun offline. 

6. Mempertahankan Kualitas

Bagi pengusaha yang sudah mulai berkembang dengan model bisnis ini harus mempertahankan kualitas yang diberikan saat awal sampai akhir. Hal ini akan berpengaruh kepada banyak pihak jika ada yang mengecewakan dalam pelayanan. Walaupun seharusnya hal yang tidak diinginkan bisa dihindari namun dengan berpegangan pada kepuasan konsumen hal itu akan terhindar. 

7. Inovasi

Inovasi atau juga kreasi yang terus di coba tentunya akan sangat membantu usaha yang dijalan terus berada di hati konsumen. Hal ini demi menghindari kebosanan atau mungkin moment yang dirasa kurang pas untuk mengkonsumsi produk makanan yang dijual. Adanya inovasi menu baru juga bisa membantu untuk konten pemasaran yang menarik.

Walaupun terlihat banyak dan sedikit rumit sebenarnya cara diatas tidak terlalu sulit apabila usaha dijalankan dengan penuh pertimbangan dan strategi. Anda juga bisa mengunjungi dapur bersama atau cloud kitchen ini di everplate.co.id untuk lebih jelas mengenai pelayanan dari model bisnis yang ditawarkan ini. Apakah Anda tertarik dengan model bisnis ini?

10 comments

  1. Bisnis yang bersangkut paut dengan urusan memasak, cocok buat anak muda yang rajin dengan urusan dapur. Kalau setua saya, makannya mau, memasak malas. He he ... Selamat malam, Mbak Khairunnisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam, bu. Saya juga sukanya makan. Kalo pun masak cuma bisa untuk jatah sedikit 😄

      Delete
  2. Thank you informasinya mbak.. Saya pikir everplate ini penyedia jasa pembuatan dapur loh T.T

    Ternyata konsepnya dapur bersama ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapurnya sudah ada, tapi ngga bisa dibawa pulang, hehe. Iya, konsep dapur bersama rupanya.

      Delete
  3. Mwnarik juga konsepnya dan makin ketat saja persaingan bisnis kuliner ya.
    Uniknya, bisa dipesan oleh konsumen pas datang ke satu kota berbeda.
    Benar ngga sih begitu konsepnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Everplate memiliki beberapa lokasi. Itu sih yang saya pahami.

      Delete
  4. tips dan konsep yang membuka wawasan.
    bermanfaat.... thank you for sharing

    ReplyDelete
  5. Menarik juga konsep bisnisnya, masakan kuliner memang jadi salah satu bisnis yang bertahan bahkan cukup maju di masa pandemi ini.

    Nanti aku coba tengok everplate.co.id ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena makan adalah kebutuhan sehari-hari. Semua orang perlu makan, apalagi kalo enak.

      Delete
  6. Ini nih bisnis yang cocok sama cewek-cewek yang suka masak.. Ayo Mbak dijoin, hehehe

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon