Cara Cepat Mengganti Bahasa Keyboard di Windows

Saya adalah orang yang senang mengetik mengunakan keyboard di laptop. Termasuk di dalamnya untuk melakukan beberapa tindakan seperti copy, paste, blok, simpan, semuanya lebih senang menggunakan keyboard. Saya sangat jarang menggunakan mouse, termasuk urusan menggeser posisi di layar, lebih enak pakai keyboard. Mungkin karena bagi saya lebih praktis saja ketika posisi jemari masih berada di atas tombol keyboard.

Selain Ctrl+A, Ctrl+X, Ctrl+C, Ctrl+V, dan Ctrl+S yang sering saya gunakan, ada lagi saya fungsi short cut keyboard yang penting bagi saya. Yaitu short cut atau cara cepat untuk berganti bahasa yang digunakan saat mengetik di laptop. Selain menggunakan keyboard alfabet, saya juga kadang mengetik dengan huruf Arab. Tentu saja sebelumnya saya sudah menginstal keyboard bahasa Arab untuk mengetik di laptop.


Biasanya untuk merubah bahasa masukan keyboard dari Inggris/Indonesia ke Arab (AR) maka pengguna harus menggerakkan kursor menggunakan mouse ke pojok kanan bawah dan mengklik tulisan ENG/IND untuk berpindah ke AR atau bahasa lain. 

Bagi saya yang suka berganti bahasa keyboard ketika asik menulis, kegiatan tersebut bikin lambat. Untungnya saya menemukan cara cepat dan mudah untuk berganti bahasa keyboard hanya dengan menekan tombol short cut saja. Saya lupa siapa yang ngajarin (maafkan).

Cara Cepat Mengganti Bahasa Keyboard di Laptop

Oke, adapun short cut untuk berganti bahasa keyboard adalah dengan menekan tombol windows dan spasi secara bersamaan. Jika ada beberapa masukan bahasa keyboard yang terinstal di laptop, silakan tekan beberapa kali sampai bahasa keyboard yang diinginkan.


Silakan dipraktekkan supaya lebih mudah dipahami. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

11 Comments

  1. pengen mraktekin tp takut salah. bisa dicancel gak kalo salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keyboard windows itu ngga berbahaya kok, jangan takut salah, hehe.

      Delete
  2. Wah, jadi nambah nih pengetahuanku. hihihi...
    Siap untuk segera mempraktekan. Makasih ya Nis :)

    ReplyDelete
  3. Aku pakai hape android jadinya tidak bisa praktek Bu guru, mungkin nanti kalo sudah punya laptop baru bisa mencoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake andorid, ganti keyboardnya malah lebih mudah lagi ya, ngga perlu cara di atas. hehe.

      Delete
  4. Eh iya bisaaa! Yaampun, aku norak banget soalnya aku baru tahu shortcut kayak gini 🤣. Shortcut di keyboard laptop yang aku tahu cuma shortcut emoji, itu juga tahunya dari Kak Rey dan Kak Eno wkwk. Terima kasih atas informasinya, Kak Nisa 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah ngga hapal shortcut emoji di laptop. Makanya kalo balas komentar di laptop susah nulis emoji, hehe. 😀
      Langsung nyari caranya di google 🤣

      Delete
  5. Untung saya cuma bisa bahasa Indonesia, jadi nda perlu ganti ganti keyboard.. hahahaha

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar