Shopee 10.10 dan SMS Penipuan

 Tanggal 10 Oktober adalah salah satu tanggal yang dinanti-nati oleh para online shoper. Apalagi yang ditunggu kalo bukan program gratis ongkir dan diskon besar-besaran dari aplikasi Shopee 10.10.

Pagi-pagi salah satu teman saya sudah cekout 8 barang belanjaan. Masih ada lagi isi keranjangnya yang lain. Berbeda dengan hari biasa, even gratis ongkir pada tanggal 10 Oktober dimulain dari pembelian 0 rupiah. Jika lokasinya dekat, barang belanjaan jadinya benar-benar gratis ongkir.


Teman saya tersebut bukan satu-satunya yang mengincar gratis ongkir di tanggal ini. Teman blogger lain juga ada yang memanfaatkan even 10.10 supaya gratis ongkir.

Selain even gratis ongkir, juga ada even diskon besar-besaran. Ada juga undian berhadiah hingga sepeda motor. Semuanya menggiurkan hingga pelanggan betah berlama-lama membuka aplikasi ini.

Sayangnya, kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh orang-orang yang memiliki niat jahat. Even ini dijadikan kesempatan untuk mencari korban penipuan.

Dalam dua hari terakhir, saya sudah mendapatkan tiga SMS yang menyatakan bahwa saya memenangkan hadiah dari Shopee sebesar 175 juta rupiah. SMS tersebut masuk persis tanggal 10 Oktober.

Dalam SMS tersebut terdapat link yang jika diklik menuju ke sebuah situs gratisan berbasis blogspot. Bagi para blogger, tentu tahu bahwa itu adalah website abal-abal. Namun orang awam, bisa saja tertipu karenanya. 

SMS penipuan ini sebenarnya bisa datang kapan saja. Namun ketika market place seperti Shopee mengadakan suatu even, intensitas SMS penipuan ini pun meningkat. Orang yang tidak pernah belanja di Shopee saja bisa goyah, apalagi jika memang merasa ikut undian.

Padahal dari Shopee pun, pemenang undian biasanya akan mendapatkan notifikasi di aplikasi Shopee dan diumumkan secara terbuka. Bukan melalui SMS dengan nomot tidak jelas serta situs gratisan.

Dulu, saya suka melaporkan SMS penipuan ini ke operator agar nomornya bisa diblokir. Namun rupanya, nomor yang digunakan tak kunjung habis. Kadang saya juga berharap bisa memblokir situs yang mereka gunakan agar korban tidak bertambah.

Karena kemampuan saya juga terbatas, saya hanya berharap agar pengguna internet sekarang lebih bijak. Jangan mudah diiming-imingi oleh hadiah yang besar, padahal tak pernah ikut undian. Jika mengikuti undian pun pastikan pengumumannya dari situs dan aplikasi resmi.

4 comments

  1. Saya sering banget dapat sms model yang begitu mah bu guru...😊😊 Tetapi langsung saya hapus walau lagi belanja online atau baru pesan barang diShopee.😊

    Karena logikanya saya belanja online di Shopee paling tinggi 6 sampai 7 jutaan saja, itupun jarang2 lebih sering mah 1 jutaan saja. Jadi kalau dapat kupon atau hadiah 500 Milyar sesuatu yang tak masuk diakal bagi saya.🀣🀣

    Karena yang saya tahu belanja 2 juta lebih saja terkadang discountnya dikit sama Free ongkos kirim paling itu doang bonusnya..😊😊


    Apa iya sampai miliyaran haahaaa..🀣🀣


    Jadi bagi saya pribadi kalau barang yang saya cari masih bisa didapatkan di Ofline pastinya saya akan cendrung kesana..😊😊


    Terkecuali sudah mentok yaa terpaksa ke Online.πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sebenarnya sering dapat. Kemarin pas 10.10 dapat beruntun. Rupanya para penipu juga mengikuti tren.

      Mas Satria belanjaannya lumayan banyak. Tentu sering dapat ongkir dan diskon πŸ˜‚
      Saya belum pernah belanja sampai sejuta.

      Biasanya belanja online kalo barangnya memang susah dicari atau malas nyari, hehe.

      Delete
  2. Aku hampir tiap hari dapat sms menang undian dan setiap hari, bisa 3-4x dapat sms iklan menawarkan cicilan atau judi poker πŸ˜…
    Pernah mengajukan blokiran juga, tapi tetap nggak banyak ngaruh, malah semakin ke sini, semakin banyak 😒
    Sama seperti Kak Nisa, aku lebih khawatir kalau orang-orang yang nggak mengerti, asal klik link dan malah jadi kena phising. Semoga hal seperti ini bisa diberantas oleh operator telefon 😭

    Btw, udah kaya raya kita ya Kak, sebab seringkali menang undian πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari operator semoga lebih peka. Masyarakat lebih berhati-hati, penipunya semoga insyaf πŸ˜₯

      Iya, Lia. Sudah jadi milyader kita, kalo uangnya dikumpulin. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon