Banyak Membaca Menambah Kosakata

Banyak Membaca Menambah Kosakata
Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan wesel, pelana, genta, dan biduk?

Sayangnya banyak siswa di kelas saya yang tidak mengerti kata-kata tersebut. Padahal mereka duduk di bangku SMA.


Saya akui, kosa kata tersebut bukanlah jenis kata-kata yang akan muncul dalam percakapan sehari-hari. Bukan pula kata-kata yang hadir dalam drama hiburan yang muncul di TV. Bukan pula kosa kata dalam berita.

Kemungkinan besar kosa-kata tersebut muncul dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain, hanya dengan rajin membaca lah, maka kosa kata akan banyak bertambah.

Saat itu seorang siswa sedang membuka kamus untuk menerjemahkan kosa kata. Namun ia kebingungan karena terjemah bahasa Indonesia nya pun ia tidak mengerti.

Kata biduk dan genta misalnya, memang sudah sangat jarang digunakan. Mungkin hanya muncul dalam novel karya penulis lama. Meski saya yakin beberapa pengarang pun masih menggunakan kosa kata ini. Kata perahu dan lonceng tentu lebih umum. 

Ada pun wesel dan pelana adalah sesuatu yang mungkin hanya digunakan pada tema yang sesuai. Kedua kata tersebut bahkan tak ada padanan pengganti.

Mungkin karena saya seorang guru, bagi saya membaca adalah sesuatu yang sangat penting. Bukan hanya menambah pengetahuan umum, namun juga memperkaya bahasa.

Oleh karenanya saya sangat suka membaca, apalagi novel. Meski secara umum novel adalah karya fiksi, tapi kita bisa mendapat pengetahuan baru secara tidak langsung di sana. Terutama perbendaharaan kosa kata.

Dengan banyak membaca dan kaya kosa kata, tentu akan menunjang kegiatan menulis. Bukankah seorang blogger itu pekerjaannya adalah menulis.

Jadi, apakah kamu suka membaca?

3 comments

  1. Kak Nisa, jujur aku nggak tahu genta dan wesel itu artinya apa 😂 wesel yang aku tahu sejenis surat-menyurat gitu. Apakah ada arti lainnya selain itu?

    Perihal membaca. Aku lagi suka sekali membaca terutama novel dan aku setuju dengan pernyataan Kakak. Meskipun fiksi tapi tetap kayak akan pengetahuan. Selain menambah kosakata, imajinasi kita seperti diasah supaya lebih kreatif ketika membaca novel dan serasa diajak pergi jalan-jalan ke dunia lain saat membaca. That's why aku suka membaca fiksi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wesel itu untuk pengiriman uang lewat kantor pos. Sekarang lebih umum ngirim uang pake transfer bank, apalagi mesin atm sudah banyak tersebar. Kalo genta itu lonceng besar.

      Saya percaya Lia rajin membaca. Daftar buku bacaan tiap bulannya lumayan juga. Malah mungkin lebih rajin daripada saya 😊

      Delete
    2. Lia buku modern nggak pake kata wesel dan genta.. wakakakak karena kan pemakaian kata biasanya juga menyesuaikan dengan latar belakang waktu sebuah konten, seperti buku sastra lama dimana wesel masih dipakai.. tapi kalau buku baru biasanya jarang pakai kata ini karena kebiasaan manusia sudah berubah dalam tata cara pengiriman uang.. Lia kenalnya Go Pay atau Ovo.. wakakakakak

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon