Alamat Email di Kolom Komentar

Selama ini, ketika melakukan blogwalking dan meninggalkan komentar, saya lebih suka menggunakan profil blogger. Alasannya simpel, karena saya malas mengisi kolom identitas.

Hanya saja, cari ini tidak berlaku pada blog berbasis Wordpress. Mau tidak mau saya harus mengisi kolom nama dan email. Akhir-akhir ini saya malah juga rajin mengisi kolom url, mungkin saja ada yang penasaran sama saya dan berkunjung balik.

Supaya tidak ribet mengisi kolom identitas tersebut, saya sengaja menceklik save alamat dan emali saya di blog ini. Dengan begitu saya tidak perlu repot mengisi kolom identitas juga ingin meninggalkan komentar lagi. Hal ini saya lakukan pada semua blog berbasis wordpress yang saya kunjungi.

Hanya saja, beberapa hari sebelumnya, saya mengalami hal yang aneh dengan identitas di kolom komentar. Pertama mengalaminya, saya cuek saja. Setelah mengalaminya kembali saya screenshoot seperti gambar di bawah ini yang saya temui saat akan meninggalkan komentar di blog Maniak Menulis.

Biasanya kolom identitas kosong pada blog yang baru bagi saya. Atau terisi identitas saya pada blog yang sudah pernah saya kunjungi. Namun kali ini kolom identitas sudah terisi dengan identitas orang lain. 

Padahal saya tidak kenal dengan nama dan alamat blog yang tertera di kolom identitas tersebut. Karena penasaran, saya pun malah mengunjungi blognya.

Sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah besar. Mudah saja bagi saya mengganti isi kolom identitas dengan identitas saya sendiri. Hanya yang membuat saya heran, mengapa isian identitas tersebut yang muncul. Sebelumnya, saya juga pernah mengalami hal serupa dengan identitas yang berbeda pula.

Meskipun saya tidak kenal dengan nama yang muncul, setelah ditelusuri, nama tersebut sepertinya juga pernah mampir di blog MM. Apakah nama dan emailnya tersimpan di template MM atau blog wordpressnya. Saya tidak mengerti.

Selama ini saya biasa meninggalkan komentar menggunakan Google Chrome di HP saya. Meski saya memutuskan untuk mengklik simpan, mestinya yang tersimpan adalah identitas saya sendiri dan pada perangkat yang saya gunakan. Kenapa yang muncul nama orang lain.

Sekali lagi, mungkin ini bukanlah masalah besar, namun saya mulai berandai-andai. Misalnya saya iseng menulis komentar menggunakan identitas tersebut, mungkin pemilik blog akan mengira bahwa yang meninggalkan komentar sesuai nama yang tertulis. Hanya gaya bahasanya mungkin berbeda.

Selain itu, bagi sebagian orang alamat email bersifat privasi. Meskipun di kolom komentar kita diharuskan mengisi nama dan email, biasanya yang bisa dilihat orang lain hanyalah namanya, sedangkan email tersembunyi. Kali ini, saya bahkan bisa melihat nama, email, dan url secara lengkap.

Kadang saya juga berpikir, apakah ada yang mengalami hal serupa? Jangan-jangan ada yang mencoba menulis komentar tapi kolom identitas terisi dengan identitas saya?

Beberapa hari kemudian saat saya mampir ke blog MM lagi, ternyata banyak juga yang mengalami hal serupa. Bahkan ada yang ngga sadar menulis komentar dengan nama orang lain. 

Setelah banyak yang berkomentar dan memberitahu, Pak Anton sebagai admin pun segera memperbaiki pengaturan di blognya. Walaupun saya baca, namun saya tidak sepenuhnya mengerti. Setidaknya saya tahu, bahwa yang bermasalah bukan saya saja.

Walaupun saya bukan pengguna Wordpress saya jadi mendapat pengetahuan baru. Mungkin suatu saat berguna jika saya menggunakan Wordpress juga.

2 comments

  1. Saya juga mengalaminya Bu guru, saya komentar tapi atas nama aldhi Ikhwan, selain itu juga atas nama mbak phebie.

    Sepertinya sih gara gara plugin yang dipasang di wordpress pak Anton. Tapi sepertinya masalah ini sudah selesai.🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pak Anton orangnya gercep, segera teratasi.

      Sebagai pengguna blogspot, saya ikut menyimak aja, ngga terlalu ngerti soal plugin.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon