5 Faktor Agar Barang Belanjaan Online Cepat Sampai

5 Faktor Agar Barang Belanjaan Online Cepat Sampai
Bagi saya yang tinggal di Kalimantan tak pernah berharap banyak soal kecepatan pengiriman barang belanjaan online. Jika barang sudah sampai dalam waktu seminggu dengan keadaan baik, bagi saya sudah bagus. Maka ketika barang yang saya pesan kemarin dari Jawa langsung sampai ke rumah keesokan harinya, bagi saya Luar Biasa.


Ini adalah pertama kalinya saya belanja online dan barang langsung sampai pada hari berikutnya. Pernah juga paling cepat tiga hari. normalnya hampir satu minggu.

Saking senangnya karena proses pengiriman yang cepat, saya pun langsung konfirmasi penerimaan barang. Tidak lupa menulis review dan memberi rating bintang lima.

Jadi apa sih yang membuat barang belanjaan online bisa cepat sampai?

Menurut saya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan pengiriman barang belanja online.

1. Cekout dan Pembayaran di pagi hari

Saat belanja kemarin, saya melakukan cekout dan pembayaran di pagi hari. Dengan melakukan pemesanan di pagi hari, maka penjual pun akan mendapatkan notifikasi lebih awal.

Karena masih pagi, penjual memiliki banyak waktu untuk melakukan pengemasan. Barang pun bisa langsung dikirim pada hari itu juga.

Beberapa penjual menyatakan bahwa pemesanan sebelum jam 3 sore masih bisa dikirim pada hari itu juga, namun untuk pengiriman malam. Jika ingin dikirim lebih awal, maka pesanlah lebih pagi.

Adapun pemesanan yang dilakukan pada malam hari, biasanya baru diproses keesokan harinya. Jangan berharap langsung sampai hari itu juga. Kecuali lokasinya dekat.

2. Barang ready

Kenyataannya, tidak semua barang yang muncul di etalase itu ready. Beberapa penjual menulis agar pembeli menghubungi lewat chat dulu untuk memastikan ketersediaan barang.

Menurut saya, ini yang bikin lama. Hendaknya barang yang dipajang itu adalah barang yang memang ready. Jika stok sedang habis, maka tulislah habis. Setidaknya pembeli tidak berharap pada barang yang tak ada.

Saya pribadi suka malas mengirim chat hanya untuk menanyakan ketersedian stok barang. Apalagi tidak semua chat dibalas dengan cepat. Maunya saya, kalo memang sudah cocok dihati, langsung pesan aja. Ngga perlu nanya-nanya lagi. Toh saya orangnya ngga ribet. 

Mungkin karena itu juga beberapa barang langsung saya cekout aja tanpa chat dulu. Akhirnya malah dicancel penjual karena stok habis. Untungnya saya belanja di market place, jadi uang langsung dibalikin ke saldo.

Intinya, kalo barang ready, pembeli ngga perlu ribet nanya-nanya lagi. Penjual juga bisa lansung packing setelah pesanan masuk.

3. Penjual yang cekatan

Saya memang ngga pernah jualan online, cuma bisa jualan pulsa doang. Tapi saya tahu, menjadi penjual itu juga perlu keterampilan dan kudu cekatan.

Beberapa penjual online bahkan ada yang melakukan pengiriman barang sehari bisa dua kali, siang dan malam hari. Jenis penjual seperti ini tentu yang paling disukai pembeli. Semakin cepat barang dikirim oleh penjual, semakin cepat juga barang sampai ke pembeli.

4. Kurir yang handal

Saat ini ada beberapa jenis kurir pengantar barang di Indonesia. Para kurir ini sangat berjasa mengantarkan barang yang tak bisa  diambil langsung oleh pembeli.

Harga dan jenis pelayanan yang ditawarkan berbeda-beda. Namun kecepatan pengiriman barang bergantung sepenuhnya pada kurir.

seperti paket saya yang dikirim oleh penjual pada hari rabu. Hari kamis sore sudah sampai rumah. Saya yakin barang tersebut naik pesawat dari Jawa ke Kalimantan. Kemudian dari Banjarmasin dikirim ke Martapura dulu, baru diantar ke rumah. 

5. Alamat Pengiriman

Beberapa kurir seperti J&T minta konfirmasi alamat pengiriman, di rumah atau di kantor. Jika di kantor, biasanya diantar pada jam kerja. Sedangkan di rumah bisa kapan saja.

Oleh karenanya, saya lebih suka memilih alamat pengiriman ke rumah meski ongkirnya lebih mahal. Meskipun saya sedang tidak di rumah, ada adik saya yang biasanya menerimakan barang. Pas saya pulang ke rumah barang sudah ada dan rasanya menyenangkan. Barang juga bisa dikirim di waktu sore hari. Seperti paket yang saya terima kali ini

Jika dikirim ke kantor, biasanya satpam yang bertugas sekaligus sebagai penerimaan barang. Saya pun harus rajin bertanya apakah ada paket untuk saya diantara tumpukan titipan barang lain. 

Di antara kelima faktor di atas, hanya nomor satu dan lima yang berada dalam kendali pembeli. Sedangkan sisanya tergantung penjual dan kurir. Meski begitu, pembeli bisa memilih penjual dan kurir yang memang bagus reviewnya.

Kecepatan pengiriman barang bukanlah sesuatu yang urgent. Kecuali kita memang sedang butuh barangnya dalam waktu dekat. Jika memang demikian, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa faktor di atas.

Adakah yang ingin menambahkan lagi? 

6 comments

  1. Mungkin karena lokasi saya di Bali, jadi pengiriman ke rumah saya cenderung cepat mba (belum pernah menunggu sampai seminggu kecuali salah taruh alamat) hehehe. Dan setuju sama poin mba, kalau check out pagi biasanya even pengiriman reguler bisa sampai keesokan harinya 😆

    By the way, pilih kurir lumayan pengaruh kalau ke saya, biasanya dari e-commerce saya pilih kalau nggak JNE / JnT sebab dua kurir ini sudah hapal rumah saya dan biasanya kurir yang antar itu sama. Alhasil mereka bisa lebih cepat 🤣

    Ohya saya pribadi hobi chat seller sebelum fix belanja. Kadang ada beberapa seller yang perlu ambil barang ke supplier terlebih dahulu seperti cerita mba. Nah, biasanya saya makesure seller yang saya pilih itu first hand. Biar bisa langsung kirimkan karang tanpa tunggu lama 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kurir pengiriman memang lebih cepat, Mba. Tapi tetap tergantung penjual jua, kalo barangnya cepat dikirim, cepat juga nyampenya.

      Petugas J&T kayanya cukup tanggap soal menghapal rumah. Alamat rumah saya juga mereka ingat. Tapi kalo lama ngga belanja online, mereka biasanya sudah lupa dan tetap nelpon buat konfirmasi.

      Delete
  2. Kejadian yang sama denganku Kak. Aku tinggal di Jabodetabek, jadi paketnya bisa terbilang cepat sampai. Bahkan jika di pesan sore dan dikemas hari itu juga, siang esok hari udah bisa sampai di rumah. Tentunya dengan menggunakan ekspedisi andalan yaitu antara JNE/Sicepat. Kalau J*T, aku malah sering dapat kesan yang kurang mengenakkan jadi aku tidak suka pakai ekspedisi itu. Pernah kejadian dari Timur ke Barat makan waktu 1 minggu padahal 1 daerah, dan beberapa pengantaran lain yang masih sejabodetabek makan waktu 2-3 hari. That's why, aku lebih memilih ekspedisi lain terutama JNE 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, biasanya ngga perlu nunggu lama dong nya, besoknya pesanan langsung nyampe.😊

      Menurut saya setiap kurir punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setiap tempat bisa jadi berbeda.

      Delete
  3. Yaa Tepat sekali dari 5 yang telah dijelaskan diatas.😊 Namun cepat kalau menurut saya cepat lambatnya pengiriman barang biasa Stok barang tersedia dan barang itu bukan barang yang boleh dikatakan sulit. Atau sudah kurang laku dipasaran.

    Karena saya pernah memesan hp langkah atau barang BM dari pulau Batam ke Jakarta itu butuh waktu seminggu lebih 3 hari....Bahkan saya hampir tak sabaran menunggu.

    Tetapi giliran barang yang umum atau mudah didapatkan 5 hari sampai dari Batam ke Jakarta..🤣🤣 Yaa memang aneh yaa bu Guru. Tetapi mungkin itu bagian dari belanja online, Yang pastinya ada suka dan dukanya + penuh drama.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barang langka memang kudu sabar. Kalo ngga langka, mungkin bisa dibeli di warung sebelah, ngga perlu belanja online. 😂

      Memang penuh suka duka dan drama. Karena itu juga suka belanja online.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon