Berburu Template Blogger di IdnTheme

 Gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak.

Sepertinya, itulah bunyi peribahasa yang cocik untuk saya saat ini. Beberapa waktu yang lalu saya menulis artikel tentang tombol Next pada blog. Artikel tersebut lahir dari mengomentari blog MM yang sering saya kunjungi. Adminnya pun merespon dengan cepat dan menambahkan tombol next yang begitu besar. Setiap kali melihat tombol tersebut, seakan admin blog ngomong ke saya, "Nih, saya kasih tombol next gede. Jangan lupa diklik ya."

Kemarin saya ada ilham untuk menulis lagi di salah satu blog lain yang saya kelola. Selama ini blog tersebut menggunakan template baru bawaan blogger. Saya sengaja memilih template bawaan blogger karena menurut saya tampilannya lebih bersih dan loadingnya lebih ringan.


Saya menyadari, bahwa tampilan template blogger tersebut terlalu minimalis. Hanya saja waktu memasangnya, saya tidak memperhatikan unsur apa saja yang kurang. Toh blog tersebut memang sekedar hidup dan minim pengunjung.

Kali ini, ketika mengunjungi blog tersebut, saya baru nyadar bahwa tombol Next pun juga tidak ada. Pantas saja saya merasa bahwa navigasi di blog tersebut tidak nyaman.

Saya pun memutuskan untuk mengganti templatenya dengan template yang lain. Namun ketika saya mencoba template bawaan blogger lainnya, ternyata tak ada satu pun template yang menyediakan tombol Next. Padahal, saya lumayan suka dengan template baru yang sudah responsif tersebut.

Akhirnya saya memutuskan untuk browsing template di Google. Dari hasil berkelana saya bahkan menemui template seharga 59 dollar. Lebih mahal dari harga domain blog ini. Tentu saja saya cuma lihat-lihat doang. Lagi pula template tersebut sepertinya untuk Wordpress.

Saya pribadi ingin mencari template gratis saja. Toh blognya juga domain gratis dan belum menghasilkan. Hingga saya pun bertemu template yang sepertinya lumayan. Saat melihat contoh blognya, saya menemukan 3 link kredit di bagian footer, kemudian ditambah dengan atribut blogger. Kesannya kok eksesif banget ya.

Template gratis memang umum mencantumkan link kredit. Namun kayanya tiga kebanyakan deh. Saya pun menyerah nyari di Google dan mengunjungi yang pasti-pasti aja.

Setidaknya saya mengenal beberapa nama blogger Indonesia yang menyediakan template gratis dan berbayar. Yang paling sering saya pakai seperti blog ini adalah template dari Arlina.

Situs Arlina sendiri sekarang malah berisi informasi terkait artis. Untung saja di bagian bawahnya ada link ke situs khusus template yaitu Idntheme.

Saya lihat ada beberapa template baru dari terakhir kali saya beli template di sini. Terdapat template premium dan juga template gratis. Harga template yang dijual cukup terjangkau untuk blogger Indonesia. Hanya saja untuk kali ini saja sedang mencafi template gratis.

Ada sebuah template baru yang cocok dengan standar minimalis menurut saya. Yaitu template Katana. Saya pun memasangnya pada blog baru tersebut.

Bagi teman blogger yang ingin mencari template untuk blogspot, idntheme bisa menjadi pilihan. Harga template  terjangkau. Sedangkan template gratisnya hanya mencantumkan satu kredit link di footer.

Meskipun saya mengganti template untuk blog tersebut, saya belum ada pikiran untuk mengganti template blog ini. Belum ada ide, mau template yang seperti apa. Untuk saat ini cukup bertahan dengan apa yang ada.

2 comments

  1. punya template beberapa juga, tetep aja yang dipakainya cuma 1 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah terlanjur suka, memang susah cari gantinya.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon